Sunday, November 18, 2018

, , , ,

Micellar Water, Produk Pembersih Wajah Ringkas untuk Kulit Sensitif

Sumber Gambar: Pobela.com

Berbagai persoalan kulit, seperti kulit kusam, kering, flek hitam, jerawat, dan sebagainya, memang lebih sering muncul pada kulit sensitif. Micellar water sangat efektif membantu mengatasinya. Dalam pemakaian produk pembersih, https://www.nivea.co.id/saran/kulit-bagus/apa-tipe-kulit-anda-160 dapat membantumu memahami tipe kulit sensitif.

Tekstur Micellar Water

Apakah itu micellar water? Produk skincare baru ini merupakan adaptasi dari masyarakat Paris. Sesuai namanya, micellar water ini bertekstur cair karena berupa air lunak. Yang dimaksud air lunak adalah air yang mengandung mineral berupa magnesium dan kalsium yang rendah. Micellar water untuk kulit sensitif terbaru bisa kamu beli dan aplikasikan.

Teksturnya yang cair tentu saja mampu meresap dengan cepat di kulit. Efek segarnya juga langsung terasa ketika sudah meresap ke kulit. Kamu bisa membersihkan sekaligus merelaksasi kulit apabila menggunakan produk terpercaya ini. Teksturnya yang tidak lengket sangat mendukung kenyamanan pemakaian dalam kondisi apapun dan di mana pun.

Fungsi Micellar Water sebagai Pembersih Kulit

Bicara soal fungsi micellar water sebagai pembersih kulit, tentu saja tidak diragukan lagi. Teksturnya yang cepat meresap ke dalam kulit mampu secara aktif mengangkat kotoran karena perannya seperti magnet yang mengangkat kotoran. Kamu bisa membersihkan kotoran, flek hitam, sisa make up, dan debu lain yang menempel pada kulit.

Membersihkan kulit dengan micellar water ini tentu lebih praktis dan terbukti sangat ringkas. Karena kerjanya seperti magnet yang mengangkat kotoran, kamu tak perlu lagi menggunakan toner seperti setelah memakai cleanser. Pasalnya, semua kotoran dan sisa make up sudah terangkat oleh micellar.

Peran Micellar Water untuk Melembapkan Kulit

Peran micellar water sebagai pelembap juga sama efektifnya seperti perannya sebagai pembersih wajah. Kamu bisa menggunakannya untuk melembapkan kulit pada berbagai kondisi, seperti setelah olahraga, setelah bekerja, sebelum tidur, bangun tidur, dan sebelum memakai make up. Efeknya sangat menyegarkan dan kulit seketika menjadi fresh dan lembut.

Itulah penjelasan seputar micellar water sebagai skincare yang aman untuk kulit sensitifmu. Tak perlu lagi ambil pusing dengan banyak produk. Micellar water mampu meng-cover beberapa hal, mulai dari membersihkan kulit, melembapkan, hingga merelaksasi kulit. Semua fungsi ini sangat efektif. Kamu bisa cek produk micellar water untuk kulit sensitif terbaru.
Continue reading Micellar Water, Produk Pembersih Wajah Ringkas untuk Kulit Sensitif

Friday, November 9, 2018

, , , ,

Menu MPASI untuk Bayi 6 Bulan Paling Recommended


Sumber Gambar: shutterstock

Perkembangan pada bayi itu akan mengelami peningkatan dari setiap usianya mulai dari perubahan fisik, kemampuansensorik, kemampuanberbicara, hingga penyesuaian diri. Tentu saja peningkatan pertumbuhan pada si kecil juga tidak lepas dari menu MPASI yang kita berikan. Maka dari itu, bunda harus tahu tentang menu-menu MPASI yang tepat bagisi kecil. Nah berbicara soal MPASI, berikut di bawah ini ada beberapa menu MPASI 6 bulan yang sangat direkomendasikan.

1. Bubur Kacang Hijau

Menu MPASI pertama untuk bayi 6 bulan yang direkomendasikan bagi anda, yakni bernama bubur kacang hijau. Bubur kacang hijau ini memiliki kandungan zat besi yang bermanfaat untuk memperkuat tulang si kecil. Selain itu, kandungan kalsium pada bubur kacang hijau ini juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi lho. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, bubur kacang hijau ini memiliki kandungan asam folat yang bagus untuk ibu hamil maupun janin dalam kandungannya.

2. Oatmeal

Selain bubur kacang hijau, oatmeal juga merupakan salah satu menu MPASI 6 bulan yang jangan sampai bunda lewatkan. Lantas, bagaimana cara membuatnya? Berikut cara membuat oatmeal;

=> haluskan oat mealnya dengan menggunakan blender lalu saring. Selanjutnya tambahkan air hangat secukupnya serta aduk hingga mengental.

3. Bubur Brokoli Susu

Samahalnya dengan bubur kacang hijau, brokoli juga kaya akan kandungan asam folat yang tentunya sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Kita langsung saja ke cara pembuatannya;

=> haluskan brokoli dengan menggunakan blender, kemudian dan tambahkan susu agar cita rasanya jauh lebih lezat lagi.

4. Pure Kacang Merah

Menu MPASI 6 bulan berikutnya yang direkomendasikan bagi bunda, yakni berupa pure kacang merah. Dibalik ukurannya yang kecil, kacang merah sangat kaya akan kandungan nutrisi dan protein seperti vitamin A, vitamin B12, fosfor, kalium, kalsium, mangan, serta zat besi. Berikut cara membuat pure kacang merah;

=> rebus kacang merahnya hingga empuk, lalu saring untuk mendapatkan tekstur yang sangat lembut, kemudian tambahkan susu.

5. Bubur Jambu Wortel

Ini dia salah satu menu MPASI yang menjadi favoritnya sikecil. Ya, selain rasanya yang enak tentu saja bubur, jambu dan wortel ini memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang cukup banyak. Berikut cara membuatnya;

=> haluskan jambu merah, lalu rebus wortel mengunakan air, kemudian tuangkan pada mangkuk yang telah berisi jambu yang sudah lunak sambil di aduk.

6. Roti Kecil Atau Bolu

Tak sulit bagi kita untuk menjumpai kudapan lembut dan manis ini di pasaran. Nah, agar citra rasanya sesuai dengan lidah si kecil, sangat disarankan bagi bunda untuk membuatnya sendiri di rumah. Berikut cara membuat menunya;

=> siapkan tepung terigu, susu, telur, mentega, dan sedikit gula. Lalu aduk hingga rata kemudian kukus adonan tersebut hingga matang.

7. Bubur Jagung Sayuran

Dan menu MPASI yang terakhir yang jangan sampai bunda lupakan, yakni berupa bubur jagung sayuran. Ya, tentu sudah tidak perlu diragukan lagi akan kandungan vitamin dan protein yang terdapat pada sayuran yang satu ini. Cara membuat menunya;

=> siapkan jagung manis, kemudian haluskan dengan menggunakan blender. Bunda juga bisa menambahkan saus dengan cara merebus wortel serta tomat yang dilembutkan, agar bisa meningkatkan nafsu makan pada si kecil.

Itulah beberapa menu MPASI 6 bulan yang sangat direkomendasikan bagi bunda. Dari ketujuh menu tersebut, menu nomor berapakah yang akan bunda coba hari ini?


Continue reading Menu MPASI untuk Bayi 6 Bulan Paling Recommended

Thursday, November 8, 2018

, , , ,

Beberapa Resep Kue Semprit Renyah dan Lembut

Sumber Gambar: sajiansedap.grid.id

Kue semprit adalah kue kering berbentuk bunga yang cantik. Selain bentuknya yang cantik dan sangat cocok untuk dihidangkan saat acara-acara istimewa, kue ini juga memiliki rasa yang renyah dan lembut.

Kue semprit adalah kue yang telah dikenal oleh masyarakat Indonesia selama bertahun-tahun. Resepnya diwariskan secara tradisional dan turun temurun.

Ciri khas dalam membuat kue semprit adalah dengan cara memasukkan adonan ke dalam alat spuit kue berbentuk bunga. Kata semprit sendiri berasal dari kata “spuit” yang orang Indonesia lebih mudah menyebutnya dengan semprit.

Bagi Anda yang ingin membuat kue semprit, Anda dapat mengikuti salah satu resep kue semprit renyah dan lembut berikut ini.

Bahan-bahan

  • 350 gram tepung terigu
  • 100 gram mentega
  • 200 gram gula bubuk
  • 100 gram tepung maizena
  • 4 kuning telur
  • 2 putih telur
  • 1 sdt vanila bubuk
  • ½ sdt garam
  • Margarin secukupnya untuk mengolesi loyang
  • 50 gram Sukade untuk hiasan (Sukade adalah buah kering berwarna warni yang dikemas dalam plastik dan banyak dijual di toko bahan kue)

Setelah semua bahan siap, selanjutnya kita melangkah ke cara membuat kue semprit.
  • Pertama-tama, kocoklah mentega menggunakan mixer berkecepatan sedang bersama dengan setengah bagian gula bubuk (100 gram) hingga adonan mengembang.
  • Sambil mengocok, masukkan kuning telur satu per satu sampai bercampur dengan baik.
  • Turunkan kecepatan mixer lalu perlahan masukkan tepung terigu. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan diaduk pelan agar adonan yang sudah mengembang tadi tidak mengempis.
  • Setelah tercampur rata, matikan mixer, lalu masukkan tepung maizena, vanili bubuk dan garam. Aduk-aduk dengan menggunakan spatula atau sendok kayu sampai semua bahan bercampur rata.
  • Gunakan wadah yang berbeda dan bersih untuk mengocok putih telur dengan sisa gula bubuk tadi (100 gram) hingga adonan mengembang dan kaku lalu tuang ke dalam adonan mentega tadi sedikit demi sedikit. Aduklah perlahan hingga rata. Pastikan adonan tetap mengembang dengan baik.
  • Selanjutnya, masukkan adonan ke dalam plastik segitiga, potong ujungnya dan beri mata spuit berbentuk bintang atau sesuai keinginan Anda.
  • Olesi loyang yang akan Anda gunakan untuk memanggang dengan margarin secukupnya hingga merata ke semua bagian.
  • Pencet adonan dengan menggunakan plastik segitiga tadi sambil meletakkannya ke atas loyang hingga terlihat bentuk bunga. Lalu hiasi dengan sebutir sukade di atasnya.
  • Pangganglah ke dalam oven dengan suhu sekitar 160°C selama kurang lebih 25 menit. Setelah kue matang dan kering, angkat dan biarkan mendingin dalam suhu ruang.
  • Setelah dingin, masukkan ke dalam toples atau wadah kedap udara lainnya.
Kue semprit adalah kue yang dapat bertahan selama berbulan-bulan hingga 1 tahun jika tetap terjaga dalam wadah kedap udara. Pastikan untuk selalu menutup toplesnya dengan rapat agar tetap awet, tidak lembab dan tidak berkurang kerenyahannya.

Selain resep di atas, Anda dapat mencoba resep kue semprit renyah dan lembut lainnya yang tidak kalah mudah dan praktis. Kesulitan yang dihadapi saat membuat kue semprit adalah keterampilan tangan untuk memencet adonan menggunakan spuit agar berbentuk bunga yang rapi. Namun seiring latihan, Anda dapat semakin mahir dalam membentuknya.

Selain itu, yang harus Anda perhatikan adalah memastikan adonan tidak mengenpis saat dikocok agar saat kue matang tetap terjaga kerenyahannya.

Kue semprit adalah kue yang diadaptasi dari peninggalan bangsa Eropa yang menjajah Indonesia cukup lama. Resepnya telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Continue reading Beberapa Resep Kue Semprit Renyah dan Lembut
,

Dibalik Kesan Gatal Ulat Bulu Pohon Alpukat




Mulai dari beberapa minggu yang lalu aku dan ayahku sedang hobi-hobinya bereksperimen. Mulai dari ternak ayam kampung, membibitkan pohon papaya kalifornia serta menanam sekitar seratus pohon alpukat. Tujuan sederhananya adalah menambah nikmat syukur kalau bisa potong ayam dan goreng telur dari hasil ternak dan makan buah yang dipetik dari kebun sendiri. Selain dinikmati pribadi, hasil eksperimen berkebun dan berternak bisa pula dibagi ke tetangga agar berbagi kebahagian.

Kok banyak amat tanam pohon alpukat? Iya, memang kami sengaja menanam banyak pohon alpukat dengan tujuan masa depan yakni agar bisa dijual dan menghasilkan pundi-pundi rupiah. Tahu sendiri kan berapa harga alpukat di pasaran, lumayan mahal dan itu membuat kami bertekad menjadi pemasok alpukat ke segala tempat. Kami hanya terus melakukan pembibitan, seratus batang masih sangat sedikit dan minimal pencapaian minimal adalah seribu batang pohon alpukat yang tumbuh di pekarangan rumah.

Alhamdulilah, bibit pohon pepaya kalifornia dan alpukat sudah mulai tumbuh tinggi dan siap untuk selanjutnya kami pindahkan dari pot plastik ke kebun depan rumah. Namun belum sempat kupindahkan, kemarin saat hendak menikmati udara pagi yang berkabut di sekitar rumah, kuhampiri pohon-pohon alpukat kecilku dan akupun terkejut melihatnya. Bagaimana tidak terkejut, sebagian besar bibit alpukat kami bolong-bolong bahkan beberapa sudah hampi gundul daunnya.

Dok. Pribadi

Ternyata penyebabnya adalah si ulat-ulat kecil yang sudah bermetamorfosi ke tahap pengerasan tubuh untuk menjadi kepompong. Awalnya cukup geram aku melihatnya, sedih aja karena bibit-bibit pohon alpukat itu sangat kami jaga, tapi ternyata masih tetap kecolongan bentuknya menjadi botak di sana sini. Berniat untuk membasmi hama ulat tersebut namun ayah mecegahnya. Kata beliau, “Biarin aja Teh, jangan dimatiin atau dibuangin karena itu uletnya juga kan kecil-kecil dan gak mengganggu juga, lagipula kita gak melihat bentuk fisik si ulat bulu dan tahu-tahu sudah jadi kepompong aja. Terus juga kalo nanti kan bisa jadi kupu-kupu indah di kebun kita. Kalau soal daun alpukat yang botak mah nanti bisa tumbuh lagi.”

Aku pikir ada benarnya juga apa yang ayah bilang, ternyata dibalik bikin geli gatalnya si ulat bulu ini kalau dipandang dari sisi positifnya pun sudah jelas ada manfaatnya. “Oke kaliana aman kepompong, demi kelestarin dan kecantikan bumi pertiwi. Tapi please jangan undang teman-temanmu yang lain si ulat bulu yang gatal dan besar-besar ya untuk datang ke sini.” Gumamku tak jelas hehe.

Sebagai pengganti dari niat membasmi, para kepompong ini kupotret dan kuabadikan dala tulisan di blog ini. Ya hitung-hitung mengasah skil menulis dan fotografiku. Oh ya gimana dengan teman-teman? Adakah yang punya pohon alpukat di pekarangan rumah dan diserbu ulat bulu juga kah? Atau ada yang pernah membasmi ulat bulu di pohon alpukat tanpa pestisida? Atau adakah yang punya tips seputar berkebun alpukat dengan baik dan benar? Silahkan berbagi ilmu dan inspirasi ya di kolom komen.

Continue reading Dibalik Kesan Gatal Ulat Bulu Pohon Alpukat

Tuesday, November 6, 2018

, , ,

Berikut Penyebab Gusi Berdarah Yang Sering Terjadi

Sumber gambar: hallosehat.com

Masalah mulut dan gigi jangan dianggap remeh. Hal ini dikarenakan bisa membuat anda repot sendiri jika sudah terjadi masalah di dalam mulut anda. Salah satu masalah di mulut yang jangan anggap remeh adalah masalah gusi berdarah. Masalah gusi berdarah bisa menimbulkan rasa nyeri yang akan sangat mengganggu anda. Maka, anda harus paham apa saja sih penyebab gusi berdarah. Dengan memahaminya, akan membantu anda lebih aware terhadap kesehatan gusi. Untuk lebih paham, perhatikan penyebab gusi berdarah berikut ini yang sering atau umumnya terjadi.

1.      Banyak Memakan Makanan Yang Manis

Apakah anda suka makanan manis? Untuk menghindari gusin berdarah, mulai sekarang hindarilah makanan yang manis. Jika perlu ganti dengan cemilan yang lebih sehat seperti buah. Makanan manis seperti cokelat dan permen bisa membuat gusi anda berdarah. Kok bisa? Karena jika anda memakan permen atau cokelat akan lebih sering menyisakannya di sela gigi. Kemudian akan membuat plak yang susah hilang. Setelah itu gusi anda akan mulai tidak baik karena peradangan gusi. Lebih buruk lagi gusi anda akan berdarah karena terjadi peradangan.

2.      Banyak Mengonsumsi Beberapa Obat

Beberapa obat seperti obat pengontrol tekanan darah dan obat anti depresan bisa membuat gusi anda berdarah. Hal ini terjadi karena dengan mengonsumsi obat-obat tersebut bisa membuat mulut anda menjadi kering. Jika mulut sudah kering, maka lama kelamaan akan menyebabkan gusi berdarah. Jika anda memang perlu mengonsumsi obat-obat tersebut, cobalah pergi ke rumah sakit. Anda bisa minta bantuan dokter bagaimana mengatasi gusi berdarah jika terjadi karena mengonsumsi obat tersebut.

3.      Melupakan Kebersihan Gigi

Kebersihan gigi adalah hal yang penting yang anda harus jaga. Salah satu menjaga kesehatan gigi adalah dengan menyikat gigi sesuai yang dianjurkan, yaitu minimal 2 kali sehari. Namun ada baiknya anda menyikat gigi 3 kali sehari. Jika anda tidak rajin menyikat gigi, bukan hanya gigi anda yang akan bermasalah. Gusi anda juga akan bermasalah dan mengakibatkan gusi anda berdarah. Gusi berdarah karena jarang menyikat gigi diakibatkan dari menumpuknya sisa-sisa makanan pada sela gigi. Kemudiana kan menyebabkan peradangan pada gusi. Jika gusi sudah meradang maka akan menyebabkan gusi berdarah ketika mengunyah atau terkena gesekan.

4.      Kebiasaan Merokok

Sudah tertera jelas sebenarnya jika kebiasaan merokok sangat membahaykan tubuh. Salah satu bahayanya adalah menyebabkan sistem imun di tubuh menjadi terganggu atau cenderung lemah. Jika sudah begitu maka bakteri atau infeksi jamur akan mudah masuk ke tubuh. Termasuk bakteri yang ada di mulut. Jika bakteri sudah susah untuk diatasi, maka gusi akan mudah berdarah. Maka, coba renungkan untuk mulai berhenti merokok. Jika anda ingin terus sehat. Bagaimana pun kesehatan anda juga lebih penting untuk anda maupun keluarga anda.

5.      Terkena Ginggivitis

Pernah mendengar tentang ginggivitis? Jika belum anda bisa mehami pemaparan berikut ini. Ginggivitis terjadi karena penumpukan makanan yang sudah sangat banyak. Memang penumpukan makanan ini tidak begitu terlihat oleh mata telanjang. Namun plak-plak yang tersisa di sela-sela gigi yang bisa menyebabkan ginggivitis. Ginggivitis dimulai dari gusi yang sangat memerah, kemudianbengkakdangusiakanjadiberdarah. Jika sudah terkena gingivitis anda bisa konsultasikan ke dokter gigi. Dengan begitu gusi anda bisa sembuh dari masalah ginggivitis.

Continue reading Berikut Penyebab Gusi Berdarah Yang Sering Terjadi