Wednesday, January 17, 2018

,

Cara Mengolah Durian Muda menjadi Lauk yang Lezat

Oseng Durian Muda


Salam buat para pecinta durian, sudah bosan kah kalian menikmati manisnya buah berduri ini? Kalau aku sih pasti akan menjawab ‘belum’ karena wangi dari buah ini sendiri yang gak pernah bikin bosan. Di postingan kali ini aku akan share pengalamanku tentang cara mengolah durian muda menjadi lauk yang lezat. Tapi sebelumnya jangan salah paham ya kalau aku ini pintar masak, serius aku cuma senang coba-coba, urusan enak atau engga ya belakangan. Hehe.

Sebelum ke tahap memasak, singkat cerita aku memang punya pohon duren di pekarangan rumahku dan tahun ini Alhamdulillah berbuah lebat. Saking banyaknya buah durian tersebut, malah membuat beberapa ranting pohon tak kuat memahan beban. Duh, ternyata hidup pohon durian juga berat ya, kukira cuma jomblo yang merasakan galau. Eh tapi ini serius, pohon durianku ini lucu, tahun kemarin gak ada buahnya dan sekarang Allah izinkan berbuah dengan jumlah yang gak terduga.

Baca juga: Cara Menghilangkan Rasa Pahit Pada Rebung

Jadi ceritanya karena banyak buah yang jatuh sebelum matang, alhasil aku dan keluargaku berpikir keras, bagaimana caranya agar durian muda ini gak mubazir? Karena aku yakin dikasih tetangga pun pasti tetangga gak akan ada yang mau kalau masih muda. Setelah berpikir beberapa saat, kami memutuskan untuk membuat osengan durian muda.

Kebetulan sore itu aku kelaparan dan bosan kalau harus makan sayur sop. Kenapa sop? Karena warung dekat rumah kalau sudah sore yang bersisa ya tinggal sayur sop dan kebetulan lagi stok sayuran di kulkas menipis. Ditambah hujan pula seharian, gimana makin lengkapkan alasannya? Haha. Oke, langsung aja ya berikut ini adalah cara mengolah durian muda menjadi lauk yang lezat;

Oseng Durian

Bahan-bahan:

- Durian muda
- Cabai hijau
- Cabai merah
- Bawang merah secukupnya
- Bawang putih secukupnya
- Kemiri
- Sereh 
- Garam 
- Gula
- Minyak goreng
- Penyedap rasa (pilihan)

Cara mengolah:

- Pisahkan daging durian muda dari bijinya
- Iris-iris cabai merah (pilihan)
- Geprek sereh
- Goreng sebentar cabai hijau, bawang merah, bawang putih, kemiri
- Kemudian haluskan cabai hijau, bawang merah, bawang putih dan kemiri
- Setelah halus saatnya untuk menumis. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan, kemudian
  masukkan irisan bawang merah, sereh, gula garam dan penyedap rasa.
- Tunggu sampai mengeluarkan aroma harum.
- Boleh tambahkan air sedikit. (kalau tidak mau juga gak masalah).
- Selanjutnya masukkan daging buah durian muda yang sudah terpisah dari bijinya.
- Masak sampai bumbu menyerap sempurna dan kadar air berkurang.
- Oseng durian muda siap untuk dihidangkan.

Oseng durian muda
Oseng durian muda plus nasi hangat

Oseng durian muda ini paling enak disajikan dengan nasi hangat, apalagi makannya pas hujan. Semoga kalian gak cuma ngiler ya, tapi bisa langsung praktik di rumah. Mulai sekarang, kalau ada durian terlanjut dibuka dan ternyata masih muda, cobain deh dioseng dengan bumbu sederhana yang ada di rumah. Jadi gak mubazir lagi kan? Semoga cara mengolah durian muda versiku ini bisa bermanfaat. Postingan selanjutnya aku akan bahas mengenai ciri-ciri durian yang rasanya manis. Doakan supaya gak malas nulisku kumat, hehe. 

Oh ya, adakah dari kalian yang sudah pernah mengolah durian muda? Biasanya kalian masak jadi apa? Yuk share ilmu bareng-bareng di kolom komentar.

50 comments:

  1. sayang banget belum matang sudah pada jatuh
    belum nikah sudah pada baper
    #eh

    btw penampakannya asyik mbak aku kok jadi kepingin hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak lagi yang jatuh. Waduuh kalo kalimat yang kedua yg bikin ngenes hehe..

      Cobain Kang, kalo ada duren mentah terlanjut dibuka ditumis aja

      Delete
  2. Wah bagaimana rasanya yah makan durian muda. Apakh rasanya sama dengan nangkah muda,Asal bukan jadi durian tetangga yah haah

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup enak sih kalo menurutku, gak perlu ditambah gula pasir karena dari duriannya sendiri pun udah mengeluarkan rasa manis. Hehehe, durian tetangga mah gak boleh Kang

      Delete
  3. inovasi baru untuk makanan dari bahan durian. unik banget kayaknya rasanya. biasanya durian diolah jadi makanan seperti bolu atau ice cream tapi ini beda dari yang lain. top lah pokoknya jadi pengen nyobain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang cukup unik sih merutku Mba, harus coba buat biar rasakan sensasi uniknya :D

      Iya biasanya dibuat kue, ice cream, sambal, minuman, dodol dll. Tapi gak ada salahnya buat berinovasi untuk pelengkap lauk nasi hehe..

      Delete
  4. Wah, baru tahu kalau durian muda enak dimasak. Biasanya saya menikmati bunga durian dalam bentuk pepes atau oseng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bubga durian katanya enakndioseng ya? Aku malah blm coba. Mba Lisa harus coba tumisan durian muda. Biar tahu gimana sensasinya hehe

      Delete
  5. Di tempat tinggal saya, Durian adalah buah paling mahal. Satu buah kecil harganya sampai 50 ribu rupiah. Kalau dibikin macem2 eman banget karena jarang bisa beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah cukup mahal ya harga duriannya, kalau ditempatku sekitar 30rb ke atas.

      Kalau dekat aku kasih Mba, di sini aku bagi-bagi dure sm orang terdekat, mereka malah ada yg gak suka duren. Kan sedih

      Delete
  6. Wah saya br tau loh durian muda bisa diolah begini

    ReplyDelete
  7. Iya, baru tahu juga. Perlu di coba nih. Mksh mba informasinya. Sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  8. Kalo durian muda sudah beraroma wangi mba? Jd ingat sambal tempoyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kemarin aku juga coba masak yang udah agak wangi, cuma mssih keras, tetep enak ko hehe

      Delete
  9. Baru kali ini tau resep olahan daging muda durian. Kalau suku Aceh ada sambalnya. Trus osengan itu kayaknya dicampur teri makin mantab, deh, pedes, gurih gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di Lampung juga ada, namanya sambal tempoyak. Tapi gak tau rasanya sama apa engga

      Hemm.. jadi pengen coba olahan versi acehnya nih Mba 😊

      Delete
  10. bedanya durian muda sama durian biasa apa mba??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, semacam teka teki kah ini Kang? Hehe... beda hurufnya sih Kang 😅

      Delete
  11. Ngga kebayang rasanya kak, hehehe

    ReplyDelete
  12. Baru tahu mbak kalo durian muda bisa dioseng!

    Ditempat saya olahan durian populernya yaa...tempuyak (durian yang diawetkan dengan garam dan nanti bisa digoreng atau dimasak dengan sayur dan ikan) dan lempok (dodol durian) aja...😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mba, tapi tergantung sih ada yang suka ada yang engga. Kalo aku sih suka 😍

      Ooh, kalo di tempatku jg terkenal banget tuh, sambel tempoyak. Entah sama atau engga rasanya 😅

      Delete
  13. Mbak, baru tahu saya kalau durian muda bisa diolah jadi sayuran yang penampakannya begitu menggoda..
    Ah, kapan-kapan nyoba saya
    Makasih resepnya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus coba Mba osengan durian muda ini. Rasanya tuh manis plus gurih. Sama-sama Mba 😊

      Delete
  14. Hmmm itu sayur kesukaan ku banget, dulu pas masih sama orang tua suka banget masak sayur itu pas musim durian, manis dan legit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, serius Mba Yur juga udah pernah coba oseng durian muda? Kirain baru aku seorang aja yang nyobain 😅

      Delete
  15. Wah ilmu baru untuk tempur di dapur ini. In sya Allah pgn cb pas pulang nanti. Berhubhng d sini harga durian sekitar 10rb yen atau sekitar 1 jt he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius 1 juta? Beuuh, kalo duren satu pohonku dijual ke Jepang bisa kaya berarti 😅

      Duh, kalo deket mah aku bagi Mba.. pilih sendiri

      Btw, kudu coba Mba Oseng durian mudanya hehe 😅

      Delete
  16. Weleh ternyata durian enak dioseng juga ya, saya tapi kurang terlalu suka durian, baunya terlalu menyengat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk.. sama kaya temen aku teh, nyium baunya dikit aja langsung muntah

      Delete
  17. duh baru tau seberat itu galaunya phon duren wkwkwk..

    jujur baru tau ni mba masakan duren muda tapi aku lagi mikirin duren matengnya hahaha *tahan tahan lagi hamil* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk entahlah Mba, si pohon durian ini sedang outus cinta mungkin 😅

      Kalau Mba Herva deket, aku bagiii.. sedih, soalnya beberapa orang yang aku kasih duren malah nolak karena gam doyan 😆

      Delete
  18. Woow!! Sepertinya aku baru dengan buah durian muda bisa dijadikan lauk pauk...😱😳

    Dari keterangan diatas serta resepnya sepertinya enak dan buat penasaran... Coba aahh!! 😄😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus nyoba osengan durian muda ini Mas. Semoga suka 😅

      Delete
  19. Kalau di tempat aku durian yang sudah masak yang diolah jadi lauk atau campuran masakan, namanya tempoyak. Jujur saja aku kalau makan buah durian nya langsung, suka. Tapi boleh juga lah dicoba makan olahan durian muda, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya di Lampung juga terkenal dengam sambal tempoyaknya, nah kalo aku mah cuma coba-coba Ka hehe. Coba deh Okka olah, kali aja ketagihan 😅

      Delete
  20. Kok penasaran ya, rasanya gimana sih?
    Pengen cobain serius..
    Ah, nggak kebayang rasanya gimana..ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus coba Kang gimana uniknya oseng durian. Rasanya manis gurih gitu hehe

      Delete
  21. Wow baru tahu klo durian muda bisa dibikin begini juga. Aku tahunya nangka muda aja yang dijadiin lauk, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maklum, aku kan hobinya coba-coba, jadi ya aneh-aneh lah makanannya Mba hehe. Kalo durian disayur rasanya kaya ada manis-manisnya gitu 😅

      Delete
  22. Wah sayang banget durian jatuh sebelum matang. Enaknya punya pohon durian di belakang rumah, kalau saya mah pas panen langsung habis dimakanin, soalnya hobi makan durian, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, masih muda pada jatuh karena buanyaak buahnya. Hehe ini pun langsung habis, tiap hari dimakanin plus bagi-bagi sama warga

      Delete
  23. enak yaa mbak, punya kebun durian dibelakang rumah. kalau saya tanam durian dibelakang rumah, bisa - bisa dicuri sama orang dulu >,<. oh, iya. thankyou mbak buat infonya. boleh juga dicoba kalau ada durian muda. baru tahu kalau bisa diolah ternyata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sst, akupun sama, durenku dicuriin orang. Padahal orang yg curi pun punya pohon duren, punya dia dijualin, tapi tetep ngambil punya orang #hiks

      Silahkan dicoba Mba, rasanya tuh manis-manid gurih gitu 😆

      Delete
  24. wah, banyak yang sama kaya sha. baru tahu kalau durian bisa di oseng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe emang uniku sih Mba Sha, aku jg awalnya coba2. Tapi lumayan enak sih menurutku, apalagi makannya sama nasi hangat 😅

      Delete
  25. Wah, saya nggak pernah nih ngerasain masakan durian..
    tapi duriannya sendiri saya juga tidak terlalu suka juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang sekali gak suka durian, tapi beda2 sih ya kesukaan org. Karena suka duren aku penasaran deh buat masak duren mentah Hehe

      Delete

Silahkan tinggalkan jejak, Teman. Gunakan bahasa yang baik agar silahturahmi dan diskusi kita menyenangkan. Saya pun akan berkunjung balik ke Blog kalian. Tolong untuk tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima Kasih :-)

Untuk kerja sama berupa content placement, review produk dan lain-lain bisa email ke septiakhoirunnisa24@gmail.com