Tuesday, September 5, 2017

, , , ,

Buhe, Surga Tersembunyi di Provinsi Lampung




Ada yang bilang yang namanya surga dunia itu berupa berlimpahnya harta dan kekuasaan. Namun tak sedikit pula yang bilang bahwa surga dunia adalah kebebasan diri dalam mensyukuri setiap nikmat sehat yang Allah berikan. Contoh sederhana dan nyata adalah nikmat melihat. Alhamdulillah, dengan kedua mata yang masih Allah percayakan kepada saya, sampai detik ini saya masih bisa melihat suguhan alam-Nya yang sangat indah. Menyusuri setiap surga tersembunyi yang ada di belahan bumi Indonesia, tak terkecuali yang ada di Provinsi Lampung.

Provinsi Lampung yang merupakan bagian penting dari pulau Sumatera ini memiliki banyak tempat wisata alam atau surga tersembunyi yang patut kita jaga dan lestarikan. Seperti surga tersembunyi Air Terjun Way Lalaan di Tanggamus, Bawang Bakung di Lampung Barat, Bukit Pangonan di Pringsewu, Munca Teropong Laut di Pesawaran, Puncak Mas di Kemiling, Bukit Hejo di Kemiling dan masih banyak lagi.

Beberapa tempat wisata yang ada di Provinsi Lampung


Dalam postingan kali ini saya akan menceritakan bagaimana indahnya salah satu dari sekian banyak surga tersembunyi yang ada di Lampung yang tepatnya berada di Kedaung, Kemiling Bandarlampung. Untuk kalian yang berada di luar Provinsi Lampung yang ingin bermain manja dengan alamnya Lampung bisa langsung pesan tiket perjalanan di tiket.com, terserah mau beli tiket kereta api atau pesawat terbang, semua lengkap tersedia di situs ini. Asal jangan pesan tiket masuk surga saja, kalaupun ada saya sudah borong duluan tiket tersebut, hehe.

Tiket.com adalah website pembelian tiket pesawat, kereta api, sewa mobil sampai pada penginapan

Selesai acara pesan memesan tiket langsung saja pantengin terus review saya tentang salah satu surga tersembunyi yang diberi nama Buhe atau Bukit Hejo. Ada yang tahu artinya Bukit Hejo? Yups, hejo diambil dari bahasa sunda yang artinya Hijau. Kok pakai bahasa sunda? Kebetulan pemilik bukit ini orang sunda dan sudah belasan tahun merantau ke Provinsi Lampung.

Kenapa saya tertarik sekali membahas tentang Buhe? Karena, alasan nyatanya tempat ini bisa dibilang masih sangat alami. Mulai dari udara sampai dengan pemandangan alamnya. Belum resmi dibuka untuk tempat wisata, namun Alhamdulillahnya saya sudah bisa melihat cuplikan surga tersembunyi di daerah saya.

Salah satu sudut Buhe


Ada apa saja sih di sana? Kalau untuk sekarang saya baru bisa duduk, diem dan menikmati alamnya Bukit Hejo. Sesekali selfie buat mengabadikan momen asri Bukit Hejo. Kedepannya menurut sang pemilik Buhe atau Bukit Hejo, tempat ini akan dibuat semacam resto, namun resto dengan konsep sederhana. Kan asik tuh sambil makan, mata dan pikiran yang lelah dimanjakan dengan hijaunya salah satu surga tersembunyi yang ada di Lampung.

hamparan permadani yang siap menyambut kedatangan kita


Dari Bukit Hejo selain dapat melihat hijaunya hutan, kita pun secara otomatis disuguhkan pemandangan laut. Kalau kalian lihat aslinya, seperti layar bioskop yang luas namun pemandangan ini nyata dan secara langsung Tuhan hidangkan untuk hambanya. Sesekali mendengar suara kapal laut, suara kicauan burung alami, serta semilir sejuk angin khas perbukitan. Bisa-bisa kalian mengantuk karena diterpa sejuknya angin dan situasi alam yang tenang.

langit yang berwarna biru cerah, berpadu dengan birunya langit dan hijaunya tanaman yang ada di Buhe

Untuk kalian yang hobi fotografi, tempat ini sangat cocok untuk dibidik dengan kamera canggih yang kalian punya. Pasti hasil tangkapan kameranya lebih tajam dan sempurna dibandingkan dengan cara saya menggambil gambar, maklum hanya menggunakan kamera hp. Tapi, saya tetap bersyukur dengan apa yang saya miliki. Hehe.

Pemandangan hijau selalu tersaji bila kalian berkunjung ke Buhe


Lokasi Buhe ini merupakan tempat berkumpulnya beberapa bukit. Setiap bukit yang ada di sekitar Bukit Hejo ada yang menjadi hutan kotanya Bandarlampung. Jadi menurut cerita yang saya dengar, wilayah tersebut tak boleh ditebangi pepohonannya, apalagi sampai dibuat bangunan. Alhamdulillah! Kalau begitu kita bisa menikmati hijaunya pemandangan terus setiap waktu. Yah, semoga.

Waktu itu, kami rombongan butuh piknik mampir sebentar ke Buhe setelah jam pulang kerja. Meski waktu sudah masuk sore hari, tapi kebetulan cahaya matahari masih sangat semangat menyinari bumi lampung saat itu. Mba-Mba saya yang cantik ini pun sangat antusias untuk naik ke salah satu rumah pohon di Buhe. Meski rumah pohon ini dibuat masih dengan sederhana, nyatanya tak menyurutkan tekad mereka untuk menaikinya. Saya salah menduga, mereka ternyata lebih gesit urusan panjat memanjat pohon, hehe. Cekrak-cekrik mereka bergantian difoto, senangnya.

Oh ya nantinya, jika Buhe ini sempurna dibuka biaya masuk ke surga tersembunyi ini berkisar sepuluh sampai lima belas ribu rupiah. Gimana? Gak menguras kantong kan? Nah setelah kalian masuk, terserah deh mau pesan makan atau sekedar selfie. Tapi saya rasa kalian tak akan cukup untuk sekedar melihat pemandangan saja di tempat ini. Karena tempat yang indah mempengaruhi tingkat lapar pada perut manusia, setidaknya itu hasil analisis saya selama berada di Bukit Hejo.

Di tempat ini kalian bisa bisa dengan santai bercakap-cakap dengan sahabat dan keluarga, tentunya sambil diiringi dengan kicauan burung dan bunyi serangga khas hutan. indah dan damai deh pokoknya!

Difoto dari sudut manapun mereka tetap terlihat cantik, di tambah lagi dengan indahnya pemandangan.

Beberapa orang selain kami pun sudah merasakan indahnya alam di Bukit Hejo ini. Mereka tentunya sudah meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik Bukit Hejo untuk masuk ke tempat indah ini. Tapi, peraturan tetap disamakan ketika nantinya Bukit Hejo ini dibuka. Artinya tidak betindak semaunya yang nantinya dapat mengakibatkan surga tersembunyi ini menjadi rusak.

Entah apa yang lagi mereka bicarakan, kayaknya bahagia banget! :D

Mau berdua, bertiga dan berapapun tempat ini tetap sama indahnya

Di setiap waktunya, Bukit Hejo selalu menawarkan panorama alam yang berbeda-beda. Seperti saat pagi hari, ketika matahari mulai terbit pun wajah langit sangat indah. Garis-garis cahaya berwarna orange terlukis rapih di ujung mata memandang. Sampai nantinya matahari muncul perlahan-lahan, indahnya pemandangan Bukit Hejo tak hilang sedikit pun.

Matahari mulai muncul dengan menyuguhkan guratan orange di langit pagi

Langit pagi yang saya lihat di Buhe, selalu saja ada kejutan indah di setiap pergantian waktu

Suasana subuh di Bukit Hejo, warna langit yang cantik dipadu dengan kelap-kelip lampu di arah laut

Lain lagi dengan aura senjanya yang menawan, lalu tak lama kemudian warna merah di langit pudar berganti dengan gelapnya malam.


Senja dengan sedikit mendung di Bukit Hejo


Suasana malam di Bukit Hejo tak kalah indahnya. Kelap-kelip lampu kapal dan perumahan penduduk, menemani tenangnya malam. Yups! Harus banyak bersyukur karena di tengah hiruk pikuk kota Bandarlampung, masih Allah selipkan keindahan surga tersembunyi  di wilayah saya.

Malam Hari di Bukit Hejo

Terang Bulan menambah nyamannya malam di Buhe


Ketika hujan tiba, ada bonus alam lagi yang saya dapatkan di Bukit Hejo ini. Kabut! Ya, saking dinginnya, Bukit Hejo di saat hujan memberikan bonus alam berupa kabut. Kurang lebih dinginnya seperti di Puncak Bogor.


Matahari mulai tertutup awan hujan

Saat hujan dan setelah hujan, Bukit Hejo dipenuhi kabut. Tak jarang juga pelangi mungcul di sela-sela kabut.
Gambaran secara umum mengenai tempat indah ini telah saya rangkum, selanjutnya akan saya berikan tips buat kalian yang nantinya mau berkunjung ke Bukit Hejo. Yuk disimak ulasannya di bawah ini;




Menentukan waktu berkunjung ke Buhe. Karena Buhe masuk ke wilayah perbukitan, buat kalian yang ingin wisata dengan udara panas yang tak terlalu menyengat, bisa datang saat pagi dan menjelang sore hari. Namun bila kalian pecinta fotograpi dan selfie, siang hari adalah waktu yang tepat untuk mengabadikan setiap momen karena cahaya matahari menjadi faktor utama untuk terang atau tidaknya sebuah foto. Well, ini pilihan.



Untuk sementara waktu, karena Buhe belum beroprasi dengan sempurna, ada baiknya kalian bawa makanan dan minuman sendiri dari rumah. Untuk alas kaki yang kalian pakai, bisa menggunakan sandal jepit saja atau jika ingin bergaya sedikit pakailah sepatu yang sesuai dengan medan di Bukit Hejo.




Bawa perlengkapan jalan-jalan seperlunya saja, kalian bisa gunakan pakaian santai untuk berkunjung ke Bukit Hejo. Tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis juga, lalu yang paling penting adalah pakaian yang sopan. Hehe.

Jangan lupa bawa persiapan perang kalian untuk hunting foto. Mulai dari kamera hp, action camera, tongsis, sampai kamera pro. Pastikan juga batrai segala kameranya terisi penuh, karena akan menjengkelkan jika dipertengahan jalan kamera-kamera kesayangan kalian habis daya. Oh ya, selalu perhatikan barang bawaan kalian.





Jika kalian ke tempat ini membawa bekal dengan kemasan sekali pakai, maka buanglah sampah kalian pada tempatnya. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan menjaga kebersihan lingkungan kita? Karena indahnya alam Indonesia adalah tanggung jawab kita semua.



Tidak diizinkan semena-mena memetik buah, bunga dan segala tanaman yang sengaja pemilik tanam. Atau yang lebih memprihatinkan lagi demi hasil selfie yang maksimal kita malah merusak tanaman-tanaman yang ada di Buhe. Jangan sampai kejadian mengerikan di sebuah taman wisata bunga terjadi lagi di tempat-tempat lain. Itu lho, yang tanaman bunganya hancur diinjak-injak pengunjung hanya demi selfie kece ala instagram. Kan sedih, hiks. Intinya kita sama-sama jaga aja deh segala tanaman yang dapat menambah kesan hijau di Bukit Hejo.



Tetap ingat salat lima waktu dimanapun dan kapanpun kita berwisata. Dengan beribadah berarti diri kita selalu bersyukur dengan apa yang telah Tuhan beri. Nikmat melihat alam yang indah, nikmat mendengar suara burung dan nikmat-nikmat lainnya yang tak akan mampu kita upayakan tanpa bantuan Tuhan. 


Sambil membayangkan indahnya Bukit Hejo, silahkan ditonton dulu video saya berikut ini tentang Buhe. Welcome to My Vlog!



Gimana? Sudah cukup puas kah membayangkan keindahan surga tersembunyi di Bandarlampung ini? Atau mungkin ada yang tertarik untuk segera ke tempat ini? Yuk langsung saja share komen kalian di kolom komentar. Oh ya satu lagi, selalu jaga alam indahnya Indonesia ya, supaya sepanjang hidup kita tidak dipenuhi dengan bisikan penyesalan karena telah merusak alam Indonesia.


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog @detiktravel dan @tiketcome

Lomba Blog

30 comments:

  1. Cakep dan Instagramable yaaa..
    Lampung sekarang makin hits. 💕

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aslinya lebih cakeep Mba 😍
      InsyaAllah Lampung pun bersaing dr segitu wisatanya.. terimakasih udh mampir Mba 😊

      Delete
    2. terlalu banyak gambar nih, sehingga loadingnya lama. Jadi tidak bisa melihat hijaunya Buhe.

      Delete
    3. Ooh gitu kah Kang? Soalnya ditempat saya loadingnya masih ditahap lancar. BTW, Makasih koreksinya, mungkin nanti dikurangi dikit fotonya hehe 😊

      Delete
  2. Indah nian, suatu saat pengen explore Lampung, tfs Mbaa salam kenal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneer, indah banget Mba. Didoakan Semoga segera bs explore Lampung ya.. salam kenal juga Mba Sandra 😊

      Delete
  3. fotonya bisa gerak gitu,pake app apaan mbak? dari fotonya keliatan adem banget di buhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari foto dibuat animasi dgn format mp4 pake plotagraph, abis itu di ubah jd format Gif Mas.

      Memang Adem banget tempatnya, hehe

      Delete
  4. alamat lengkapnya mana itu mba, boleh ini sekali kali ngopi disana hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alamat lengkap saya kurang paham, cuma yg saya tau lewat dari SMA 7 Balam, kedaung atas tepatnya

      Delete
  5. Buhe atau bukit hejo
    dari langkapura kemiling atas ya say ...
    Kayaknya aku tahu deh tempat ini, cuma belum sampai kesana
    Bagus banget tempatnya, seingatku daerah itu dekat dengan sumur putri eh apa ya? Lupa, ntar deh kalau sempat ke Balam ingin kunjungi tempatnya, tetanggaan dengan lembah hijau ya
    semoga sukses say ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan mba, tempatnya itu ke arah SLB, SMAN 7 ke atasnya lagi.. yuk main ke sini hehe 😊

      Delete
    2. Yaya aku ingat dari perumahan kehutanan wana asri ke atas
      udaranya di sana masih lumayan sejuk untuk katagori kota ya say ...

      Delete
    3. Iya Mba, cukup sejuk. Apalagi saat hujan dan setelahnya. Kabut beramai2 turun Mba say

      Delete
  6. Bener-benar, sangat cocok buat saya yang hoby photographer ,tepatnya seh tukang photo, kerena masih menggunakan hape jadul. Surga dunia adalah, banyak uang dan bebas jalan-jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, buat yang hobi foto asik banget dah Buhe ini. Iya bener tuh, tambah lagi banyak syukur dan sehat baru deh kerasa nikmat dunia

      Delete
  7. wow, pemandangannya ya Kak :0 Sangat menggoda. Salam dari Jember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah berkunjung Mba, aslinya lebih wow hehe. Salam dari Buhe, Bandarlampung Mba 😊

      Delete
  8. Makin kesini makin keren ya, Teh, gak cuma di Lampung aku rasa yang ada pemandangan seperti itu, tapi ini bisa di abadikan, di rawat degnan baik, supaya terus terjaga..

    Kalau ke tempat itu enaknya pagi hari ya, Teh, pasti masih sejuk pemandangannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memang bukan hanya di Lampung. Karena sesungguhnya Indonesia itu sangat hijau, cuma gimana caranya aja Kita olah alam biar tetap indah.

      Pagi hari dan menjelang sore Kang. Bisa jadi alternatif duduk2 santai nih buat yang bosan ke mall hehe

      Delete
    2. Iya lah, lagipula kalau ke Mall aja kalau ada perlu aja, kalau gak masa iya nongkrong...wkwk

      Betul, Indonesia memang kaya akan pemandangan yang luar biasa. Semoga kita semua bisa menjaganya..

      Delete
  9. Awalnya bertanya2 apa itu buhe, eh taunya bukit hejo. Cukup menarik.

    ReplyDelete
  10. Wah, baru tahu tentang BUhe. Menambah daftar tujuan wisata di lampung nih.
    Biasanya pantai yang terekspos ini lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ke Lampung main Mba ke sini hehe.. iya, selalu pantai. Tapi imbang sih, Lampung tuh kaya pantai dan bukitnya

      Delete
  11. Bumi Lampung emang memesona...
    Timelapsenya juga keren sekali... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih Kah, semoga semakin memesona dan terjaga. Aamiin.

      Makasih udh mampir..

      Delete
  12. keren fotonya bisa bergerak2 mba 👍 aku pas Ke Lampung ga tau klo Lampung punya Buhe yg kece ini mantaappp 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang banget itu Mba buatnya hehe.. kali main ke Lampung jangan lupa mampir ke Buhe Mba 😁

      Delete

Silahkan tinggalkan jejak, Teman. Gunakan bahasa yang baik agar silahturahmi dan diskusi kita menyenangkan. Saya pun akan berkunjung balik ke Blog kalian. Tolong untuk tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima Kasih :-)