Sunday, February 4, 2018

, ,

Cara Mencegah Anyang-anyangan dengan Privare Uri-cran

Kemasan saset Uri-cran


Berulang kali aku mendengar cerita tentang anyang-anyangan atau pertanda awal Infeksi Saluran Kemih. Memang anyang-anyangan ini lebih rentan diderita oleh kaum hawa karena saluran kencing wanita lebih pendek dari pria. Bermula dari Nenekku, beliau teramat sering bulak balik ke kamar mandi yang tentunya sangat mengganggu. Sampai kadang aku kasihan melihat Beliau kalau anyang-anyangan kambuh di waktu malam, jadinya tidur pun kurang maksimal. Bahkan Infeksi Saluran Kemih (bukan lagi anyang-anyangan) diderita oleh adik perempuan temanku, padahal usianya saat itu masih sangat muda. Sampai suatu hari adik laki-lakiku pun mengalaminya. Dia mengeluhkan sakit buang air kecil sudah beberapa hari. Sebenarnya apa sih penyebab anyang-anyangan?

Tibalah saatnya aku traveling bareng teman-teman, rasa seperti anyang-anyangan itu pun menghampiriku. Setelah hal itu terjadi kepadaku barulah aku sadar penyebab sakit saat buang air kecil adalah karena aku sangat senang menahan BAK saat sedang di perjalanan. Aku gak biasa banget ke WC umum kalo gak benar-benar kepepet. Selama masih bisa ditahan, kenapa enggak? Pikirku. Aku seperti itu pun beralasan, rasanya mau BAK tapi gak kuat dengan aroma WC yang bisa dibilang kotor.

Keresahanku saat merasa terkena anyang-anyangan kusimpan sendiri. Sampai akhirnya liburan bareng teman pun berakhir dan aku tetap bungkam. Kebetulan selama kuliah aku tinggal di rumah Nenek untuk beberapa semester. Nah waktu itu pas jadwal kuliahku siang, Nenek tiba-tiba minta anterin ke dokter di wilayah Tangerang. Masih keluhan yang sama, rasa sakit buang air kecil. Sebenarnya aku takut Nenek gak sekedar sakit anyang-anyangan, tapi masalah ginjal yang lebih serius atau terkena Infeksi Saluran Kemih. Kalau begitu apa bedanya denganku? Rasa was-was pun kembali menghampiri.

Nenek selesai berobat dan banyak diberi saran tentang cara mencegah anyang-anyangan. Kabar gembiranya gejala yang dialami Nenekku adalah baru gejala Infeksi Saluran Kemih. Andai Nenek tahu, waktu berobat Nenek adalah waktu berhargaku buat dengar semua penjelasan dokter tentang anyang-anyangan sampai pada Infeksi Saluran Kemih, aku pun memutuskan untuk sekalian berobat. Dokter paling menekankan kepadaku untuk banyak minum air putih dan jangan suka nahan-nahan kencing. Oke, anjuran dari dokter sangat bermanfaat sekali dalam hal mengatasi sakit buang air kecil karena memang urin yang keluar sedikit-sedikit tapi selalu kebelet pipis. Dih ampun, gak enak pokoknya.


Resiko wanita terkena infeksi saluran kemih
Wanita dan anyang-anyangan


Dokter pun memberitahu kami perihal penelitian yang menyatakan bahwa 5 dari 10 wanita pernah mengalami Infeksi Saluran Kemih selama hidupnya. Girls, bayangin deh gimana potensi dari si anyang-anyangan maupun ISK ini menginfeksi kita, kaum hawa. Oleh sebab itu, kita perlu banget tahu tentang gejala sampai pada cara mengatasi susah buang air kecil yang sangat mengganggu. 

Berikut pemaparan dokter mengenai Gejala dari anyang-anyangan itu sendiri:

Gejala Anyang-anyangan
Beberapa Gejala Anyang-anyangan yang Mungkin dapat menghampiri kita


Sejak saat itu aku berusaha keras supaya gak terkena anyang-anyangan lagi. Bandel ya? kalau udah sakit aja baru merasa sadar pentingnya menghindari penyebab anyang-anyangan. Sebenarnya ada benarnya juga alasan parnoku terhadap kotornya WC umum, karena dari situlah bakteri E. Coli berasal. Tapi dengan menahan BAK pun malah menciptakan timbulnya anyang-anyangan.

Lalu apa sih penyebab anyang-anyangan itu sendiri? Berikut ulasannya:

Penyebab Anyang-anyangan
Beberapa hal yang menyebabkan terjadinya anyang-anyangan


- Kurang minum air putih

Hal ini bisa saja terjadi dikarenakan asupan air bersih ke dalam tubuh sangatlah sedikit. Sehingga saatnya hasrat ingin BAK, namun urin yang seharusnya terbuang pun hanya sedikit yang keluar. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, maka bisa mengakibatkan saluran kemih menjadi lecet atau mudah terluka.

- Kurangnya menjaga kebersihan

Maksudnya kita kurang menjaga kebersihan toilet, celana dalam dan juga salah dalam hal membilas daerah kewanitaan. Kalau di kasus ini sudah jelas, karena lingkungan yang kotor dapat mempercepat bakteri jahat E. Coli berkembang biak. Saran tradisionalnya sih kita bisa menggunakan air daun sirih untuk membersihkan daerah kewanitaan untuk membunuh kuman. Tapi dari penjelasan dokter tempo hari ada fakta mencengangkan, terlalu berlebihan menggunakan air daun sirih malah akan membunuh bakteri-bakteri baik yang ada di daerah V. Kan kasihan bakteri-bakteri baik tersebut mati secara berjamaah.

Bagiku toilet kotor merupakan alasan paling ampuh untuk menahan BAK, apalagi kalo udah lihat serangga seperti kecoa, duh beneran hilang deh mood mau BAK. Tapi seperti yang kita tahu, hal ini sangat tidak disarankan apabila kita kebelet pipis saat melakukan perjalanan. Gak apa-apa buang air kecil di WC umum. Cara mencegah anyang-anyangan agar terhindar dari bakteri E. Coli yang terdapat di kloset adalah dengan selalu membawa tisu kering maupun tisu basah. Tisu basah yang mengandung antiseptik bisa kita gunakan untuk membersihkan bagian dudukan toilet, sedangkan tisu bersih bisa dipakai untuk mengeringkan sekitar daerah kewanitaan.

Usahakan pula untuk mengganti CD lebih sering, biarin deh berat bawaan atau capek nyuci sekali pun. Yang penting keadaan saluran kemih dan sekitarnya dapat teratasi dengan baik. Kalau sehat kan kita juga yang merasakan manfaatnya. Oh ya satu lagi, pemilihan terhadap sabun cuci serta kebersihan selama mencuci celana dalam pun sangat penting. Kemudian mengenai cara membilas daerah V yang benar adalah dengan cara mengalirkan dan membasuh dari depan ke belakang. Supaya air yang mengalir yang dikhawatirkan membawa bakteri E. Coli dari dubur tidak masuk ke daerah V.

Infeksi saluran kemih oleh bakteri E. Coli
Infeksi saluran kemih oleh bakteri E. Coli


- Menahan Pipis

Artinya ini adalah sebuah tindakan yang disengaja entah itu alasannya malas ke kamar mandi, rasa takut dan lain-lain. Akibatnya lama kelamaan bisa terkena Infeksi Saluran Kemih. Serius, aku kapok deh sering-sering nahan pipis. 

- Penyakit tertentu

Orang yang mengidap batu ginjal, diabetes dan pembesaran prostat akan lebih mudah mengalami anyang-anyangan. Selain penyakit yang berhubungan dengan saluran kemih, ada juga anyang-anyangan yang disebabkan karena alergi. 

- Kehamilan

Semakin tua usia kandungan semakin membesar pula perut maka akan semakin menekan kantung kemih Ibu hamil. Akibatnya keinginan untuk buang air kecil semakin sering, tapi jumlah urin yang dikeluarkan sedikit.

- Efek samping dari KB dan pemakaian kateter

Terkadang penanam alat KB khususnya jenis spiral yang dipasang di rahim dapat menimbulkan gejala anyang-anyangan. Ada juga anyang-anyangan yang disebabkan karena pemakaian kateter. Ada yang belum tahu kateter? ituloh, saluran kencing buatan yang biasanya dipakaikan pada orang sakit atau setelah menjalankan operasi. Aku tahu karena kebetulan adikku dulunya perawat dan Nenekku kalau pas dirawat di RS pipisnya lewat selang kecil dari karet yang berguna untuk saluran urin. Mungkin karena terlalu lama tidak diganti-ganti, sehingga kateter menjadi jembatan bakteri untuk masuk ke saluran kantung kemih. Ada baiknya kateter tersebut dikontrol secara berkala untuk menghindari penyebab anyang-anyangan.


Kalau kita sudah tahu apa saja yang menjadi penyebab anyang-anyangan, maka kita akan dengan mudah mengatasi susah buang air kecil yang sangat mengganggu. Ingat lho, anyang-anyangan jangan sampai dibiarkan terlalu lama karena bisa menyebabkan kerusakan serius pada ginjal.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi anyang-anyangan:

1.             Perbanyak minum air putih.
2.             Meminum air perasan jeruk nipis
3.             Mendengarkan gemeridik aliran air keran
4.             Minum rebusan tanaman kumis kucing
5.             Periksa ke Dokter bila sakit tak kunjung reda


Sebenarnya ada cara lain yang sangat bermanfaat dalam mencegah anyang-anyangan. Kita bisa dengan rutin minum jus atau ekstrak cranberry. Nah yang jadi masalah buah ini cukup sulit kita jumpai, padahal keberadaannya sangat diharapkan untuk menjaga kesehatan saluran kemih. Untungnya ada Prive Uri-cran yang merupakan ektrak buah cranberry yang dikemas dalam bentuk bubuk dan kapsul. Kenapa sih harus minum Prive Uri-cran yang mengandung ekstrak cranberry? Karena menurut penelitian, buah cranberry ini mengandung Proanthocyanidin yang sangat berguna untuk menghambat pelekatan bakteri E. Coli di saluran kemih.

Prive Uri-cran mencegah anyang-anyangan
Minum Prive Uri-cran 1-2 sachet per hari


Setelah beberapa kali minum Prive Uri-cran ini, secar bertahap aku merasakan manfaatnya. Kini aku gak perlu was-was lagi saat bepergian lalu mengalami anyang-anyangan yang tentunya sangat mengganggu aktivitas travelingku. Aku suka dengan rasa Prive Uri-cran bubuk, asem dan manisnya pas serta semakin segar bila diminum dingin atau ditambah es batu. Aturan minumnya, kita bisa minum 1-2 sachet per hari.

Prive Uri-cran bantu cegah anyang-anyangan


Selain rasanya yang segar, aku juga merasa tenang saat mengkonsumsi Prive Uri-cran ini karena bahan-bahan yang terkandung di dalamnya adalah bahan alami dan diproduksi oleh perusahaan terpercaya seperti PT. Combiphar. Prive Uri-cran ini bisa kalian beli di Century, Guardian, kimia farma dan apotik-apotik lainnya yang ada di kota kalian.


Kalau kalian ingin tahu komposisi serta tanggal kadarluarsa dari Prive Uri-cran ini caranya gampang, tinggal lihat saja di belakang kemasan kotak atau sasetnya. 

Uri-cran
Keterangan kemasan Uri-cran bubuk



Demikian cerita pengalamanku tentang anyang-anyangan serta tips mengatasinya. Jika kalian ada yang pernah mengalaminya, Yuk share pengalaman kalian di kolom komentar. Siapa tahu pengalaman kita bisa berguna buat banyak orang. Oh ya untuk yang ingin kenal lebih dekat dengan Prive Uri-cran, bisa langsung berkunjung ke web, Facebook Uri-cran dan Instagramnya.







46 comments:

  1. saya yang kemana mana naik motor juga terpaksa suka nahan pipis. kalau anyang anyangan sekarang udah gak bingung lagi karena ada uricran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebiasaan nahan pipis ya Mba, sebenarnya gk baik. Iya nih, untung aja ada Uri-cra hehe

      Delete
  2. Eh, aku juga ada stok ini di rumah mbak, katanya bagus, sama dengan reviewnya mbak Septi. Tapi aku belum coba, nanti kalau sudah diseduh aku buat reviewnya juga deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba Mba, aku sih suka.. kaya minum sirup, seger dan manfaat 😃

      Delete
  3. Iya nih aku suka sama rasanya uricran hihihi..
    Terimakasih ya sdh diingatkan utk waspada dg anyang2an��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mba, selalu siap uri cran ya Mba 😊

      Delete
  4. memang nggak enak banget ya kalau harus terus-terusan ke kamar kecil. apalagi kalau sampai sakit saat BAK-nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeet Mba, kaya capek sendiri tp urin yang keluar dikit. Huuft, jangan sampai deh anyang-anyangan lagi

      Delete
  5. Aku kalo lagi pergi-pergi cuek aja mbak mau pipis, yang penting selalu bawa tissue. Hehehehe. Thanks reviewnya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memang harus sedia tisue Mba. Karena nahan BAK juga gak baik Mba hehe

      Delete
  6. Saya kalau kebelet pipis di tempat umum tapi pas lihat toiletnya jorok langsung sebisa mungkin ditahan. Padahal nggak baik ya, untuk sekarang sudah ada produk uri cran. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaa banger kaya akuu, mual aja gitu. Tapi bener kata Mba, gak baik tuh kita Keseringan nahan pipis. Untuk pencegahan uri-cran bisa jadi pilihan 😊

      Delete
  7. kudu cepet pipis ya biar gak anyang2an :D

    ReplyDelete
  8. Baru tau saya mba ternyata anyang" juga ada obatnya juga ya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada dong Kang Mayuf, bisa minum Uri-cran salah satunya hehe

      Delete
  9. Paling ga kuat kalau anyang-anyangan gini ya mba. Jadi ga fokus mau ngapa-ngapain. Kalau aku dulu biasanya perut dikompres air hangat yang disimpan di botol .Kalau kekarang ada Uri Cran gini Alhamdulillah ngebantu banget ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, aku gak mau lagi deh kena anyang-anyangan. Sama, dulu aku juga pakai cara tradisional kaya gitu, tapi sekarang ada yang lebih praktis, terutama nolong banget pas traveling.

      Delete
  10. Sudah nyobain produk ini. Berkhasiat banget.

    ReplyDelete
  11. Ku sudah cobain mba rasanya ga kayak obat prive ini karena dulu aku ngidap ISK hiks :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuu Mba, segar kaya sirup. Duh pasti lebih gak enak itu kalo udah kena ISK, aku yang kena gejalanya aja udah gak enak.

      Delete
  12. Anyang-anyangan tuh tidak nyaman banget, makasih artikel nya, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget Mba, Terimakasih juga udah mampir 😊

      Delete
  13. Alhamdulillah selama ini blm pernah anyang-anyangan...

    ReplyDelete
  14. waktu itu aku juga pernah ke anyang-anyangan, nggak enak banget. huhuhu. sekarang sedia prve uricran dirumah, biar bs bebas dr anyang-anyangan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, gak enak banget kalo kena anyang-anyangan. Uri cran nolong banget ya Mba 😊

      Delete
  15. Rasa cranberry..seger nih pastinya.. Bebas anyang2an lewat minuman segar

    ReplyDelete
  16. Wah aku termasuk jarang banget minum air putih nih mbak.. Semoga jangan sampai kena anyang2an deh, hhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mukai sekarang banyakin minun aie putih Mba, jangan sampai deh kena anyang-anyangan 😊

      Delete
  17. Zaman dulu kalau anyang-anyangan mengatasinya dengan mengikat jempol kaki, tapi sekarang gak sudah kuno karena sudah ada obatnya yakni prive Uri-cran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengikat jempol kaki? Aku baru tahu Mba hehe..

      Iya nih, sekarang ada Uri cran yang manfaat banger buat cegah anyang-anyangan.

      Delete
  18. aku juga pake uricran ini buat anyang anyangan, manjur lho di aku hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya nih, manjur dan praktis buat atasi anyang-anyangan

      Delete
  19. Wah thank you info nya mbak, selama ini kalau ayang2an aku hanya minum air hangat tp skrg ada uricran yahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mba Yanti, iya nih udah makin gampang karena ada Uri cran 😊

      Delete
  20. Uricran rasanya juga enak ya, asem segar dan manis. Tapi mesti rutin minumnya biar cepat hilang anyang-anyangan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga suka rasa uri cran, kaya minum sirup. Iya Mba, lebih praktis sih hilangin anyang-anyangannya hehe

      Delete
  21. ini pas banget buat yang suka anyang-anyangen
    apalagi dingin2 gini sering kambuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berul banget tuh Kang.. tapi jangan sampe deh kena anyang-anyangan

      Delete
  22. Selain berkhasiat,rasanya seger mirip sirup

    ReplyDelete
  23. ampuh banget emang uricran ini :D temen sha belasan jam di kereta bikin anyang2an terus minum ini langsung sembuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget nget nget.. iya nih jadi teman traveling sejati ya si Uri cran Mba Sa 😊

      Delete

Silahkan tinggalkan jejak, Teman. Gunakan bahasa yang baik agar silahturahmi dan diskusi kita menyenangkan. Saya pun akan berkunjung balik ke Blog kalian. Tolong untuk tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima Kasih :-)