Sunday, May 20, 2018

,

Pengertian Waktu Imsak di Bulan Ramadhan



Marhaban ya Ramadhan. Alhamdulillah, masih bisa menulis dan membaca tulisan di blog ini berarti Allah SWT masih memberi kita kesempatan hidup. Perlu banget tuh bersyukur karena bisa sampai di bulan penuh berkah pada tahun ini. Kalau ngomongin soal Ramadhan pasti gak akan bisa lepas dari yang namanya waktu imsak. Sebenarnya apa sih makna imsak itu sendiri?

Menurut bahasa etimologi imsak berasal dari amsakap-yumsiku-imsak yang artinya tahan, tangkap dan pegang. Sumber; (Ahmad Warsan Munawwir, Al Munawwir, Yogyakarta: Unit Pengadaan Buku Ilmiyah Keagamaan, 1984, materi masaka).

Jadi kalau kita sangkut pautkan dengan puasa maka imsak adalah batasan waktu untuk stop dari makan, minum dan hal-hal lain yang bisa membatalkan puasa. Semacam lampu kuning lah kalau di lampu lalu lintas.

Tapi pada kenyataannya pengertian imsak di masyarakat sudah bergesek sedikit maknanya yaitu tanda mulai berpuasa. Kalau masih makan dan minum pas sirene imsak berbunyi berarti batal puasanya. Terus antara senang dan sedih deh gak puasa pada hari itu.

Dulu pas zaman masih agak imut, aku pernah imsak pas mau azan subuh. Maklum anak bocah, bisa berabe kalau puasa full tapi gak sahur. Terus diledekin sama Om, kalau aku udah batal puasa. Nangis dong, sedih banget kan kalau ada bolongnya. Masa kalah sama cucu-cucu Kakek yang lain. Nanti THR-nya gak full pula, wkwk masih kecil mata duitan.

Terus Kakek merangkul pundakku. Beliau dengan bijak mengatakan, “Gak batal sayang, lanjutin aja sahurnya. Azan subuh baru kita mulai puasa. Om kamu cuma mau nyomot rempeyek udangmu aja kalo kamu nangis.” Oke, aku baru sadar ternyata Omku musuh dalam rempeyek udang. Haha.

Semakin dewasa aku semakin telaten bertanya dengan Kakek tentang masalah imsak. Beliau pun semakin semangat berbagi ilmu. Sesungguhnya waktu imsak yang dikumandangkan terutama di Indonesia adalah sebuah lampu kuning untuk bersiap puasa. Dengan jeda waktu sebelum azan tersebut kita kan bisa gosok gigi, nyuci piring, salat sunah sebelum subuh, baca Quran dan hal-hal bermanfaat lainnya.

Gak ada yang salah dengan cara pemerintah menetapkan waktu imsak, karena tujuannya supaya masyarakat tertib dan lebih mempersiapkan diri untuk puasa di hari-hari selanjutnya. Jadi please jangan gara-gara perbedaan pendapat soal imsak pun bisa memancing amarah kita dengan sesema muslim. Hanya perlu diluruskan sedikit, bukan untuk debat kusir. Sayangkan ibadahnya, malah berselisih adu amarah ini yang membuat kita batal puasa.

Lanjut ke hadits sohihnya ya:

Dari Samurah ibn Jundub, Nabi saw, bersabda: Jangan sampai menghentikan makan sahur kalian lantaran adzannya Bilal atau fajar putih yang memanjang vertikal (fajar kadzib) sampai datangnya fajar memanjang horizontal (fajar shadiq).

Hadis di atas dikeluarkan oleh Muslim (shiyam: 1831, 1832, 1833, 1834); Turmudzi (shaum: 640); Nasai (shiyam: 2142); Abu Daud (shaum: 1999); Ahmad (musnad bashriyyin: 19221, 19238, 19290, 19338).

waktu fajar
Waktu-waktu Fajar
Waktu fajar di sini ada dua, yang pertama fajar shodiq (fajar masuknya waktu subuh atau dengan kata lain fajar yang diharamkan melakukan segala hal yang membatalkan puasa dan dihalalkan untuk salat), yang kedua ialah fajar kadzib (yakni fazar yang muncul sebelum fajar shodiq. Artinya fajar yang diharamkan salat dan dihalalkan untuk makan dan minum). Diriwayatakan oleh Al Baihaqi dalam Sunan Al Kubro no. 8024 dalam “Puasa”, Bab “Waktu yang diharamkan untuk makan bagi orang yang berpuasa” dan Ad Daruquthni dalam “Puasa”, Bab “Waktu makan sahur” no. 2154. Ibnu Khuzaimah dan Al Hakim mengeluarkan hadits ini dan keduanya menshahihkannya sebagaimana terdapat dalam Bulughul Marom. 

Dalam Al-Quran pun Allah menjelaskan:

“Makan dan minumlah kalian sampai jelas bagi kalian benang putih dari benang hitam, yakni waktu fajar.”(Al-Baqarah ayat 187)

Demikian beberapa acuan yang bisa kita pakai untuk urusan imsak atau waktu dimulainya puasa. Kalau sekiranya masih ada salah tolong diperbaiki dan dimaafkan. Kita sama-sama terus belajar tentang islam. Siapa tahu bisa saling sapa dan saling membantu di akhirat kelak karena kita pernah saling mengingatkan dalam kebaikan.

By the way, masih pada semangat kan puasanya? Harus dong! Yang tahun-tahun lalu masih males-malesan puasa Ramadhan, coba deh diniatkan sungguh-sungguh pas sahur. Bilang sama diri sendiri “Aku mampu puasa dan menahan segala nafsu!”

Ibadah itu bukan masalah bisa atau engga, tapi soal niat di dalam diri. Banyak hal yang Allah ajarkan dari puasa. Salah satunya ikut merasakan laparnya saudara saudari kita yang gak makan berhari-hari. Yah sebenarnya kalaudibanding sama puasa kit amah belum ada apa-apanya rasa lapar yang mereka alami.

Serius deh, suka sedih kalau ada orang yang sudah baligh atau wajib puasa, tapi dia malah gak mau puasa. Aku yang gak melakukannya saja merasa malu sama Allah, karena ada saudara seimanku yang lalai. Astagfirullah. Tapi aku percaya, pembaca blogku insyaallah pada kuat-kuat imannya.

Sekian dulu pembahasan ringan tentang imsak dariku. Mulai besok jangan ada yang tanya lagi ya, “Imsak di Lampung jam berapa, Sob? Es buah belum sempat gue minum soalnya.” Serius, aku gak simpen jadwal imsak soalnya. Tandanya aku mulai puasa itu pas dengar adzan subuh.

Bagaimana pendapat kalian, yuk berbagi pengalaman dan info seputar imsak di kolom komen.
Continue reading Pengertian Waktu Imsak di Bulan Ramadhan

Sunday, May 6, 2018

, , ,

Tiga Obat Alami Keluargaku Sebagai Wujud Dukungan Sembuhkan Indonesia




Aku selalu percaya bahwa Tuhan selalu mengharapkan hamba-Nya sehat, karena dengan kesehatan itulah kita bisa tenang dan fokus beribadah. Selain itu Tuhan juga telah banyak menyebar kata-kata bijaknya tentang gaya hidup sehat di sekian banyak pemikiran manusia. Contohnya tentang apa yang dikatakan oleh dua tokoh yang tak asing lagi di telinga kita.

“Tidak sepatutnya seseorang merasa aman tentang dua hal : kesehatan dan kekayaan.” – Ali bin Abi Thalib

“Harta sehati adalah kesehatan, bukan emas dan perak” – Mahatma Gandhi

Coba perhatikan kalimat keduanya, serupa bukan? Aku tidak melihat dari tokoh agama mana yang berbicara tentang hal ini, aku memang setuju bahwa sehat dan harta seperti punya keterkaitan yang khusus. Ada harta tapi tak sehat, apakah nikmat hidup itu sempurna? Bukankah harta yang paling indah adalah berupa kesehatan, rizki yang halal, serta banyak bersyukur dengan cara banyak berbagi pada sesama. Setidaknya ketiga hal ini yang perlu kucapai terlebih dahulu, baru setelahnya mengajak orang lain untuk berlaku sama.

Saat kita membahas tentang kesehatan atau gaya hidup sehat, pasti di dalamnya ada pembahasan mengenai diet, pola makan yang baik, olah raga, pengelolaan stress, serta waktu istirahat. Untuk urusan diet, aku rasa ada baiknya masing-masing diri mengkonsultasikannya ke dokter. Bukan apa-apa, karena tiap dari kita tidak semuanya bisa menerapkan teknik diet tertentu. Bisa jadi karena ada penyakit di dalam tubuh yang berbahaya untuk menerapkan diet ini, kondisi sedang menyesui, atau malah dengan menerapkan diet tersebut tubuh kita menjadi pesakit.

Lain halnya dengan pola makan, rasanya kita semua telah membaca banyak artikel tentang pola makan yang baik. Mulai dari teori pola makan A sampai teori pola makan Z. Aku tak akan membahas teori mana yang benar dan teori mana yang salah, karena aku pribadi sudah dibiasakan mematuhi teori yang berjalan di keluarga sendiri.

Pola makan yang selalu diterapkan di keluargaku adalah membiasakan sarapan pagi (wajib), tidak membiasakan menunda-nunda makan, makan tidak berlebihan alias mengikuti contoh Nabi Muhammad SAW yakni makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang, banyak minum air putih, makan lalaban (sayuran mentah atau direbus dalam bahasa sunda), serta tidak banyak mengkonsumsi makanan dan minuman instan.

Satu hal lagi untuk memaksimalkan pola makan yang baik adalah dengan mengkonsumsi makanan empat sehat lima sempurna. Namun, bahan-bahan makanannya tak harus selalu mahal. Misalnya buah, bisa beli buah pisang atau papaya. Begitupun dengan sayuran bisa bayam, kangkung dan sayur-sayur murah meriah lainnya. Kalau di keluargaku sendiri biasanya seperti pisang, papaya, daun singkong, kangkung, bayam, labuh, buncis malah sengaja kami tanam. Gimana, bukankah semakin hemat dan sehat bila kita sendiri yang menanamnya?
empat sehat lima sempurna adalah pola makan yang benar
Makanan empat sehat lima sempurna (Sumber foto: klinikvaksinasi.com)












Hal lain yang kurasa agak sulit untuk dilakukan banyak orang adalah olah raga. Jangankan untuk olah raga berat atau bermodal, untuk sekedar jalan dengan jarak yang dekat saja kita malas. Seperti ke warung depan rumah, beli makanan pun sudah ada ojek online dan sebagainya. Padahal tanpa kita sadari, hal-hal sepele seperti ini pun bisa menjadi alternatif olah raga ringan.

Olah raga
Sempatkan waktu untuk berolahraga meski olah raga ringan

Selanjutnya untuk masalah istirahat kita pun sering menomorduakan. Bisa jadi karena banyak tugas atau kerjaan yang menyebabkan tidur kita selalu larut malam. Padahal kebutuhan tidur orang dewasa berkisar tujuh sampai delapan jam. Memang kadang kala tugas menumpuk dan harus diselesaikan hari itu juga, tapi coba deh biasakan lebih sering tidur malam selama tujuh sampai delapan jam saat tak ada kerjaan, insyaAllah badan kita akan terasa lebih segar dan juga kinerja kita lebih efektif.

Tidur yang cukup untuk menjaga kesehatan
Tidur yang cukup selama 7-8 jam perhari (Sumber Foto: fitra.zone.id)

Mendapatkan tubuh yang sehat tak hanya berfokus pada hal-hal yang terlihat dengan jelas seperti makanan, tidur, olah raga dan sejenisnya. Ada sesuatu yang tak kalah pentingnya untuk menopang sehatnya diri yakni pengaturan stress yang tepat. Jangan salah, banyak penyakit yang menghinggapi tubuh karena awalnya sress pikiran. Coba deh kita cermati, dari rasa was-was berlebihan lama-lama jadi membuat kita tidak nafsu makan, tidur pun susah, bahkan tak ingat untuk berolahraga. Kacau segala upaya memelihara kesehatan dan ujung-ujungnya jatuh sakit. Maka dari itu, pengelolaan stress yang tepat sangat diperlukan bagi kita semua. Cara paling ampuhnya menurutku adalah dengan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan.

Menurutku hal-hal yang kujelaskan di atas sebenarnya kita semua sudah memahaminya, cuma masing-masing diri yang kadang terganjal oleh niat. Bila gaya hidup sehat sudah bisa kita terapkan sedikit demi sedikit, insyaAllah kesehatan tubuh dan pikiran bisa teratasi.

Oh ya dalam postingan ini aku ingin share beberapa obat alami yang biasanya digunakan keluargaku, karena kupikir pembahasan ini masih ada kaitannya dengan kesehtan dan penyembuhan. Siapa tahu bisa berguna pula buat pembaca.

1.    Batang Pohon Jati

Batang pohon jati biasa kami sekeluarga gunakan untuk obat mata. Sebenarnya bukan batangnya, tapi air yang terkandung di batang phon jati tersebut. Digunakan sebagai obat tetes mata alami. Biasanya mata yang gatal atau kena debu dan sebagainya menjadi lebih segar dan lebih jelas melihat.

Pohon jati obat mata
Tetesan air dari batang pohon jati adalah obat mata

2.    Tanaman Nenangkaan


Aku kurang tahu nama umumnya tanaman ini, kami menyebutnya Nenangkaan. Mungkin dengan melihat fotonya kalian pasti tahu tanaman ini, biasanya tumbuh sebagai tanaman liar dan terabaikan. Tanaman ini biasanya kami gunakan untuk mengobati sakit magh. Bukan hanya kami sekeluarga sih yang menggunakan obat ini saat terkena magh, beberapa orang sudah kami sarankan untuk menggunakan tumbuhan ini sebagai obat magh dan hasilnya alhamdulilah sembuh. Caranya cukup direbus dengan air dan diminum deh air rebusan daun Nenangkaan ini.

Tanaman Nenangkaan sebagai obat magh
Tanaman Nenangkaan sebagai obat Magh

3.    Getah Pohon Pisang

Biasanya yang kami gunakan adalah getah anakan pohon pisang untuk mengobati luka luar seperti kena pisau, kebeset duri dan luka-luka ringan sejenisnya. Menurutku dengan menggunakan getah pohon pisang ini membuat luka menjadi cepat kering. Cocok nih digunakan saat kalian traveling ke alam terus darurat lupa tak membawa betadin.

Getah pohon pisang bisa untuk obat luka ringan
Getah phon pisang sebagai obat darurat luka ringan (Sumber foto: suaragresik.com)

Dari ketiga obat alami di atas adakah yang sudah mencobanya? Atau kalian punya obat alami khas keluarga masing-masing yang bisa dibagikan di kolom komentar yang pastinya sudah terasa manfaatnya. Mari sembuhkan Indonesia dengan gaya hidup sehat dan share ilmu serta tips kesehatan, agar masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang sehat dan berdayaguna tinggi.

Salam sehat.

Continue reading Tiga Obat Alami Keluargaku Sebagai Wujud Dukungan Sembuhkan Indonesia

Monday, April 30, 2018

, , ,

Asiknya Merajut Asa dan Silahturahmi Bersama ASDP Indonesia Ferry

ASDP Indonesia Ferry


“Daratan adalah rumah kita dan laut adalah kebebasan. Langit telah bersatu dengan samudera, dalam jiwa dan dalam warna.” (Puisi karya W.S. Rendra)

Bagiku menikmati lautan di setiap perjalanan bersama kapal ASDP Indonesia Ferry adalah rumah sekaligus kebebasan. Sudah tak terhitung lagi berapa kali merenda kisah di peraduan senja di Selat Sunda. Memperjuangkan cita-cita, memperbanyak kenalan baru, serta menjumpai sanak saudara tercinta di beberapa penjuru pulau Jawa.


Pemandangan senja di selat sunda
Menikmati senja dari atas Kapal Ferry di selat sunda


Sejak kecil aku dan keluarga selalu menggunakan jasa penyebrangan Kapal Ferry ketika mudik tiba. Ya Tuhan, si anak kecil yang sekarang tumbuh dewasa ini sangat girang ketika Mamah atau Ayah sudah membisikkan kata mudik. Aku dan ketiga adikku tentunya menjadi salah satu pemeriah suasana kapal saat itu dengan nyanyian lantang yang setelah kusadar sekarang, kelakuan kami saat itu juara. Kalau saat ini kami masih melakukan hal konyol seperti itu tentunya akan menjadi sebuah aib besar. Haha! Malu sama umur.

Mudik bareng keluarga bersama kapal ferry
Mudik bareng keluarga terasa mengasyikan bersama ASDP Indonesia Ferry

Biarlah sekarang kuwarisi kepolosan masa kanak-kanak pada sepupu-sepupu kecilku. Ya mereka tentunya akan menggemaskan melakukan hal-hal ajaib di atas Kapal Ferry ketika menuju Lampung. Tapi Dik, biar kutitip pesan pada kalian agar tetap bertingkah baik pada sesama penumpang, pentingkan kesalamatan dan selalu menjaga kebersihan kapal. Karena orang-orang cerdas yang sesungguhnya adalah mereka yang terbiasa tertib sejak kecil.

mudik sekaligus piknik keluarga bersama kapal ferry
Melihat laut serta berlayar menggunakan kapal ferry serasa piknik keluarga

Mudik naik Kapal Ferry hingga sekarang pun rasanya seperti piknik. Sudah bisa dipastikan perjalananku tak akan terasa melelahkan. Berbekal membeli mie kemasan untuk diseduh di kapal, duh nikmat-nikmat kecil yang kaya gini yang tak bisa terganti dengan banyaknya harta. Belum lagi disuguhi pemandangan senja, terkadang sekelompok lumba-lumba menari seolah menyambut kami para penumpang, serta malam yang meriah dengan rona warna-warni lampu kapal. Maka nikmat Tuhan yang manakah yang kamu dustakan?

suasana malam di kapal ferry
Suasana malam yang indah dengan kelap-kelip lampu kapal
ASDP Indonesia Ferry terus berinovasi, tentunya demi kenyamanan kami para penumpang. Seperti ditambahnya beberapa dermaga agar persinggahan kapal cepat teratasi, kemudian diberlakukannya tiket kartu atau apapun istilahnya yang nantinya para penumpang tinggal men-tap di sistem atau aplikasi yang sudah tersedia, sistem pembelian tiket atau karcis kapal yang tak sembarang yakni harus menunjukkan KTP, kartu BPJS atau tanda pengenal lainnya ke petugas loket.

dermaga baru ASDP Indonesia Ferry
Dermaga baru yang dibuat guna memperlancar proses pengangkutan dan penurunan penumpang

Selain itu kita juga dapat merasakan adanya perbaikan fasilitas ruangan membeli karcis tepatnya di Pelabuhan Bakauheni yang full AC dan juga tak luput ketatnya pengawasan keamanan pelabuhan. Aku suka perhatiin ada sekelompok petugas yang duduk dengan komputer kopernya, meski masih bingung tapi yang jelas mereka mengawasi keamanan pelabuhan, data di dunia IT, cek kerusakan mesin dan lain sebagainya. Ingin bertanya sih apa yang mereka kerjakan, tapi takut dibilang kepo. Haha.

Tempat membeli tiket kapal ferry di Pelabuhan Bakauheni Lampung
Tempat beli tiket yang nyaman dan full AC
tempat-tempat di pelabuhan penyebrangan
Sudut-sudut pelabuhan penyebrangan

Kalau aku sendiri merupakan tipe orang yang senang memperhatikan setiap detil hal di perjalanan. Dari hal-hal kecil seperti pintu keluar pelabuhan, parkiran kendaraan di dalam kapal sampai pada letaknya sekoci. Semua itu kulakukan agar tahu seluruh tempat jika dibutuhkan dan juga menjadi sangat berguna saat terjadi keadaan darurat. Ini bisa jadi salah satu tips traveling lho buat kalian yang senang jalan-jalan.


Tips penyebrangan
Tips mudik atau penyebrangan menggunakan kapal ferry

Eh, kalau diingat-ingat curhatanku di atas ini memang sesuai dengan visi dan misi ASDP Indonesia Ferry dalam melayani masyarakat. Ah, cinta deh kalau gini. Tidak sekedar berbentuk tulisan saja yang namanya visi dan misi, tapi pada kenyataannya ASDP Indonesia Ferry merealisasikannya di lapangan.


Visi ASDP Indonesia Ferry
Visi ASDP Indonesia Ferry

Misi ASDP Indonesia Ferry
Misi ASDP Indonesia Ferry
Hal lain yang kuingat dan merasa terjaga keamanannya adalah kalau pas musim liburan, yang pastinya pelabuhan dipadati oleh penumpang, nah di pintu menuju angkutan umum pasti ada Pak Tentara dan Pak Polisi yang berjaga. Benar deh soalnya dulu tuh waktu kecil aku pernah trauma naik kapal karena hampir dibawa kabur sama sopir atau kondektur bus. Saking padatnya dan tangan orang tuaku penuh memegangi ketiga adikku plus bawa barang, jadilah aku yang cuma nempel dekat dengan Ayah. Saat itu juga terjadi tarik-tarikan penumpang, meski aku histeris tapi tetap saja terseret cukup jauh dari kedua orang tuaku.

Jalan penumpang kapal menuju dermaga tujuan
Jalan menuju dermaga atau kapal ferry

Alhamdulilahnya rasa trauma itu berangsur sembuh. Tenang saat melihat wajah-wajah abdi negara yang bertugas. Bahkan tak segan-segan mereka akan memagari kita apabila terlalu dikerubungi oleh kondektur atau para supir bus. Terima kasih bapak-bapak keren, semoga keselamatan selalu menyertai beliau dan keluarganya. Oh ya kalau kalian bawa barang banyak kan pasti ribet tuh, nah di Pelabuhan pun tersedia jasa angkut barang juga lho. Tapi tetap harus selalu waspada perhatikan barang kalian yang dibawa oleh Porter. Kejahatan itu bakal ada kalau kitanya lengah. Makin banyak fasilitas, makin asik ya naik Kapal Ferry.
Porter yang membantu mengangkut barang penumpang
Tersedia porter yang siap membantu membawakan barang di pelabuhan

Jangan salah, kalau kalian beruntung saat hendak berlayar maka kalian akan mendapatkan kapal yang menurutku mewah. Pernah beberapa kali aku naik Kapal Ferry berasa kaya lagi menginap di hotel. Bersih abis plus ada tangga jalannya. Asli, Kapal Titanic mah beda-beda tipis bagusnya. Pengennya tuh turun naik tangga sama tiduran yang lama saking nikmatnya perjalanan. Berharap kedepannya ASDP Indonesia Ferry lebih banyak menghadirkan kapal-kapal yang super nyaman kaya gini. Dijamin deh penumpang bakal setia berlayar bersama kru kapal, tak mau rasanya beranjak pulang.

Ada tangga jalan di kapal ferry mewah
Suasana Kapal Ferry yang terbilang mewah

Fasilitas ruangan yang bersih dan nyaman di kapal ferry
Ruangan penumpang Kapal Ferry yang bersih


Ada satu hal lagi yang belum pernah aku coba yakni mencoba layanan pembelian tiket online yang disediakan oleh pihak ASDP Indonesia Ferry. Wah #AsiknyaNaikFerry, ikuti saja alur pemesanan di webnya ASDP Indonesia Ferry.

Pembelian tiket kapal secara online
Tahapan pembelian tiket kapal ferry secara online

Kalau ditanya bagian kapal yang menjadi tempat favorit tentunya bagian atas atau minimal pinggiran kapal yang viewnya langsung ke laut. Aku tak mau melewatkan momen selfie dengan latar belakang laut yang gradasi warnanya memesona. Tak mau kalah seperti di film Titanic, cuma bedanya tanpa pasangan. Iya jomblo sadar diri kok, pasti mau bahas kejombloan kan? :D

Pemandangan laut yang indah dari atas kapal ferry
Tempat favorit di kapal ferry

Berbagai ruangan tersedia di Kapal Ferry. Ada ruangan ekonomi alias tanpa AC, ada ruang lesehan dan juga ruang Eksekutif. Untuk ruang lesehan dan eksekutif biasanya bayar biaya tambahan, tapi kalau hari itu memang rejekimu maka dua ruang itu bisa kamu nikmati secara gratis. Kalau mau tiduran pun disediakan bantal. Sama, kalian harus menyediakan uang untuk menyewa sebuah bantal. Tenang murah, tak sampai menguras air mata.

Bebarapa ruangan yang ada di Kapal Ferry
Beberapa pilihan ruangan di kapal ferry. Ruang ekonomi, lesehan dan eksekutif.


Ah tak terasa sebentar lagi memasuki bulan puasa, itu artinya tradisi mudik akan kembali datang. Biasanya kami mudik sehari sebelum Idul Fitri. Momen buka puasa bersama di atas Kapal Ferry ini lah yang sangat kunanti. Indah dan menyenangkan, ditambah lagi gambaran akan berkumpul bersama seluruh keluarga di pulau Jawa. Alhamdulillah.

Bagaimana dengan kalian, sudah sering naik Kapal Ferry juga kah? Yuk, share di kolom kementar pengalaman mengasyikan kalian saat berlayar atau mudik bareng ASDP Indonesia Ferry.





Continue reading Asiknya Merajut Asa dan Silahturahmi Bersama ASDP Indonesia Ferry

Wednesday, April 18, 2018

, , , ,

Menapaki Tanah Minang adalah Destinasi Impianku Bersama JD.id


Selalu ada tujuan-tujuan baru bagi mereka pecinta traveling, begitupun denganku. Satu tempat berhasil dikunjungi, berharap tempat-tempat lainnya segera terjamah. Untuk rencana traveling selanjutnya, aku penasaran banget dengan alam Minang. Menurut sumber yang selama ini marayu-rayu lewat foto, Sumatera Barat keindahan alamnya gak kalah saing dengan tempat-tempat lain. Sumber menyebalkan itu kita sebut saja dengan Mbah Google. Lewat dia lah aku menemukan Lembah Harau dan teman-temannya.

Jelah Minang


Tapi yang membuat semua itu semakin menyebalkan adalah ketika dana yang kita persiapkan pas-pasan. Berarti beberapa dana perjalanan harus dipangkas bukan? Lalu otakku berpikir keras, mencari berbagai alternative. Sampai akhirnya aku memutuskan nantinya saat memesan tiket pesawat ada baiknya aku pesan di JD Flight saja. Karena suka ada tiket pesawat murah, biasa kalo jomblo kan memang apa-apa serba dipangkas, secara kemana-kemana kan serba sendiri jadilah berhemat. Haha, berasa curhat.

Kalaupun gak ada tiket promo, di JD.id setelah aku bandingkan dengan beberapa penyedia layanan pemesanan tiket lain harganya jauh lebih murah. Lumayan kan dana yang ada bisa dialihkan ke dana transportasi selama di Padang dan uang makan.

Cara Pesan Tiket Pesawat di JD Flight
Tahapan Pemesanan Tiket Pesawat Terbang


Terus, kalau misal terpaksa harus menginap di hotel di Padang nantinya, JD.id pun memberikan solusi. Kita bisa booking penginapan  di JD Hotel. Hotel dari harga yang paling murah sampai tertinggi akan tampil dan kita tinggal memilih. Kalau nanti kesampaian terbang ke Padang, aku mau cari suasana hotel yang banyak unsure alamnya. Secara untuk suasana perkotaan sudah terlalu ekstrim aku lihat setiap harinya.

Pesan hotel dengan mudah di JD Hotel
Pesan Hotel di JD Hotel
Bayangan pun sudah melambung tinggi, beberapa tempat wisata di Padang sudah kutulis baik diingatanku maupun di buku diary. Pertama aku mau berkunjung ke Lembah Harau. Menurut kabar online, kawasan wisata di sekitar Lembah Harau semakin diperindah baik oleh Pemerintah ataupun masyarakat setempat. Aku sih ingin sekali foto di tebingan Lembah Harau yang berasa di luar negeri. Eh, tapi aku gak suka selfie deh, mungkin untuk koleksi ala-ala fotografer belum handal aja sih. Terus pamer upload ke instagram sambil senyum jahat. Haha.

Tebingan Lembah Harau Sumatera Barat
Tebingan di Lembah Harau, Sumatera Barat (Suber Foto: Lihat.co.id)

Abis dari tebingan yang ngehits banget di Lembah Harau, nantinya aku melipir ke tempat yang ada suara-suara airnya. Iya, kayaknya sih wahana baru tuh yang ada perahu-perahuannya. Nah kalo di sini boleh lah sekali selfie, biar dibilang anak kekinian juga sama instagram.

Danau di Lembah Harau Padang
Semacam danau di Lembah Harau (Sumber Foto: ChanelMuslim.com)

Puas main perahu, aku gak akan buang-buang waktu untuk selfie atau minimal ambil foto di sekitar sudut yang kesannya seperti berada di korea. Entah aku juga kurang tau nama lokasinya apa, yang jelas masih dekat dengan Lembah Harau sih menurut keterangan di Mbah Google. Semoga kali ini si Mbah gak menyesatkan aku.

ala-ala korea di lembah harau
Sumber Foto: febeshinta.com

 Puas main ke Lembah Harau, rencana selanjutnya main ke air terjun pinggir jalan di Lembah Anai. Iya, aneh kan? Air terjun langsung berbatasan dengan jalan raya. Penasaran banget deh sama pesoana aslinya, dalam artian bukan hanya lewat foto. Mohon jangan dibuly, aku suka kepikiran deh apa yang lewat situ jalan kaki gak kebasahan ya? Haha, harap maklum imajinasi suka meninggi kalau lihat tempat-tempat ajaib kaya gini.


wisata lembah anai sumatera barat
Lembah Anai (Sumber Foto: caranoadventure.blogspot.co.id)

Habis dari Lembah Anai, aku mau main ke Seribu Rumah Gadang. Kayaknya kalo belum main ke sini belum resmi nih traveling di Sumbar. Alasan, padahal mau mampir juga ke tempat saudara yang ada di sekitaran Seribu Rumah Gadang. Haha!

seribu rumah gadang yang memesona
Seribu Rumah Gadang yang eksotis (Suber: Google)

Eh tapi bener lho, ada misi yang paling penting niatku menapakkan kaki di tanah Minang yakni bertemu saudara tercinta. Sudah lama ambo tak bersua dengannya. Bukankah silahturahmi adalah goal terbesar untuk seorang traveler? Dan aku sangat menikmati setiap pertemuan itu. Keren ya? Nantinya JD.id memfasilitasi pertemuan indah itu.

Kenapa sih kita harus banget pesan ini itu untuk perjalanan di JD.id? mungkin ulasan gambar dibawah ini bisa menjelaskan secara detilnya. Supaya aku dan kamu makin mudah pesan tiket pesawat, check it out!

Keuntungan yang didapat dari memesan tiket di JD.id
Sumber JD.id




*Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Indonesia Corners dan JD.ID. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi.


Continue reading Menapaki Tanah Minang adalah Destinasi Impianku Bersama JD.id

Tuesday, April 10, 2018

Berburu Hiburan di Liburan yang Akan Datang


Belum lama ini aku berkunjung ke Bandung untuk melakukan traveling singkat. Sebenarnya niat awal cuma mau jenguk Nenek di Majalengka, tapi tetiba ingat kudu jalan-jalan lagi untuk referensi tulisan tema traveling di blog. “Ah sekalian aja keliling ke tempat wisata yang ada di Bandung, mumpung masih satu jalur.” Pikirku waktu itu. Alhasil waktu liburan yang hanya tiga hari pun kupadat-padati dengan banyak aktivitas.


Hari pertama kakiku menginjakkan kaki di Bumi Bandung, aku menuju tempat wisata Taman Gajah. Asal kalian tahu sesampainya di Taman Gajah, pengunjung pertamanya adalah aku sendiri. Haha! Geli juga sih, bahkan tukang kebun dan Mba yang jaga karcisnya pun baru pulang olah raga. Tapi ada bagusnya, aku jadi puas deh mengabadikan setiap penjuru Taman Gajah dengan kamera HP seadanya.

Mulai agak siang, pengunjung pun ramai. Pengunjung mulai ramai aku malah udah selesai pelisiran di Taman Gajah. Alamak, perut udah terlanjut keroncongan. Jadi deh makan ketoprak pinggir jalan. Selesai makan aku pun bergegas menuju tujuan wisata selanjutnya yakni Farm House. Mengingat waktu liburku tak banyak maka sisa dari sehari itu aku habiskan di Farm House.

Hari mulai petang dan aku harus segera bertolak ke Majalengka. Karena memang sudah dari pagi beberapa kerabat menelpon menanyakan sudah sampai mana. Sepertinya Nenekku meman rindu berat dengan cucunya, Alhamdulillah yah meski pacar gak punya tapi masih ada yang ngangenin. Hehe.

Hem, rasanya waktu liburku untuk berkunjung ke banyak tempat wisata yang ada di Bandung sedikit banget. Aku berencana kembali ke Bandung bila ada waktu luang nantinya, guna menuntaskan misiku untuk mengeksplor kota Bandung. Seperti ke Pinisi Resto dan Glamping Lakeside Ciwidey, Mariabaya, Observatorium Bosscha, Floating Market Lembang dan masih banyak lagi.

Sumber foto: catperku.com

Untuk liburan selanjutnya aku mau ajak teman ke Bandung, kalau jadi paling aku akan memesan tiket kereta di Tokopedia. Kenapa sih harus pesan tiket kereta di sana? Jawaban simplenya karena di situs jual beli Tokopedia gak hanya nyediain perkara tiket, tapi kita juga bisa melihat jadwal kereta Bandung dengan akurat. Asik gak tuh? Jadi kita gak takut ketinggalan kereta, atau malah sibuk tanya teman atau saudara yang kerja di PTKAI. (Aku sih biasanya yang kaya gitu)


Atau kaya tempo hari, nganterin adik tes kerja ke Bandung. Jadi benar-benar praktis dengan adanya layanan tiket kereta yang ada di Tokopedia. Gak gupek dan hanya fokus untuk persiapkan diri menghadapi soal-soal tesnya saja deh. Benar-benar ya, teknologi kalau dimanfaatkan dengan tepat guna maka akan banyak yang akan terbantu.

Nah itu kalau rencana mau liburan lagi ke Bandung, tapi ada opsi lain juga sih buat mengisi waktu libur. Kalau dana lebih, gak ada salahnya lirik-lirik tiket konser artis dunia yang sedang manggung di Indonesia. Kan jarang-jarang tuh, kalau sengaja kita datang ke konser musik di negaranya pasti biaya lebih mahal tuh.



Jadi ingat teman seperjuangan waktu kuliah, dia ngefans banget sama boyband korea yakni Bigbang. Beberapa kali dia mengikuti konser personil Bigbang di Indonesia. Kayaknya gak ada salahnya nih aku rekomendasikan untuk urusan tiket konser beli di Tokopedia. Sebagai teman yang baik kalaupun gak bisa ngebeliin tiket konsernya, aku bisa sedikit membantunya supaya gak bikin dia pusing untuk urusan pembelian tiket konser. Baik banget kan aku? Hahaha! Maksa. Buat kalian juga yang ingin membeli tiket kerete api ataupun tiket konser bisa langsung meluncur ke Tokopedia, situs jual beli online terpercaya. Contohnya, siapa yang suka Celine Dion? Nah buat yang suka, bisa langsung cus pesan tiketnya di Tokopedia. 





Continue reading Berburu Hiburan di Liburan yang Akan Datang