Saturday, January 27, 2018

, ,

Harga Tiket Masuk Saung Angklung Udjo dan Peta Lokasinya

Saung Angklung Udjo


Saung Angklung Udjo merupakan salah satu tempat wisata budaya di Bandung yang punya berbagai fasilitas lengkap seperti pertunjukan, workshop alat musik, dan pusat kerajinan bambu. Dengan mengunjungi wisata ini, kalian juga turut melestarikan budaya sunda yakni angklung.

Baca Juga : Explore PT GGP dan PT NTF Lampung

Tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga. Wisata budaya ini juga dapat dijadikan tempat berkunjung bagi rombongan sekolah yang ingin belajar budaya tradisional secara langsung. Kegiatan di tempat ini juga mendapat perhatian dunia internasional sehingga banyak wisatawan asing yang berkunjung ke wisata budaya yang terkenal ini. Banyak kegiatan yang diadakan di dalamnya mulai dari dekorasi dan interior rumah serta mendengarkan suara alat musik bambu.


Wisata Budaya Saung Angklung Udjo
Wisatawan asing ke Saung Angklung Udjo, Sumber Gambar: rainbow-outbound.com


Wisata Budaya Bandung ini dibangun pada tahun 1996 oleh Udjo Ngalegena dibantu dengan istrinya dengan tujuan melestarikan seni dan budaya sunda. Mang Udjo adalah seorang seniman angklung dari Jawa Barat, yang sudah belajar angklung sejak umur 4 tahun sehingga tidak heran jika sangat mahir memainkannya serta membangun saung ini. 

Kemahirannya dalam bidang kesenian tersebut membuatnya bisa menjadi guru kesenian di beberapa sekolah di kota Bandung. Tak hanya angklung, ia juga mahir memaikan beberapa alat musik tradisional lain seperti kecapi, gamelan serta mahir menyanyikan lagu daerah dengan bahasa Indonesia atau belanda. Selain itu, Ia juga mendalami seni bela diri tradisional.

Di dalam saung tersebut, kalian tak hanya melihat pertunjukan bermain angklung saja, namun ada banyak kegiatan yang bisa diikuti dan nikmati para pengunjung. Lantas apa saja kegiatannya? Beberapa kegiatan rata-rata dimainkan oleh anak dengan umur 10 tahun ke bawah. Meskipun masih anak-anak, mereka punya keterampilan yang mengagumkan. 

Saung Angklung Udjo
Anak-anak pentas di panggung Saung Angklung Udjo, Sumber Gambar: anekatempatwisata.com


Untuk jadwal penampilannya sendiri dalam setiap harinya akan dibagi menjadi beberapa waktu yakni pagi, siang, sore, dan malam. Pertunjukan pagi mulai jam 10.00 hingga 12.00 WIB, jika siang hari mulai jam 13.00 hingga 14.30 WIB, untuk sore jam 15.00 hingga 17.00 WIB, sedangkan untuk pertunjukan malam hari mulai jam 18.00 hingga 20.00 WIB.

Beberapa pertunjukan seni Saung Angklung Udjo yang bisa kalian saksikan di tempat ini adalah angklung orkestra, bermain angklung bersama, wayang golek, helaran dan tari topeng. Kita bisa menikmati berbagai pertunjukan seni tersebut.


Kini saung tersebut diteruskan oleh putra dan putrid mang Udjo sehingga saat ini saung tersebut punya jumlah pengunjung yang semakin ramai tiap harinya karena banyak kegiatan yang diadakan di tempat wisata ini. 

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Saung Angklung Udjo

Untuk memasuki tempat ini, kalian akan dikenakan harga tiket masuk yang bervariasi. Untuk wisatawan dalam negeri akan dikenakan tiket masuk sebesar 60.000 Rupiah, sedangkan untuk wisatawan manca negara akan dikenakan biaya 100.000 Rupiah. Jika kamu seorang pelajar dalam negeri dikenakan biaya 40.000 Rupiah, sedangkan pelajar luar negeri akan dikenakan biaya 60.000 Rupiah. Selain itu, jika membawa anak usia di bawah 3 tahun maka tidak akan dikenakan biaya apapun. 

Saung Angklung Udjo
Souvenir khas Saung Angklung Udjo, Sumber Gambar: anekatempatwisata.com
Haraga tiket masuk tersebut sudah mencakup tiket pertunjukan, souvenir gantungan kunci bentuk angklung, dan minuman. Harga tersebut terbilang murah, mengingat banyak fasilitas yang bisa menambah wawasan Anda saat berada di tempat ini. Kita bebas melakukan apapun, baik mengambil foto atau video. Jam buka saung ini mulai 08.00 hingga 22.00 WIB.

Peta Lokasi Saung Angklung Udjo

Untuk berkunjung ke wisata ini, kalian perlu tahu lokasinya dulu. Lokasi saung tersebut berada di Jalan Padasuka No.118, Pasir layung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat. Tempat ini berada tidak jauh dari pusat Kota Bandung sehingga aksesnya sangat mudah. Kalian juga bisa menemukannya dengan mudah karena bangunannya yang unik terbuat dari bambu. Kita bisa berkunjung menggunakan transportasi apapun, baik kendaraan pribadi maupun umum. Apabila merasa kesulitan menemukannya, maka kalian bisa melihat lokasinya lebih jelas di aplikasi google maps.

Saung Angklung Udjo
Peta Wisata Budaya Saung Angklung Udjo


Ingin belajar budaya sunda? Datang saja ke saung angklung udjo, kalian bisa belajar secara langsung. ~ dolanyok.com 

22 comments:

  1. Saya pernah beberapa kali kesana, menurut saya tempat ini cocok untuk belajar seni dan budaya Sunda, fyi selain di Udjo, Wisata Seni di Bandung Barat yang lebih hemat ada Bale Seni Barli, selain Angklung interaktif juga ada belajar melukis nya 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hemm... Bandung memang kaya dengan wisata budayanya ya Mba, wah kapan-kapan aku juga mau deh berkunjung ke Bale Seni Barli 😍

      Delete
  2. aduh, makasih banget postingan ini sukses bikin aku nostalgia dan jadi pengen lagi kesini.. aku terakhir kesini udah lama banget, jaman sd pas masih main angklung di sekolah, kebetulan guruku keponakan langsungnya alm. mang udjo, jadi sering kolaborasi sama anak2 dari saung angklung. sejak lulus sd, belum pernah kesini lagi. jadi pengen. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pasti menyenangkan banget tuh ya Mba masa sekolahnya mainnya ke saung angklung udjo. Pasti kalau reunian sama teman2nya makin bernostalgia lagi 😊

      Delete
  3. Replies
    1. Kapan-kapan mampir ke saung udjo Mba Tira 😊

      Delete
  4. Saya orang Sunda asli banget tapi belum pernah nih mbak mengunjungi ini. Padahal suami sebelum nikah suka banget ajak kesana. Dulu ga tertarik banget tapi sekarang ada anak rasanya perlu gen ajak jalan ke tempat yang buka cuma sekedar jalan aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih Mba, cocok banget buat anak-anak. Jadi sekaligus wisata edukasi. Pasti anak-anak betah di saung angklung udjo ini 😊

      Delete
  5. Sampe sekarang belum pernah kesana. Cuman diceritain Mama aja yang kesana piknik sama.kawan kantornya. Bagus dibilang

    Aku mupeng sama gantungan bambunya. Suaranya pas kena angin, bikin adem aja . Kangen sama gantungan bambu yang di rumah Mama deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku jg suka tuh Mba denger gantungan bambu pas kena angin, kayanya damai aja. Ayo Mba ke sini, terus borong gantungan angklungnya hehe 😅

      Delete
  6. suasananya seru banget, semoga someday bisa kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. semoga bisa sampai sini mainnya 😊

      Delete
  7. ke bandung say? kabar dong kalo ke banduung. sha aja yang orang bandung belom pernah ke sini.. cuma lewat doang :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ke bandung gk pernah direncana sih Mba Sha, udah gitu paling sehari doang, keliling dah sampe sore. Abis itu langsung trabas ke Majalengka. Semoga someday bisa jalan bareng ya Mba Sa 😊

      Delete
  8. Udah bbrp kali dtg ke sana, tp belum pernah nonton pertunjukkannya... Kpn2 ajak anak ke sana ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehm, mungkin bisa dijadwalkan Mba datangnya pas ada petunjuknya 😊

      Delete
  9. Memang terkenal yah saung udjo...mantaf mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu, Saung Udjo harus terkenal untuk membantu melestarikan salah satu budaya di Indonesia

      Delete
  10. Seru banget, mbak. Panggung Saung Udjo itu yg kursi penontonnya teatrikal itu ya mbak? Jadi pingin ikutan nonton hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, seperti menonton pentas saja. Hayuk rencanakan liburan ke sana

      Delete

Silahkan tinggalkan jejak, Teman. Gunakan bahasa yang baik agar silahturahmi dan diskusi kita menyenangkan. Saya pun akan berkunjung balik ke Blog kalian. Tolong untuk tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima Kasih :-)

Untuk kerja sama berupa content placement, review produk dan lain-lain bisa email ke septiakhoirunnisa24@gmail.com