Monday, April 9, 2018

, , , ,

Jelajah Nusantara, Sepotong Rindu dari Pulau Derawan


“Jangan rindu. Berat, kamu gak akan kuat. Biar aku saja.” Kata Dilan ke Milea. Sebenarnya banyak hal yang lebih berat dari rindu, salah satunya adalah gagal move on berkali-kali dari liburan yang menakjubkan ke banyak destinasi. Andai kamu seorang traveler sejati, maka kamu akan paham banget rasanya rindu itu.

Suasana di pulau derawan
Pulau Derawan

Sudah setahun berlalu aku menginjakkan kaki di Pulau Derawan, tempat eksotis yang menyuguhkan banyak hikmah perjalanan. Kali ini aku gak akan membahas mengenai  rute perjalanan, lebih ke apa saja yang akan kalian dapat bila berkunjung ke Pulau Derawan. Di mulai dari tempatku menginap saat itu yakni di Kampung Derawan, home stay kami letaknya menjorok ke laut. Ini salah satu kelebihan yang akan kalian dapat bila menginap di tempat yang langsung terhubung dengan bibir pantai :

-  Kalian bisa menikmati sunrise dan sunset tanpa harus berjalan jauh.
-  Kalau bosan di kamar penginapan, kalian bisa terjun bebas ke laut dan berenang bersama penyu.
-  Menikmati angin pantai dan deburan ombak yang menambah ketenangan.
-  Berbaur dengan warga, kalau lagi beruntung kalian bisa ikutan ngumpul bakar-bakar ikan gratis.
-  Terasa lebih sunyi, cocok bagi kalian pecinta sepi.

penginapan murah di pinggir pantai derawan
Home stay yang menjorok ke laut di Derawan

Baca juga: Buhe, Surga Tersembunyi di Provinsi Lampung

Dari tempat penginapan, kami bertolak menuju Maratua Island. Kalian tahu Maldives? Nah Pulau Maratua ini menurutku cocok jadi Maldivesnya Indonesia. Kalau aku pribadi, yang paling menarik adalah warna air lautnya. Birunya unik, seperti birunya air kolam renang. Rasanya tuh ingin berenang aja lihat lautnya. Tapi menurut pemandu wisata kami waktu itu, alangkah baiknya kita gak berenang di sekitaran Maratua Island guna menjaga indahnya air laut serta biota di dalamnya. Jadi cukup selfie cantik aja ya, hehe.

Maratua Island menjadi salah satu destinasi favorit para turis
Maratua Island bagaikan Maldivesnya Indonesia

Oh ya, di Maratua Island ini kita juga bisa menyewa kamar untuk bermalam. Tapi mungkin gak akan aku sarankan untuk yang punya budget minim, karna harga permalamnya saja bisa jutaan rupiah. By the way, kalau untuk honey moon yang memang dananya dilebihkan, boleh banget menginap di sini.

penginapan di Pulau Maratua
Restoran sederhana sekaligus tempat penginapan di Maratua island

Setelah ngenteh dan ngopi berjamaah bersama teman-teman blogger di Maratua Island, kami melanjutkan perjalanan menuju  Goa Halo Tabung atau nama lainnya Goa Haji Mangku. Aku kira tempat ini sekedar goa-goa biasa, tapi pas sampai lokasi, aku terpesona lagi dengan salah satu bentuk kuasa Allah swt.

Goa haji mangku berubah nama menjadi goa halo tabung
Pintu masuk goa halo tabung

Goa Haji Mangku ini ada airnya, warna airnya biru safir. Menakjubkan deh pokoknya, temanku ada yang berani lompat dari atas goa ini, kurang lebih lima meteran jaraknya dari atas. Untuk kalian yang takut terjun kaya aku, kalian bisa kok berenang santai pakai pelampung. Jadi kan gak sia-sia amat jauh-jauh datang ke sini.

ngapung cantik di Goa Halo Tabung
Sempatin buat nyemplung di sini meski kalian gak bisa berenang.

Jika nanti kalian ke Goa Halo Tabung dan bisa berenang, coba deh rasakan sensasi menyelam di goa ini hingga jauh ke bawah. Kesannya misterius gimana gitu. Jujur, aku iri dengan mereka yang pinter banget berenang.

Menyelam dan menikmati indahnya air di Goa Halo Tabung
Si Leon nyelam sampai dasar Goa Halo Tabung, bikin iri.

Puas selfie riang di Goa Halo tabung kami lanjut lagi ke Taman Si Billy. Tempat ini layaknya sebuah taman yang mempunyai bunga karang atau terumbu karang yang masih baik. Ada lagi yang bikin indah di mata yakni aneka ikan warna warni. Gak cukup puas hanya melihat dari atas, kami pun memutuskan untuk snorkeling di tempat ini. Foto bareng ikan-ikan cantik dan penyu-penyu besar. Untungnya gak ada hiu, haha!

Taman si billy merupakan habitat terumbu karang dan rumah bagi ikan warna warni
di Taman Si Billy terumbu karang dijaga dengan baik

Berenang bareng penyu
Selfie bareng penyu raksasa di Taman Si Billy

Pak Hasan, nama pemandu kami. Beliau ini gak Cuma ngajak kami mengunjungi tempat-tempat indah yang sifatnya umum saja di Derawan, dari Taman Si Billy kami diajak merapat ke pinggir pantai yang merupakan surganya bintang laut. Puas mata kami melihat aneka warna dan bentuk bintang laut. lalu Pak Hasan kembali berpesan untuk tidak mengeluarkan bintang laut dari air dalam waktu yang lama, kami pun setuju. Pada dasarnya bintang laut kalau terlalu lama di luar air akan mudah mati, atau malah ada yang berniat mau bawa pulang? Duh, jangan deh karena habitat bintang laut bukan berada di rumahmu. Jangan karena ambisi kita lalu makhluk hidup lain malah tersiksa.

aneka bintang laut ada di tempat ini dalam jumlah banyak
Surganya bintang laut

Oke, move on dari si bintang laut unyu. Untuk mengakhiri perjalanan satu hari tersebut kami diajak merapat ke sebuah dermaga. Entah apa nama dermaganya, yang jelas aku melihat beberapa orang sedang asik snorkeling di sekitar dermaga sederhana tersebut. Aku sempat pesimis dan suudzon pemikiran, ngapai sih kita ke tempat seperti ini? Bukannya ini sama aja kaya di home stay kami ya?

Tanpa banyak babibu, Pak hasan merapatkan spitnya. Karena mau turun dari perahu otomatis mataku melihat ke bawah laut. Dan, alhasil aku hampir bersorak kegirangan melihat banyak sekali ikan warna warni. Benar-benar nyata di dekatku, bahkan saat kami memutuskan untuk ikut bergabung dengan wisatawan lainnya turun ke laut, ikan warna warni yang melimpah ruah ini gak takut-takut mendekati kami. Seolah menyambut kedatangan tamu besar. Coba deh ikannya aja ramah-ramah, apalagi dengan penduduk lokal Pulau Derawan ini.

di dekat sebuah dermaga terdapat ikan-ikan cantik yang ramah selfie
Ikan warna wanri ramah menyapa para turis

Eh tapi ini seris lho, aku dan temanku kalau sore suka main ke perkampungan derawan dan penduduk lokalnya ramah-ramah. Asal kita sopan, obrolan apapun atau pertanyaan tentang derawan bakal mereka jelaskan dengan senang hati. Pernah ngobrol yang ujung membicarakan tentang upacara adat di Derawan. Jadi ada hari khusus melakukan upacara tolak bala. Rangkaian acaranya adalah berdoa barsama minta supaya Kampung Derawan dibersihkan dari dosa-dosa yang mungkin dilakukan oleh turis, misalnya perzinahan. Setelah doa minta ampunan, acara dilanjutkan dengan berdoa agar dijauhi dari musibah yang mungkin Tuhan turunkan karena kesal dengan prilaku menyimpang para pengunjung.

Menurut pengakuan seorang penduduk setempat setelah terlaksanya upacara adat tersebut, hujan lebat pun turun disertai angin dan gelombang laut yang mengerikan. Seolah alam sedang menyapu bersih dosa-dosa yang mungkin dilakukan oleh para pengunjung. Hem, ini sih adat istiadat yang cukup unik di Pulau Derawan. Nah buat yang mau ke Derawan usahakan kita taat aturan, maksudnya gak melakukan hal-hal ajaib yang mengundang murka Allah SWT.


Kampung Pulau Derawan
Gapura Selamat Datang Kampung Derawan Island

Ada satu yang menjadi kekhawatiranku saat ini ketika mendengar berita bahwa dua pulau di Kepulauan Derawan ini sudah jadi milik orang asing. Pas tahu berita itu rasanya dada ini bergemuruh, masalahnya aku berasa gak rela aja kalau sebagian tempat di Pulau Derawan sudah berpindah tangan ke bule-bule yang awalnya kepo sama Derawan. Bayangin aja, kalian kalau mau menikmati pantai di dua pulau ini harus merogoh kocek yang lebih dalam karena di setiap pintu gerbangnya ada Pak Ogah yang senang melarang turis lokal. Yang kudengar harganya enam jutaan bila kita memasuki kawasan dua pulau yang katanya telah tergadaikan. Duh mirisnya gak keungkap, aku gak rela pake banget kalau Derawan milik orang luar. Pesona Derawan adalah aset besar bagi negara, aku berharap ini hanya sekadar kabar burung. Kasihan kan nantinya anak cucu kita gak menikmati indahnya Kepulauan Derawan yang ada di Kalimantan Timur. Save generasi selanjutnya!

Gimana? Udah ada getaran-getaran rindu belum untuk berkunjung ke Derawan? Kalau ada, buruan yuk cari-cari tiket pesawat. Kalau mau agak enjoy di perjalanan dan punya dana lebih, gak ada salahnya pesan tiket pesawat Garuda Indonesia. Agar lebih mudah kita bisa memesan tiket pesawat secara online melalui situs Skyscanner. Apa sih Skyscanner itu? Jadi skyscanner semacam situs atau aplikasi penyedia layanan perjalanan dari mulai tiket pesawat, hotel, sewa mobil dan lain sebagainya dari banyak agent travel terkenal di seluruh dunia.

Lah kalau begitu sama saja dong yang namanya OTA (Online Travel Agent)? Jelas beda, karena Skyscanner ini pada dasarnya mengumpulkan setiap OTA atau Online Travel Agent yang ada. Selanjutnya saat customer mencari baik itu tiket pesawat, hotel atau sewa mobil maka Skyscanner menampilkan perbandingan harga dari tiap OTA. Jadi banyak banget keuntungan kita menggunakan Skyscanner ini.

banyak hal yang bisa kamu cari di Skyscanner yang berhubungan dengan traveling
Menu-menu yang terdapat di situs Skyscanner

Sesungguhnya aku sudah memimpikan perjalanan-perjalanan lain yang ingin kujelajahi. Salah satunya mau main ke padang. Asik kan tuh sambil mampir ke rumah saudara, bisa sekalian jalan-jalan dan dapat banyak referensi wisata dari Sumatra Barat. Serius, aku ingin sekali berpetualang ke sana. Mampir ke Seribu Rumah Gadang, cuci mata ke Lembah Harau, selfie di depan jam gadang, atau sederhana menikmati asrinya Kelok Sembilan dan masih banyak tempat indah lainnya. Semua impian itu bisa diwujudkan dengan mudah bila kita menggunakan aplikasi Skyscanner. Oh ya, Skyscanner sekarang pun sudah tersedia dalam bentuk aplikasi mobile. nantinya kita akan mendapatkan banyak keuntungan dari menggunakan aplikasi canggih ini.

Untung banyak menggunakan aplikasi Skyscanner
Skyscanner, praktis dan banyak untungnya.

Karena sudah punya tujuan liburan yang akan datang, makanya dari sekarang aku sering intip-intip tiket pesawat di Skyscanner. Kalau nanti dana yang tersimpan bisa dibilang cukup banyak, InsyaAllah mau coba pesan tiket pesawat Garuda Indonesia. Kan lebih nyaman tuh perjalanan kami nantinya. Ketika selesai memilih maskapai dengan harga dan kenyamanan yang kita inginkan, nantinya kita akan dibawa menuju situs atau website OTA atau penyedia tiket pesawat yang tadi sudah kita pilih.

dari Skyscanner nantinya akan diarahkan langsung ke agen travel atau OTA yang kita pilih
setelah melakukan sejumlah tahapan pemesanan tiket dan kita telah memilih maskapai yang sesusai keinginan maka nantinya dari Skyscanner akan diarahkan ke situs resmi OTA tersebut

Selain kemudahan dalam pemesanan tiket, Skyscanner pun menyediakan pilihan bulan termurah untuk melakukan pemesanan tiket pesawat. Duh, apa gak makin baper aja coba kalau lihat promo begini.

Tinggal pilih di bulan kapan kalian mau berangkat
Promo bulan termurah dari Skyscanner

Setelah kepo dengan tiket pesawat selanjutnya pasti kita bakal mempersiapkan dimana nanti menginapnya, bagaimana dengan transportasi selama perjalanan. Nah untungnya di Skyscanner ini pun sudah dilengkapi dengan booking  hotel dan sewa mobil. Jadi buat yang gak punya kenalan di tempat tujuan, kita bisa dengan santai cari hotel dan cari penyewaan mobil.


di Skyscanner kamu bisa mendapatkan banyak kemudahan dari mulai kemudahan pesan tiket pesawat dan lain-lain
beragam kemudahan yang ditawarkan oleh Skyscanner



Kalau ada yang bingung atau perlu tips dan inspirasi wisata, di Skyscanner pun sudah ada artikel-artikel yang nantinya akan membantu kalian seputar dunia traveling khusus untuk masyarakat Indonesia. Coba, kurang lengkap apa lagi?

kalau bingun apa yang harus dilakukan untuk memulai perjalanan, kamu bisa baca-baca artikel yang ada di Skyscanner
Tips serta inspirasi yang bisa kita dapat di website Skyscanner

Kemudahan dalam hal perjalanan sudah didapat, tinggal eksekusinya. Sampai bertemu di liburan yang akan datang Padang, semoga bisa secepatnya menelusuri setiap wilayah di Minang. InsyaAllah.



*Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner.






32 comments:

  1. Asik banget mbak tempat dan ceritanya ngetripnya.. Kalau dibagian air2 gini seneng lihat dan bacanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih asik kalau nanti Mba berkunjung langsung ke Derawan. Semoga bisa sampai juga ya Mba ke Derawan, sebelum kepulauan ini jadi rebutan dengan org luar.

      Delete
  2. Bagus nya... Langsung masuk list ah buat next holiday.. Makasii infonya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aslinya lebih okeh Mba, harus main ke Derawan. Sama2 Mba hehe..

      Delete
  3. Liburan makin mudah aja dan menyenangkan dengan Skyscanner

    ReplyDelete
  4. Maratua Island bagai Maldives-nya Indonesia?? wah jgn dulu ke luar negeri kalau di negeri sendiri masih banyak yg belum dieksplorasi ya kak :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuu Kak, harus mampir ke sini dulu sebelum main ke luar negeri...

      Delete
  5. kayakny seru ya kesana,, aku belom kesana

    ReplyDelete
  6. kayakny seru ya kesana,, aku belom kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru dan indah, khawatir gak mau pulang kalo ketemu lautnya

      Delete
  7. Ternyata Derawan itu sangat mempesona ya. Sangat eksotis, itu terlihat dari Foto fotonya yang cantik. Mau banget berkunjung ke pulau Derawan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuu, aslinya lebih mempesona. Bisa bikin kita makin bersyukur kalo berkunjung ke tempat2 seperti ini Mba.

      Delete
  8. Detawan, salah satu destinasi impuan Saya selain Labuan Bajo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus main sampai sini Mba, pasti ketagihan.

      Delete
  9. Derawan.. Oh my God maybe next ah... Aku pingin ke sana juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah sampai juga Mba ke Derawan. Gak bakal nyesel deh main ke sini.

      Delete
  10. Ada seorang teman yang dari beberapa bulan lalu membuatku mupeng pengin segera ke Pulau Derawan. Hampir setiap hari dia merecoki pikiranku untuk segera ke Pulau Derawan. Namun apa daya, kesempatan belum juga tiba.

    ReplyDelete
  11. Salah satu destinasi impianku, ya Pulau Derawan. Kece parah Pulau Derawan ini.

    ReplyDelete
  12. Pulau Derawan! Salah satu tempat yang pengen saya kunjungi!

    ReplyDelete
  13. aish pemandangannya bikin mupeng. Suka ih liatnya apalagi tempat penginapannya. Kadang makan kalau wisata gini pun sederhana asal enak udah cukup buatku yang penting tempat keren dan bersih

    ReplyDelete
  14. Iya kaget juga ada kabar salah satu pulau di sana sudah dimiliki opening using. Itu harusnya pemerintah turun tangan. Jangan hanya kaRena bisnis, lalu aset bangsa dijualbelikan. Kalau beneran itu beritanya, harus digital kan deh...

    ReplyDelete
  15. Saya mau pakai banget kalo dapat kesempatan main ke Derawan. Pemandangannya itu lho, we o we...

    ReplyDelete
  16. Pulau Derawan lagi naik daun nih, jadi mupeng banget pingin ke sana. Pemandangannya membuat takjub. Semoga da kesempatan ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indah dan selalu buat takjub Mba, aku yg udh ke sana aja mau balik lagi. InsyaAllah Mba juga sampai ke sana, aamiin ya Robb :)

      Delete
  17. Ya Allah kak, itu pulau derawan cantik bangetttt. Pengen banget someday bisa kesana. Mudah mudahan ada rezeki tahun ini

    ReplyDelete
  18. derawan masuk salah satu wishlist akuuu. semoga bisa segera berkunjung kesana secepatnyaaaa! aamiinnnn. makasih infonya mba ❤

    ReplyDelete
  19. Bagus banget mbak pulau derawan.
    Aku juga pengen bisa ke sana, terutama ke pantainya

    ReplyDelete
  20. Pengen ikut ke goa halo tabung... Saya suka renang . Bisa betah nih kalo diajak ke sini. Air nya juga jernih. Ahh mupeng.

    ReplyDelete
  21. Seger banget lihat pantai dan snorkeling, berasa penat hilang ya mba.

    ReplyDelete
  22. Wah asyik banget ke Derawan, dengan pesona alamnya yang indah. Inilah bagian Indonesia. Semoga selalu menjadi milik negara ini sampai kapanpun dan bukan milik orang asing, ya mbak. Tunggu aku di Derawan...

    ReplyDelete
  23. Envy berat euy lihat foto2nya. Warna airnya luar biasa banget. Jamin bakal betah deh kayaknya aku kalau ke sini

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak, Teman. Gunakan bahasa yang baik agar silahturahmi dan diskusi kita menyenangkan. Saya pun akan berkunjung balik ke Blog kalian. Tolong untuk tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima Kasih :-)