Wednesday, July 12, 2017

Kuliner Nikmat Laksa Tangerang



Terlahir di kota Tangerang menjadikan saya cukup lekat dengan kota ini. Meski saat ini saya tidak berdomisili di kota Tangerang, namun kerap kali saya berkunjung ke rumah sanak saudara dan menyempatkan untuk menikmati kuliner khas Tangerang yakni laksa. 

Apa sih yang unik dari laksa Tangerang? berhubung saya hanya sebagai penikmat, jadi yang saya rasakan saat memakan laksa Tangerang adalah adanya percampuran yang pas dari setiap bumbu. Kuah kuningnya saja sudah sangat menggoda, ditambah aroma dari laksa tersebut yang membuat saya menjadi ketagihan.

Rasa khas dari laksa Tangerang ini mungkin didapat dari kentalnya kuah yang diracik dengan parutan kelapa yang telah disangrai dan penambahan kacang hijau ke dalamnya. Mie putih yang menjadi bahan pokok pembuatan laksa Tangerang biasanya terbuat dari beras prak atau tepung beras.

Sumber foto: fawaidhamdi.blogspot.co.id

Bagi saya satu mangkok laksa Tangerang dirasa cukup mengganjal perut saya di kala lapar. Tentu saja saya merasa kenyang, karena selain dari porsinya yang lumayan banyak, laksa Tangerang dilengkapi dengan irisan daging, kentang dan telur rebus.

Harga yang ditawarkan dari kuliner khas ini pun sangat ramah di kantong, waktu itu saya beli dengan harga Rp. 8000 saja. Kalau seumpama naik pun pastinya tak akan jauh-jauh dari kisaran segitu. Murah meriah bukan?

Di mana sih tempatnya? Saya biasa beli di daerah yang ke arah Tangerang City Mall. Tepatnya di jalan Muhammad Yamin, Kelurahan Babakan. Jangan kaget, bila malam hari atau malam minggu tempat ini sangat ramai. 

Sumber Foto: Gerry Izzu


Bila kalian singgah di kota Tangerang, jangan sampai lupa untuk menikmati kuliner khas kota Tangerang. Sekali nyobain laksa Tangerang, dijamin kalian akan ditagih kembali berkunjung ke kota ini untuk sekedar menyantap laksa Tangerang.

46 comments:

  1. Dimakan pake nasi kyknya enak juga tuh mba... 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang enak Mas, banyak kuahnya gitu makin maknyus hehe

      Delete
  2. wuiih .... Tampilannya menantang untuk dicicipi say
    Boleh deh kapan-kapan Maya merasakan laksa Tanggerang
    Palembang juga ada kuliner jenis serupa namanya lokso mungkin beda tipis ya hehe ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dicicipi Mba May kalo mampir ke Tangerang, biar gak penasaran hehe..

      Oh, berarti mirip2 lah kuliner Indonesia ini. Aku harus nyoba juga nih kembaranrannya si laksa, lakso khas Palembang πŸ˜‹

      Delete
  3. Belum pernah nyicip laksa. Di kawasan kuliner itu semuanya menjual laksa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, kalo minumannya yang maknyus di situ es cendol durian. Mba harus coba πŸ‘Œ

      Delete
  4. wah, ternyata tangerang punya laksa yaa. agak ambigu pas baca, ternyata nama tempatnya juga sama :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak ternyata kita pernah nulis antologi bareng ya, yang sekeping warna cinta :)

      Delete
    2. Punya Mba, mungkin selama ini yang sering didengar itu laksa Betawi dan Bogor. Harus nyoba laksa Tangerang juga Mba Vani hehe..

      Waah ternyata kita satu buku, dunia itu sempit ya Mba 😊

      Delete
  5. aigoo.. enak nya laksa.. 😍
    tapi beda sama laksa Banjarmasin, disini laksanya bentuk mie nya buat bulat trus disiram kuah santan.. aaa jadi laper lagi 😫

    btw, kalau ga keberatan, follow balik blog saya ya mba.. 😊 salam kenall..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jin-jja? wah berarti kota kita punya selere makanan khas yang mirip ya? jadi penasaran sama rasa laksa Banjarmasin hehe..

      Syudah ku follow balik Mba Blognya, salam kenal jugaa..

      Delete
  6. Mirip-mirip masakan melayu disebutnya Lakse, tapi mienya beda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, ternyata laksa banyak miripnya sama masakan khas banyak daerah

      Delete
  7. mantap jadi lapar ni trmksih infonya ya sukses selalu.
    mmpir mbk di tempat aq hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih jg udah mampir. Sipp, udah mampir jg Mas hehe

      Delete
  8. Harga laksa tengerang ini murah sekali. Terasa kurang percaya. sesekali bolehlah saya diajak, biar tahu seperti apa rasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu saya Beli 8rb, tp gak tau deh kalo sekarang hehe..

      Harus coba Mas, Biar gak penasaran..

      Delete
    2. Disini soto saja sudah berkisar 12 ribu. Bolehlah kalau didelevery :)

      Delete
    3. Di sininya Mas itu dimana?

      Boleh, coba delevry pake gofood, mau kagak om ojeknya:-D

      Delete
  9. laksa itu mi rebus varian rasa kah ? nikmat juga kelihatannya. sayang disini gakada! kalau di jayapura, papeda bungkus, ubi sayur ikan, ulat sagu bakar, nah itu makanan khas Papua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan Akak, laksa itu panganan yg dibuat sendiri, mienya jg dibuat sendiri yang kemudian disiram kuah kuning.

      Wah, papeda.. aku sering dengar dr sahabatku, dia tinggal di manokwari, katanya enak banget papeda dicampur kuah kuning.

      Nah ulat sagu Bakar kayaknya unik tuh hehe..

      Delete
    2. oh..begitu yah. Maklumlah,belum pernah coba, itu masalahnya.

      Manokwari ? Hehe.. ya itu makan khas orang sini, ulat sagu papeda kuah kuning. Buat yang sudah cocok di lidah pasti ketagihan.

      Delete
    3. Kalo untuk papeda mungkin org awam kaya saya masih bisa cepet cock, tp Kalo ulat sagu kayanya kudu dilatih Mba hehe

      Delete
  10. Harganaya murah juga tuh mbak, bolehlah dicoba
    kalau laksa pedas ada gak yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Bimo, terjangkau tp gak mengecewakan rasanya.

      Ada Mas, bisa minta sambel lebih sama mamang laksanya hehe

      Delete
  11. belum pernah cobain wow murah meriah y mba pengen ih 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Herva, murah meriah. Harus coba kalo Mba mampir ke Tangerang 😁

      Delete
  12. Baru tahu kalau ada kawasan kuliner ini :D
    Lain kali ke Tangerang mampir ah ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Mba, sekarang tempatnya makin ditata. Silahkan mampir dan icip2 rasanya 😁

      Delete
  13. Sederetan itu penjual laksa semua? Tempatnya kelihatan asri. Saya penasaran dengan rasa laksa. Harganya juga murmer :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuup, tepaat bgt Mba Myra, tinggal pilih deh mau makan di mana hehe

      Menurutku juga tempatnya cukup nyaman, semoga makin baik perawatan tempatnya.
      Hayuk Mba, mampir buat icip-icip 😁

      Delete
  14. makan siang dulu biar kenyang hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makan siang pake laksa lebih kenyang hehe

      Delete
  15. Aih, kayaknya enak bgt. Belum pernah makan laksa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak memang Mba, harus coba kalo mampir ke Tangerang hehe

      Delete
  16. jadi pengen nyobain kaynya enak banget...

    salam kenal ya ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang enak Mba, harus coba

      Salam kenal juga..

      Delete
  17. weww ternyata Tangerang punya menu andalan Laksa spt Aceh juga ya :) kalau dari Bandara Soeta jauh gak ya mbak, jadi pingin cobain Laksa ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh di ache pun ada ya laksa, Indonesia emang juara deh kalo soal kuliner.

      Lumayan jauh Mba, tapi kalo emang niatnya sekalian kuliner sih boleh tuh Mba dicoba hehe

      Delete
  18. E aku tau ni tempatnya, secara anak tangerang jg akunya
    Takpikir tadi laksa yg toge goreng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ketemu sekampung akhirnya hihi..
      Anak Tangerang blm hits kalo blm nyobain laksa Mba. Bukaan Mba wkwk

      Delete
  19. Baru tau aku ada laksa tangerang kayak gini berderet jualannya hihihihi... unik ya kalau lihat dari fotonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi Iya Mba, berderet dan Kita tinggal pilih mau duduk dimana.. tempatnya pun cukup nyaman untuk ukuran makan di pinggir jalan hehe..

      Delete

Silahkan tinggalkan jejak, Teman. Gunakan bahasa yang baik agar silahturahmi dan diskusi kita menyenangkan. Saya pun akan berkunjung balik ke Blog kalian. Tolong untuk tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima Kasih :-)