Sunday, July 23, 2017

Tips Mudah Membuka Tutup Botol Selai atau Sambal



Adakah yang pernah mengalami kesulitan dalam membuka tutup botol kaca pada selai atau sambal? kenapa saya bilang sulit? karena membukanya tak cukup dengan cara diputar. Mungkin pabrik memberikan segel lebih pada tutup almunium/logam selai atau sambal tersebut.


Dalam postingan ini saya akan berbagi tips mengatasi tutup botol 'jar' yang sulit dibuka, 

1. Air panas

Dengan menggunakan air panas kita dapat menyimpulkan bahwa siapa tahu ada penggumpalan gula pada kemasan selai di bagian tutupnya sehingga menimbulkan lengket dan sulit dibuka. Air panas tersebut gunanya untuk mencairkan atau melelehkan larutan gula, selain itu bisa juga untuk memuaikan atau merenggangkan tutup jar sehingga botol mudah dibuka.

2. Dengan karet gelang atau sarung tangan karet

Bahan karet dapat memudahkan kita dalam membuka tutup botol. Dengan bahan karet tersebut membuat tangan kita tidak licin untuk memutar tutup jar.

3. Mengetok tutup botol

Pada beberapa kemasan makanan jar, bisa kita jumpai cara membuka tutup botol dengan mudah yakni dengan cara mengetok tutup botol tersebut sebelum diputar. Cara ini bisa kalian coba di rumah.

4. Melubangi tutup botol dengan pisau

Mungkin untuk cara yang satu ini adalah pilihan terakhir ketika semua cara telah dicoba dan masih belum bisa terbuka. Namun repotnya adalah tutup botol menjadi bolong dan menyulitkan dalam proses penyimpanannya.

5. Menggunakan sendok

Sendok adalah alat yang paling mudah kita temukan di dapur. Jika tiba-tiba kalian kesulitan membuka jar, cobalah mencongkel bagian bawah dari tutup tersebut, itu lho bagian sempit yang menjepit botol jar. Cara ini menurut saya paling ampuh, karena baru-baru ini saya mencoba mempraktekannya di rumah. 


Selamat mencoba! :-)


60 comments:

  1. Aku pernah kesulitan gara-gara tanganya berminyak.
    solusinya ya aku cuci tangan barengan sama botol sambelnya.
    alhasil tutupnya kebuka dan air dari keran masuk ke botol sambel.
    hehehe sial sekali hidupku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, itu solusi yang sangat baik Rul, jadi langsung kelar dah semuanya. Tangan bersih, sambelpun berkuah 😂

      Delete
    2. Wah-wah gimana itu. Lain waktu minta bantuan saya saja.

      Delete
    3. Naaah tuh, Irul minta bantuan Kang Djangkaru aja 😁

      Delete
    4. Wkwkk.. dimodusin? Seru tuh liat kalian modus2an

      Delete
  2. Aku biasanya paling jitu buka tutup kaleng selai tuh pakai karet gelang aja. Belum pernah sih coba direndam di wadah isi air panas. Nantilah aku cobain tips mbak. Makasih ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah belum coba Mba pake karet gelang. Kalo direndam air panas hati-hati, jangan sampe isinya ikutan kerendem ya Mba hehehe...

      Makasih kembali Mba hehe...

      Delete
  3. Waah iya bgt ni mb, aku ampe gemes pas pengen nyobain selai baru tapi ga kebuka2 tutupnya gegegek
    Biasanya pake sendok tapi lumayan effort juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keburu kenyang duluan yak Mba hahaha..
      Iya sih, tp apapun caranya bakal tetap dilakukan demi sejumput selain 😂

      Delete
  4. selama ada pria, ga usah pusing buka tutup botol. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga sih Mba hehehe
      Mungkin ini tips untuk keadaan darurat tanpa Pria 😁

      Delete
    2. Tapi setidaknya, perempuan juga harus bisa, kan bisa dicontohkan sama anaknya kelas..hihi

      Delete
  5. eladala, ternyata buka tutup botol selai dan tutup botol yang sejenis itu seperti itu cara bukanya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, soalnya kadang susah dibuka dgn cara biasa

      Delete
    2. kalau susah lagi, coba sinih bawa ke mamang, biar tak bukain pake sendok

      Delete
  6. Ternyata pake air panas bisa ya, suka PR banget neh kalau buka botol selai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya Mba, bisa.. bener banget, Kemarin pun jd PR banget buatku Buka tutup sambal

      Delete
  7. Saya belum pernah mengalami serumit itu. Tinggal putar beres, mungkin karena saya termasuk lelaki yang ototnya ok punya atau macho.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe kalo seperti ini nyambung sama komen Mba Vanisa, selama masih ada Mas2 soal Buka tutup jar pasti mudah dengan otot. 😃

      Delete
  8. biasanya sih ada gumpalan gitu, jadi sulit dibuka ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, gumpalan gula yang bikin tutup botol susah dibuka

      Delete
  9. nah, bisa juga pake sendok ya.. baru tau 😂

    ReplyDelete
  10. Pernah mba hihi..pertama coba pakai lakban, dilakban kuat trus ditarik ke arah buka, tapi belum sukses. .kedua mirip sama cara mba yang no 1, cuma aq langsung deketin tutupnya ke api, ahirnya kebuka juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah aku jg pernah pake Laban tapi kagak mempan, yg ada lakbannya yg lepas, kan PHP hihi..

      Kayaknya emang butuh yg panas2 tuh tutup br kebuka Mba 😁

      Delete
  11. Selama ini belum masalah buka tutup beginian... wkwkwkkwkwwkkw land

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat, Anda sedang beruntung wkwkwk xD

      Delete
  12. Nah ini menjawab teka-teki aku selama ini yang ga bisa buka tutup botol macam ini dan mesti sama suamiku hahaha makasi tipsnya mba akhirnya terjawablah sudah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terjawab setelah kesulitan sendiri dan bisa Mati gaya kalo makan gak pake sambel sih Mba tepatnya wkwk..

      Makasih kembali :D

      Delete
  13. jarang pegang botol selai dan sambal apalagi nyoba ngelepas tutupnya XD tapi tisnya bermanfaat...

    btw kunjungan perdana nih salam kenal ya jhahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau jarang berarti pernah ya Mas? Semoga bermanfaat suatu saat nanti hehe..

      Salam kenal juga hehe

      Delete
  14. Butuh perjuangan sekali yah kalo sudah begini, hehehe, ternyata banyak cara membuka tutup botol, Nice Sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih Mas hehe...
      Tentu, masih banyak jalan menuju Roma

      Delete
  15. Kalau saya sih saya keringkan tangan dari keringat ataupun dari apa aja, atau kalau nggak ya minta bantuan suami mbak. Xixix

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu good job Mba, serahkan pada pak suami. Mungkin tips di atas buat jaga2 kalo gak ada laki2 di rumah, khususnya jomblo. #hiks wkwk..

      Delete
  16. nah lho dari semua tips di atas, gak ada satu pun yang saya pernah coba meski sering kesulitan buka botol, terutama botol baru. Biasanya saya main praktis aja minta tolong kaum cowok di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. iya Mba, emang paling mudah dan praktiss serahkan ke anak laki2 😁

      Delete
  17. Buka tutupan selai iya terkadang susah juga. Untuk ide yang nomer 1 kayaknya yang lebih mudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih Mba, paling mudah yg nomor satu, tapi Kemarin aku gak berhasil. Baru kebuka pas dicongkel pake sendok 😃

      Delete
  18. Wah.. kalau saya pernah punya masalahnya di saos yang botolan 🤔

    Bukan ga bisa bukanya..
    Saosnya ga keluar keluar euy pas di tumpahin.. ahahaha

    Kudu disedot bukan minuman botolan kan ya...
    Akhirnya gak jadi pakai saos 😂

    ReplyDelete
  19. Kemarin banget tuh saya galau karena saus sambal saya gabisa dibuka.. uda pake kaos lah.. di gigit sama gigi gabisa buka2.. akhirnya pake sendok mempan juga.. thanks informasinya sayyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh ngilu juga Mba say kalo digigit pake Gigi mah hehe.. sama2 Mba

      Delete
  20. Hehe ....
    Cara kedua dengan menggunakan karet gelang sarung tangan karet sering dipakai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah cari itu yang paling ampuh ya buat Mba, kalo saya pake sendok itulah hehe...

      Delete
  21. Mbak ini pemilik blog maringenet itu yach....?

    saya sering mengalami probelm diatas Mbak...tapi munggunakan sendok,,apalagi jika kita ingin membuka toples plastik yang susah dibuka, maka sendok adalah benda PUSAKA yang selalu saya gunakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan Kang hehe..

      hehe iya Kang, saya juga kemarin bisanya pakai sendok, mudah banget

      Delete
  22. Saya seringnya pake sendok. Kalau segala usaha telah dicoba, kadang pengin ngunyah botolnya XD wehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muhehehe.. nguyah botol itulah yang paling praktis ya Mba XD

      Delete
  23. Terima kasih tipsnya mbak, bisa dipraktekkan nih. Kadang memang sulit untuk membuka kemasan botol kaca ya, biasanya sih saya minta tolong suami. Tapi kalau pas suami lagi nggak ada di rumah tips ini bisa diprakkan deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba. Iya nih Mba, tulisan inu ada juga karena pernah ngerasaain susahnya Buka tutup sambel. Bener Mba, bisa dipakai saat Kita sedang sendiri

      Delete
  24. saya suka pake cara yang nomor 4. Beresa..

    ReplyDelete
  25. Kreatif banget. Aku gak percaya barang Murah didapat tapi bisa buka botol. Yuk coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terkadang, kreatif itu akan muncul ketika kita kepepet Mpo. Coba deh, seperti tongkat ajaib tuh sendok hehe

      Delete
  26. Biasanya saya pakai nomor 1 dan 2. Belum coba cara lainnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, yang terpenting terbuka tutupnya Mba hehe...

      Delete

Silahkan tinggalkan jejak, Teman. Gunakan bahasa yang baik agar silahturahmi dan diskusi kita menyenangkan. Saya pun akan berkunjung balik ke Blog kalian. Tolong untuk tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima Kasih :-)