Sunday, January 14, 2018

,

Cinta Penelope Berhijab : Geram Ceramah Ustad Abdul Somad yang Berujung Hidayah

Cinta Penelope Berhijab : Geram Ceramah Ustad Abdul Somad yang Berujung Hidayah
Cinta Penelope memutuskan berhijab


Kali ini aku mau sedikit berceloteh tentang jalan hijrahnya seorang public figure. Cinta Penelope berhijab, mungkin sebagian akan merasa senang dan sebagian lainnya mungkin berpikir hanya sekedar cari sensasi. Kalau buat yang belum tahu, sedikit info tentang dirinya yang merupakan penyanyi dari lagu Keong Racun. Awalnya aku juga gak tahu, siapa sih Cinta Penelope ini, kok sering amat beritanya muncul di Instagram. Beritanya sih bagus, tentang proses hijrahnya menggunakan hijab. Kesimpulannya aku menanggapi hijrahnya Mba Penelope ini dengan bahagia. Bukankah sesame muslim kita harus saling mendoakan dan saling support dalam hal kebaikan?

Hidayah Allah itu Maha Luas, gak berbatas dan kerap kali hadirnya gak terduga. Saat  hidayah itu menghampiri seseorang, saat itulah Allah gerakkan hatinya menuju jalan yang lurus. Namun, bukan berarti kita lalai dengan datangnya hidayah Allah SWT. Agar terwujud dengan baik maka hidayah tersebut sudah seharusnya kita jemput, karena takutnya kita malah terlena dengan dosa hingga ajal menjemput. Begitu pula dengan kisah  Mba Cinta Penelope berhijab, mungkin saja Beliau menjemput hidayah tersebut dengan banyak perjuangan.

Oke, aku gak akan bahas masa lalunya. Aku bukan tipe orang yang suka kepo apalagi nyinyir tentang yang udah berlalu, karena menurutku setiap manusia jika Allah berkehendak membuka masa lalunya maka mungkin seisi dunia ini penuh dengan aib kita. Bayangin, Allah SWT Maha Pemaaf banget kan? Satu persatu Allah hapus aib-aib kita yang bertobat, gak perlu pakai uang pula buat nyogok membersihkan nama baik kita sama Allah SWT.

Dilansir dari berbagai media, bahwa awal mula hijrah dari Mba Cinta Penelope ini adalah karena ceramah tajamnya Ustad Abdul Somad tentang lagu ‘Keong Racun’ yang merusak generasi penerus bangsa. Mba Cinta Penelope ini gak terima dan geram. Karena keseringan dirinya mendengarkan ceramah tentang lagu Keong Racun tersebut, lama kelamaan Beliau malah semakin penasaran dengan tausiyah-tausiyah Ustad Somad lainnya.

Menurut Mba Cinta Penelope, ceramah-ceramah Ustad Abdul Somad yang paling berkesan bagi dirinya. Ustad Somad di setiap ceramahnya selalu membeberkan pandangan dari berbagai mazhab. Jadi kesannya Beliau gak egois membenarkan satu mazhab saja. Selama itu yang kita yakini dan gak melenceng dari hukum islam, maka terserah kita mau ikut mazhab yang mana.

Ustad Abdul Somad berceramah
Geram dengan ceramah Ustad Somad, Cinta Penelope memutuskan berhijab | Sumber foto: nasional.republika.co.id


Dari rasa penasaran terhadap ceramah Ustad Somad itulah maka terbuka pintu-pintu hidayah baginya. Memang Allah yang telah berkehendak, namun melalui perantara Ustad Somad. Mba Cinta Penelope pun mengakui bahwa dirinya sudah terlalu jauh dari aturan agama Allah SWT. Selama ini terlalu banyak kesombongan di dalam diri yang menyebabkan menghalalkan segala hal tanpa mengikutsertakan Tuhannya.

Mba Cinta Penelope pun kini sadar akan kodratnya sebagai wanita muslim adalah wajib untuk menutup aurat. Pelan-pelan Ia mantapkan tekadnya untuk berhijab. Dimulai dari meminta restu Ibunda tercintanya, sampai pada penolakan beberapa acara nge-DJ dan konser yang mengharuskannya melepas hijab.

Well, menurutku pilihan Mba Cinta Penelope ini sangat tepat. Hijrah itu antara sulit dan gak sulit, tergantung dari sebesar apa niat individunya. Dan buat Mba Cinta Penelope saat memutuskan untuk berhijab pun mungkin cukup dirasa sulit, karena kita tahu kalau Beliau pekerjaannya berada di lingkungan dunia hiburan. Mungkin belum semua pekerjaan di dunia hiburan Ia tinggalkan, namun dirinya cukup ketat memilah tawaran job yang akan dijalani.

Harapanku sangat besar buat Mba Cinta Penelope, semoga terus istiqomah di jalan hijrahnya. InsyaAllah, kalau kita ikhlas jalani peran kita sebagai muslimah yang baik, Allah pun akan sangat baik menggerakkan tangan-tangannya untuk menolong serta mencukupi segala hajat hidup hamba-Nya. Allah gak akan mungkin menyia-nyiakan hijrah kita.

Bagi yang masih beragument bahwa Cinta Penelope berhijab adalah sekedar sensasi belaka, coba deh kita sedikit husnudzon terhadap hijrahnya seseorang. Kalaupun suatu hari nanti misalnya Mba Cinta Penelope kembali lepas hijab, itu urusan dia dengan Tuhannya. Yang menjadi kewajiban kita sebagai muslim adalah percaya bahwa Allah mampu membolak balikkan hati manusia.

Kalau membahas tentang lepas hijab, jadi ingat kisahnya Mba Rina. Sedikit berkomentar tentangnya, bagiku melepas hijab adalah pilihan yang salah menurut agama. Hijab itu bukan pilihan, yang benar adalah kewajiban seorang muslimah. Tapi, secara individu dalam artian untuk kepentingan dirinya, memang gak ada hak kita untuk mencaci. Karena yang berhak menghakimi hanya Allah SWT saja. Ya kalau dari aku sih sangat disayangkan saja dengan keputasannya, namun bukan berarti benci sama orangnya. Kembali lagi, biar Allah yang kasih sentuhan hidayah untuknya. Tugas kita sekarang adalah mendoakan kebaikan atas saudara saudari seiman kita.

Gak ada yang gak mungkin bagi Allah saat sudah berkehendak. Bisa jadi mereka yang kelihatannya sangat buruk di mata kita, karena Allah kasih sentuhan hidayah, maka dia lebih indah akhlaknya. Gak jarang juga mereka yang telah berhijrah malah lebih banyak menghapal Quran, hadist dan melakukan kebaikan lainnya. InsyaAllah.

Oh iya, aku selalu diingatkan oleh orang-orang terdekatku untuk selalu minta hidayah. Karena kita gak tahu saat ajal menjemput diri ini dalam keadaan beriman atau tidak. Minta sungguh-sungguh setiap habis salat untuk ditetapkan iman islam sampai akhir hayat. Kita sama-sama saling mendoakan supaya khusnul khotimah adalah jalan akhir yang kita tempuh. Aamiin Ya Robb.




16 comments:

  1. Pembahasan yang sedang ramai nih. Aku baru semalam lihat gambarnya bersliweran di instagram. Bener tuh, Allah itu maha baik, andai semua aib or dosa-dosa kita semua Allah buka, beuh udah penuh tuh hari-harinya dosa :(

    Berita berhijrahnya tentu membuat kita semua senang sebagai seorang muslim. Baiknya memang gitu, selalu berfikir positif akan perubahan seseorang. Kalaupun itu hanya pencitraan belaka biarlah itu urusan dia dengan Sang Pencipta.

    Setuju, memang menutup aurat itu suatu kewajiban untuk seorang muslim. Jangankan perempuan, laki-laki aja ada dimana anggota tubuhnya yang harus di tutup, ya batasan aurat gitu. Aku rasa berita ini stelah berita, Teh Rina ya. Apapun pilihannya kita doakan saja, semoga bisa kembali ke jalan-Nya.

    Beruntung bagi mereka yang memang sudah ada dijalan yang benar, berada di dekat orang-orang baik. Setelah itu tinggal menjaga kesitiqomahannya. Berkumpul dengan orang-orang sholel/sholehah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget tuh Kang, suka ikut senang kalo ada yang hijrah, terlepas nantinya dia mau kaya mana ya urusan dia sama Allah. Yang penting jangan menyebarkan berita sesat yang mengatas namakan pilihan pribadi namun koar-koar seolah mengajak orang lain sesat.

      Allah tuh buat aturan aurat pasti ada tujuan dan manfaatnya buat manusia, jadi kalo merasa berat sama aturan Tuhannya harusnya malu, karena Allah aja gak pernah perhitungan kasih kita nikmat hidup.

      Nah iya, biar tetep istiqomah pengaruh juga tuh dengan siapa kita bergaul.

      Delete
    2. Iya, namun sebagai sesama muslim. Baiknya kita juga mengajak dan memberi semangat ke arah kebaikan, agar disaat awal-awal hijrah itu ada temannya. Ada yang support juga.

      Delete
    3. Iya, nah di situlah gunanya ukhuwah islamiah. Ada perasaan kuat untuk saling megajak ke surga-Nya. Saling menjaga dan menasehati

      Delete
  2. wah... aku baru tahu lho cerita aslinya kayak gini, kalo yg beredar di tempat lain seolah-olah menggambarkan percekcokan kayaknya.. noce artikel mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah baru tahu kalo itu berawal dari percekcokan. Tapi aku sih gak mau bikin berita gosip dan yang kurang baik. Aku berusaha yang aku posting di blogku adalah hal-hal positif. Belajar buat menanamkan sifat khusnudzon atau berbagi hal positif aja hehe. Kita doakan yang baik-baik aja buat Cinta Penelope biar istiqomah.

      Btw, makasih ya udah mampir :)

      Delete
  3. seingat saya dulu cinta penelope sudah pernah berhijab bang, tapi pas main di sinetron apa gitu saya lupa...antara cuma main peran di film itu atau belum seutuhnya istiqamah pakai jilbab.

    sekarang syukur mbak cinta sudah berhijab, terlihat makin cakep sih, heheh...

    biasanya artis-artis yang berhijrah gini rame di sosmed, terutama instagram, sebut saja seperti yang sudah duluan hijrah, Teuku Wisnu, Shireen Sunkar, Anita Arie, dan beberapa publik figur lain yang muncul dengan lebih relijius, mereka2 ini secara ga langsung menyemangati netijen untuk lebih islami...

    Yahh, itu sendiri saya rasakan sih, secara langusng ga langsung, senang melihat meraka, lihat komentar di sosmed mereka, ada motivasi sendiri jadi lebih baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok saya nyapanya bang ya??? haha

      padahal si empu nya blog ini mbak2, maap maaap

      Delete
    2. Aku juga awalnya herman :D
      Kok disapa, Bang..
      Eh, ternyata kepeleset, hujan ya disitu, Mas Awal :D

      Delete
    3. Pada awalnya aku gak tahu sih siapa Cinta Penelope, tahu-tahu pas udah berita hirahnya aja. Mungkin baru sekarang Allah bukakan pintu hidayah itu.

      Iya seperti Teuku Wisnu dan sitrinya, Irwansyah dll... memang kabar artis hijrah selalu menarik disimak kisahnya, tujuannya gak jauh-jauh yakni memberi penlajaran baik juga buat kita.

      Semoga mereka yang hijrah tetap istiqomah selalu di jalan Allah. Aamiin.

      Delete
    4. Haha aku perempuan Bang Sabda (Nah ini yang pantas dipanggil Bang)

      Apa tampilan atau nama blogku kurang kecewe-cewean ya? hehe :D

      Delete
    5. Lah aku kira Bang Sabda manggil Kang Andi haha :D

      Delete
  4. Perbedaan dari cerita 2 artis yg sedang jadi buah bibir itu ada yg dapat hidayah ada yg menjauh dari hidayah. Dan dua2nya berhubungan dg ceramah ustad somad :D

    Ceramah ustad somad ini emang bagus sih,mudah ditangkap dan diingat dengan bahasanya yg tegas tapi jg humoris.
    Beliau kalau sedang mengkritik seseorang yg sedang pada keyakinan yg salah itu dengan pernyataan,"sombong pada orang yang sombong adalah sedekah". :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, sangat disayangkan yang jauh dari hidayah. Tapi InsyaAllah saat nanti mereka yang jauh dari hidayah dan Allah sentuh lagi dengan hidayah, InsyaAllah bakal mereka ingat perjalanan hidupnya dan semoga malah bersungguh-sungguh hijrahnya. Aamiin.

      Hahaha... aku suka tuh sama kalimat "Sombong pada orang yang sombong adalah sedekah" :D

      Delete
  5. kok sha ketinggalan ya, gatau berita inii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jg br tahu akhir2 ini, karena berseliweran di IG. Pengen sedikit menanggapi karena ini berita baik 😊

      Delete

Silahkan tinggalkan jejak, Teman. Gunakan bahasa yang baik agar silahturahmi dan diskusi kita menyenangkan. Saya pun akan berkunjung balik ke Blog kalian. Tolong untuk tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima Kasih :-)