Tuesday, December 12, 2017

, ,

Hidup Sehat Gapai Resolusi 2018 dengan Semangat


Mewujudkan resolusi 2018, menjadikan hidup kita selangkah atau bahkan beberapa langkah bergerak ke depan. Entah itu pergerakan umur yang menandakan kedewasaan ataupun pencapaian atas cita-cita. Sebenarnya setiap tahun adalah realisasi dari tahun-tahun sebelumnya, sama halnya dengan resolusi 2018, hanya saja beberapa daftar harapan ditambah pada catatan resolusi kita di tahun ini. Tujuannya apa? Kalau bagiku resolusi tersebut adalah bagian penting dalam peningkatan kualitas diri. 

Beberapa tahun yang lalu resolusiku adalah bisa menerbitkan buku solo yang terdistribusi ke seluruh toko buku di Indonesia. Persis setahun yang lalu resolusiku bertambah yakni dapat merasakan rejeki dari ngeblog, baik berupa materi ataupun traveling gratis. Alhamdulillah mimpi-mimpi perbaikan itu sedikit demi sedikit terlaksana. Memang masih teramat jauh prestasiku dibanding dengan Blogger lain, itulah sebabnya sebuah resolusi sangat bermanfaat bagi pencapaianku di masa depan.

Novel-novelku yang terbit

Awal Maret kemarin aku diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk liburan gratis ke Pulau Derawan bersama teman-teman Blogger, saat itu juga banyak hal yang kurenungi. Membayangkan diri sendiri yang akhirnya bisa melesat dari Lampung ke Kalimantan Timur, rasanya tak akan mungkin berjalan dengan mulus tanpa campur tangan Tuhan, orang-orang baik dan sebuah mimpi terencana.

Gapura selamat datang yang seolah menyambut kedatangan kami di Derawan Island

Perjalanan menuju Derawan pun melalui berbagi medan. Mulai dari darat, udara sampai pada terombang ambing di atas perahu. Saat berada di atas, lamunanku dimulai dengan melihat pemandangan daratan yang terlihat sangat kecil. Aku sadar bahwa daratan saja sangat kecil, bagaimana dengan manusia? Jatuh dari atas langit pun seperti debu yang berserakan. Tetapi diri ini sering kali sombong akan nikmat Tuhan. Kemudian ketika tubuh kami berada di perairan, terombang ambing dan terkadang beradu dengan batu karang, aku kembali merenung bahwa diri ini tak ada apa-apanya dibandingkan luas dan dalamnya lautan. Rasa senang dan haru pun menyatu di setiap perjalanan yang kami lalui saat itu. Benar-benar pengalaman manis di tahun 2017 ini.

Terombang-ambing di atas lautan membuatku merenungi banyak hal

Tak terasa sudah berada di penghujung tahun saja, itu artinya aku kembali membuat beberapa resolusi yang InsyaAllah tercapai di tahun 2018. Berikut kutulis gambaran resolusiku di tahun depan;

1.    Menjadi Pegawai tetap di instansi pemerintahan

Entah itu lulus tes CPNS atau BUMN. Bukan tanpa alasan mimpi ini ingin kuwujudkan, secara tak langsung aku menyimpulkan ada beberapa hal istimewa yang tak dapat dilakukan pegawai atau pekerja lainnya kecuali bekerja di pemerintahan. Misalnya membantu mempercepat proses penyelesaian E-KTP, berperan sebagai Duta BPJS dengan membantu menego rumah sakit yang terkadang menyulitkan pasien, atau belajar ilmu yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah yang nantinya dapat disosialisakan dengan baik ke masyarakat. Beberapa kali bekerja di lingkungan instansi pemerintahan meski sebagai pegawai tidak tetap, membuatku tertarik untuk menjadi pegawai tetap PNS atau BUMN.

Pernah mendengar ceramah seorang Ustad, beliau berkata “Selama kita punya jabatan atau kuasa, maka gunakan jabatan atau kekuasaan tersebut untuk menolong agama Allah serta membantu sesama.”

2.    Berjodoh dengan yang Soleh

Nah lho, biasanya agak baper nih kalo sudah bahas tentang menikah. Tenang, semua yang jomblo akan menikah bila tiba waktunya (ngomong sama diri sendiri). Resolusi tentang jodoh adalah terus memperbaiki diri, biar Allah mudah pasangin kita sama pilihan terbaik menurut-Nya. Sering dengar bahwa jodoh kita adalah cerminan diri, berarti kalau mau lihat siapa jodoh kita maka lihatlah sifat dan sikap yang tampak di dalam diri.

3.    Punya bisnis atau usaha dengan konsep kuliner alam

Resolusi besar lain yang ingin kucapai adalah jadi pengusaha. Haha! mungkin terdengar serakah atau kepedean. Jadi Pegawai Negeri mau dan Pengusaha pun tak menolak. Sudah lama ide ini tersimpan di otak, tinggal tekad dan biaya saja yang harus dilebihkan pintanya pada Allah SWT. Membangun usaha kuliner yang bernuansa alam, karena kebetulan aku lebih senang main di alam ketimbang nongkrong di mall.

Sambil menikmati makanan, nantinya para pengunjung bisa sambil menenangkan pikiran dengan memandang indahnya bumi Allah SWT. Meski fasilitas masih sederhana, setidaknya aku ingin mencoba memulainya. Bukankah semua yang besar dimulai dari hal-hal kecil? Dan yang terpenting tempat wisata kuliner ini nantinya ramah segala umur. Maksudnya tetap mementingkan kualitas dari segi makanan halal, konsep resto yang tenang, bisa jadi tempat foto yang menyatukan banyak keluarga dan konsep baik lainnya.

4.    Makin sering sedekah

Seperti ada yang kurang gitu rasanya kalau hanya mencari harta sebanyak-banyaknya di dunia, terus lupa deh buat menyerahkan sebagian hak orang lain atas rizki yang kita peroleh. Makanya doa serta harapanku selalu minta kaya supaya bisa lebih banyak memberi atau menolong orang lain dari segi materi. Serius, kalau punya lebih mah banyakin aja kasih sedekah, jangan dihitung hutang apalagi sama orang yang benar-benar kesulitan. InsyaAllah kalau kita yakin dengan perhitungan rizki Allah, kita gak akan pernah rugi dengan cara banyak sedekah.

5.    Kembali menulis dan menerbitkan buku solo

Tetiba mata kembali berair ketika ada inbox dari para pembaca kedua novelku yang berjudul Sebuah Penantian dan Rahasia Hati. Terharu saja setiap kali mereka menyemangati dan menunggu novel-novel terbaruku. Tak bisa dipungkiri, kadang mood menulis novel hilang timbul. Oleh sebab itu di list resolusi 2018 kutuliskan semangat untuk menerbitkan novel lagi.

6.    Lebih sering dan rutin posting di blog

Namanya seorang blogger, ya seharusnya lebih sering menengok dan mengisi blog pribadi miliknya. Menulis apapun selama itu baik, syukur-syukur bisa bermanfaat buat banyak orang. Berharap kedepannya lebih rajin lagi menulis di blog, karena kelamaan libur bisa berakibat fatal yakni keterusan malas. Hehe.

Harus selalu ditanamkan dalam diri bahwa jasad manusia akan hilang terkubur tanah, kecuali nama yang terkenang dari baiknya karya. “Menulislah hal baik! Maka abadi namamu.”

7.    Lebih banyak mengunjungi belahan bumi Allah SWT

Menurutku, menikmati alam-Nya yang indah ini sangatlah penting. Supaya apa? Supaya hati kita dilembutkan dan dijauhkan dari perkara sombong, kurang bersyukur atau sifat buruk manusia yang mengakibatkan murka Allah SWT.

Bisa traveling bareng pasangan halal pun masuk ke dalam daftar resolusiku di tahun 2018. Baik itu jalan-jalan di dalam negeri ataupun ke luar negeri seperti umroh. Oh ya satu lagi sesungguhnya aku pengen banget lihat salju, hihi. Eh bukan cuma buat aku deh doa bisa traveling bareng yang halal, semoga kita semua yang jomblo disegerakan menyempurnakan separuh agama. Aamiin.

Aku sadar, semua resolusiku tersebut bukanlah hal yang mudah digapai. Namun, bukan berarti harapan-harapan baik tersebut tak dapat terlaksana. Ada usaha, maka ada jalan yang akan Tuhan selipkan dari setiap kesukaran dalam mencapainya. Selain tekad yang kuat, kondisi tubuh kita harus selalu sehat. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan seperti olah raga, makan makanan sehat, menjaga pola tidur yang baik, serta mengkonsumsi multivitamin sekaligus mineral seperti yang terkandung dalam Theragran-M.

Menjaga kebugaran tubuh dengan melakukan olah raga apapun. Bisa olah raga ringan maupun berat.

Seperti yang kita tahu, akhir-akhir ini cuaca di Indonesia tidaklah menentu. Situasi seperti ini dapat menyebabkan daya tahan tubuh kita menurun. Kalau sudah begitu maka penyakit apapun dengan leluasa datang menghampiri. Pernah suatu hari sehabis ngebolang dari Lembang aku terserang flu berat disertai batuk berdahak. Perginya hepi dan tegar, pulangnya malah tepar. Mungkin terkesan sakit biasa, tapi percaya deh kalau yang namanya flu berat rasanya benar-benar bikin badmood.

Waktu itu aku tetap berobat, namun seorang teman menyarankanku untuk membeli Theragran-M, Vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan. Alhamdulillah, sakitnya berangsur membaik dan aku bisa melakukan banyak hal lagi. Ingat ya! kalau sakit jangan lama-lama. Oh ya, Theragran-M pun terus kukonsumsi sebagai vitamin untuk mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit.


Theregran-M  selalu menemani aktifitas menulis dan travellingku

Tak kenal maka tak sayang, ada baiknya kita kenalan dulu dengan Theragran-M. Multivitamin ini bisa kita dapatkan dengan mudah di apotek terdekat. Harga yang ditawarkan pun bermacan-macam, satu lempeng yang berisi empat tablet dihargai sekitar Rp. 15.000 sampai Rp. 21.000 di kotaku. Untuk kalian yang agak susah menelan obat atau vitamin yang rasanya pahit, tenang saja karena tablet Theragran-M ini rasanya kaya ada manis-manisnya gitu.


Tablet Theregran rasanya agak manis.

Apa saja sih vitamin dan mineral yang terkandung di dalam Theragran-M? kalau kita amati di belakang kemasan, maka akan kita jumpai bahwa Theragran-a mengandung:


  1. Magnesium yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang terhadap serangan penyakit.
  2. Zinc berperan penting dalam proses penyembuhan luka serta regulasi sel tubuh dan sistem saraf.
  3. Vitamin A bertugas sebagai penjaga fungsi penglihatan, perkembangan sel dan organ tubuh, memelihara sistem reproduksi dan menjaga daya tahan tubuh. Cocok banget nih buat aku yang suka menatap layar leptop cukup lama.
  4. Vitamin B, salah satunya berfungsi sebagai koenzim dalam proses metabolism dan bertanggung jawab atas kinerja sistem  saraf kita.
  5. Vitamin C adalah vitamin untuk memulihkan kondisi tubuh setelah sakit. Vitamin D fungsi utamanya adalah mengembalikan kadar kalsium dan fosfat tubuh ke level normal, serta menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  6. Vitamin E berfungsi sebagai anti oksidan dan penangkal radikal bebas.
  7. Mineral Esensial lainnya seperti zat besi, tembaga, mangan dan iodium.
Sumber vitamin dan mineral yang terkandung dalam Theregran-M

Coba, kurang lengkap apalagi dari multivitamin ini? Dalam satu tablet berbagai zat bermanfaat masuk ke dalam tubuh dan mulai mengambil peran sebagai vitamin yang bagus untuk masa pemulihan. Cocok dan simple banget buat yang hobi ngetik dan traveling kaya aku, vitamin ini bisa dibawa kemana saja.

Jangan lupa, bila kita mengkonsumsi obat, vitamin atau apapun perhatikanlah tanggal kadarluarsanya. Untuk Theragran-M sendiri tanggal expired ada di belakang kemasan strip atau lempengnya.

Cek tanggal kadarluarsa di kemasan bagian belakang

Keunggulan dari Theragran-M
  • Dengan adanya Multivitamin Theragran-M ini sangat membantuku di kala masa-masa pemulihan di saat sakit. Aku bisa lebih optimal menekuni passion diri.
  • Theragran-M sudah lama hadir dan diresepkan oleh para dokter sejak tahun 1976. Wow! Bahkan lebih tua dari umurku.
  • Lengkap berisi vitamin dan mineral dalam satu tablet. Jadi kita yang mempunyai tingkat kesibukan yang tinggi dimudahkan untuk tetap menjaga kesehatan dengan adanya multivitamin ini. Sangat praktis.
  • Sudah ada lebel Halalnya. Ini penting banget buat umat muslim. Selain sehat, apa yang masuk ke dalam tubuh pun menjadi berkah. 
Jika tekad dan sehat telah kita gapai sebagai modal awal, maka semangat mewujudkan resolusi 2018 seharusnya semakin nyata. Mengutip perkataan dari seorang public figure bahwa tidak ada yang namanya impian terberat selama impian itu masih sanggup kita wujudkan di dunia. Maksudnya agar kita tak mudah menyerah, percaya pada kemampuan diri dan selalu hadirkan Tuhan di setiap upaya baik kita. Insyaallah resolusi 2018 akan tercapai.

Let’s go, kita lanjutkan mimpi dan perjalanan!


Badan sehat, merealisasikan mimpi pun semangat!


Note: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M

68 comments:

  1. Semoga tercapai cita-citanya ya mbak. Target travellingnya bikin baper, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Robb, makasih Mba. Hehehe iya nih, gak pernah bosen kalo targetin travelling mah

      Delete
  2. aku juga minum theragran ini kalo lagi gaenak badan. kalo travel harus dibawa juga. btw resolusi taun baru kita hampir sama hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, karena kl sakit pas lagi travel itu jd badmood, jd kudu sedia Theragran trs. Semoga resolusi kita bisa terwujud di 2018, aamiin..

      Delete
  3. semoga resolusi yg sudah di targetkan semua di kabulkan sma allah ya.. amiin... happy new year^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin ya Robb, InsyaAllah terlaksana asal kita yakin dan berusaha : )

      Delete
  4. Waaa ada rezeki jalan2 sama teman2 bloggers ya ke Derawan. Nice ya. Moga semua doanya dikabulkan ya kalau memang yang terbaik, termasuk untuk menerbitkan buku solo juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, berkah nulis Mba hehe.. Aamiin ya Robb, doa yang sama untuk resolusi2 Mba Nita :)

      Delete
  5. Amin, semoga resolusinya diijabah Gusti Alloh. Saya juga udah biasa minum Theragran M ini Mbak. Kalau udah kerasa gak enak gitu ya langsung beli dan minum. Ibu-ibu nggak boleh sakit, Mbak. Jadi kudu siap mutivitamin. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ammin ya Robb, doa yang sama untuk resolusi Mba Damar. Bener banget tuh Mba, seorang ibu itu keren, tenaga dan kesehatannya kudu ekstra. Theragran-M pas banget menemani aktivitas seorang ibu :)

      Delete
  6. Sepertinya saya baru pertama kali mampir sini ya, salam kenal dulu ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga ya Mas, makasih udh mampir

      Delete
  7. Terus terang saya belum pernah mengkonsumsi obat Theragran-M ini, obtanya baik buat orang tua seperti saya jugakah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah aman kok Mas buat orang tua agak mudaan dikit hehe... multivitamin ini relatif aman dikonsumsi siapapun.

      Delete
  8. Aku kalau abis flu pasti minum ini bair tetap fit, lumayan membantu. Semoga resolusinya tercapai ya Mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih Mba, aku jg biasanya minum theragran ini. Aamiin ya Robb, makasih Mba

      Delete
  9. Makasih mba tipsnya, ku belum.coba. Jadi tau nih rahasia mba sukses jadi Novelis, hebat dehhh ku juga pengen bikin Novel heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba, tp aku belum hebat, masih belajar buat nulis novel hehe
      Semoga segera mba jg bs terbitin novel ya, aamiin

      Delete
  10. smoga tercapai apa yg diinginkan mbak septi ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Robb. Doa yang sama untuk Mba Prana 😇

      Delete
  11. apapun cita-cita resolusi 2018 nya, yg penting sehat dulu ya mba. Keren resolusinya mbaaaa, nulis buku, sedekah :) insya Allah terwujud yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe terutama sedekah itu sih Mba. Semoga Allah redho, aamiin. Makasih Mba Ucig 😊

      Delete
  12. Aku tertegun sama apa yang mbak citakan di tahun 2018. Detail sekali. Aku doain, supaya semua yang dicitakan tercapai. Termasuk dapat jodoh yang sholeh dan baik ... Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih udah mampir Mba. Aamiin ya Robb, semoga kebaikan pun selalu menyertai Mba. Aamiin.

      Delete
  13. Semoga terwujud ya mba. Semoga dipertemukan dengan jodoh yang sholih. Resolusinya bagus semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Doa yang baik2 untuk Mba semoga Allah kabul juga, aamiin. Makasih untuk doanya Mba 😊

      Delete
  14. Semoga resolusinya di tahun depan bisa terwujudkan ya mba..duuh Derawan
    Saya blom kesampaian menjejak di wilayah Kalimantan
    Huhuhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Robb. Makasih buat doanya. Semoga bisa segera main ke Derawan ya Mba, aamiin 😊

      Delete
  15. Semoga doa dan cita-citanya tercapai ya, Teh.
    Semoga lombanya juga menang..aamiin..

    ReplyDelete
  16. Eeh.. itu yang difoto, mbak Ervina ya?

    ReplyDelete
  17. Semoga yang disemogakan cepat tersemogakan ya mbak. Resolusinya mantap,beberapa ada yang sama:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Robb, doa yang sama untuk resolusi Mba Anggun 😊

      Delete
  18. Semangat mbak Septi, semoga semua resolusinya tercapai ya, terutama dapat jodoh dan menerbitkan buku. Yang penting perbanyak doa dan usaha.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat untuk kita semua. Makasih ya udah mampir. Doa yang sama untuk Mba Sundari 😊

      Delete
  19. semoga terwujud resolusinya mbak... aku juga sudah membuat resolusi untuk tahun depan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Robb. Waah, semoga yang diresolusikan Mba Retno pun segera terlaksana, aamiin.

      Delete
  20. Keren mba.. semoga resolusi di tahun 2018 bisa tercapai semua ya mba :) and stay healthy ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Robb, doa yang sama untuk Mba di sana. Sehat dan selalu semangat :)

      Delete
  21. Semoga semua list resolusinya tercapai di tahun iji ya Mbak. Bisa ketemu pasangan dan honeymoon, eeh traveling bareng pasangan halalnya, Aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Robb. Waah doa yang indah, makasih Mba untuk doanya. semoga kebahagian pun menyertai Mba dan keluarga. Aamiin :)

      Delete
  22. Semoga resolusinya terwujud ya :)

    ReplyDelete
  23. Ya Allah, kabulkanlah resolusi teman hamba yang jomblo satu ini, Ya Allah...

    Sukses ya, Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Robb... sempat senyum2 sendiri pas bagian 'jomblo' 😅

      Doa sukses yang sm buat Mba di sana, aamiin.

      Delete
  24. Semoga resolusinya tercapai ya Mbak...Aamiin:)
    Selalu sehat dan terus semangat untuk meraihnya...!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Robb. Doa yabg baik2 juga untuk Mba Dian di sana. Makasih udh mampir Mba ☺️

      Delete
  25. Keren mba Septia sudah ke Derawan. Saya yang tinggal di kaltim aja belum kesana hehehe. Btw, Mudahan semua resolusinya terwujud yaa... Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Mutia Kaltim sebelah mananya?

      Aku doakan semoga bisa sampai Derawan jg. Indah banget Mba Derawan, kalo ada rejeki ke sana lagi pun gak nolak 😊

      Delete
  26. Amiiin, semoga tercapai ya semua resolusinya.
    Btw tos duluuu, saya juga selalu sedia Theragram :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Robb, doa yg sama untuk Mba Hani. Wah sedia theragram jg, emang oke deh theragram hehe

      Delete
  27. Salam kenal. Ternyata penulis novel juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal jg Mba Layla penulis novel 😊

      Delete
  28. Semoga terwujud semua mimpi-mimpinya ya mba. Salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Robb. Doa yang sama buat Mba denik 😇

      Salam kenal juga

      Delete
  29. Nah, memang enaknya resolusi itu diikrarkan gini biar banyak yang doain. Semoga sukses, Mbak...😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba hehe, biar ada list dan lbh terarah juga. Aamiin ya Robb. Makasih Mba 😉

      Delete
  30. Menarik juga resolusinya. Semoga tercapai, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Robb... makasih Mba udah mampir 😊

      Delete
  31. Wow Derawan. Impianku ke sana. Sukses buat 2018 ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Didoakan biar samoai sana juga liburannya Mba 😇

      Makasih Mba, doa yang sama untuk Mba 😊

      Delete
  32. Resolusinya mirip-mirip dengan saya mba. Semoga bisa terealisasi. Dan yang terpenting memang menjaga kesehatan, terima kasih sudah diingatkan untuk minum vitamin, hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... berarti doa yang sama untuk mba Ratih. Terimakasih udah mampir Mba 😊

      Delete
  33. aamiin, mudah-mudahan tercapai ya say :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Robb, doa yang sama untuk Mba Sha 😇

      Delete
  34. In syaa Allaah, aamiin sy turut mendoakan semoga resolusinya di tahun ini tercapai mbak😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Robb.. doa yang baik2 juga untuk Mba Siska. Makasih udh mampir Mba 😊

      Delete

Silahkan tinggalkan jejak, Teman. Gunakan bahasa yang baik agar silahturahmi dan diskusi kita menyenangkan. Saya pun akan berkunjung balik ke Blog kalian. Tolong untuk tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima Kasih :-)

Untuk kerja sama berupa content placement, review produk dan lain-lain bisa email ke septiakhoirunnisa24@gmail.com