Wednesday, October 17, 2018

, , , ,

4 Tempat Wisata yang Harus Dikunjungi di Samarinda


List wisata yang belum kesampaian masih panjang, sedang waktu menuju tua terus mendekat. Mau tahu wilayah mana lagi yang kutulis dalam memori otakku dan ingin kurealisasikan? Salah satunya adalah Samarinda. Mungkin buat sebagian orang terasa mimpi yang sederhana, ya memang sederhana tapi sangat membuat bahagia apabila aku bisa menginjakkan kaki kembali di Kalimantan Timur.
Eh iya kenapa aku ngotot banget mau ke Samarinda, Kalimantan Timur? Karena aku masih sangat terpesona dengan alamnya Kalimantan Timur, soalnya dulu pernah main ke Derawan dan sekitarnya. Dan itu bakal bikin kita setingkat lebih cool dan pas banget buat menghilangkan penat dengan aktivitas kota.
Empat tempat yang udah jelas tergambar diingatanku, yakni:

Wisata Sungai Mahakam


Sumber gambar: travel.detik.com

Sungai Mahakam baru kukunjungi secara fiksi di pelajaran waktu sekolah. Aku penasaran karena nama sungai ini sering kudengar juga dari pembicaraan banyak orang. Aliran sungai Mahakam mencakup sebagian besar wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Barat, dan juga Kota Samarinda. Sungai besar ini dijadikan masyarakat sekitar sebagai alternatif transportasi umum yaitu berupa kapal yang berfungsi mengangkut penumpang, barang dan hasil bumi.
Dari foto-foto yang kulihat di Instagram ataupun google, Sungai Mahakam ini tampak manis dan romantis saat malam. Kan asik tuh santai menikmati malam di pinggiran sungai sambil menikmati aneka kuliner di sekitar Mahakam.

Mesjid Islamic Center Samarinda


Sumber foto: www.nias-bangkit.com

Mengunjungi mesjid Islamic Center Samarinda yang megah adalah salah satu tujuan wisataku saat di Samarinda. Ingin merasakan indahnya ibadah di mesjid ini. Banyak teman IG yang kalau main ke Samarinda pasti mampir ke mesjid ini. Apa sih yang unik dari mesjid Islamic Center Samarinda ini? Coba kita lihat dari segi arsitekturnya yang khas dan terinspirasi dari Hagia Sophia di Turki. Menurutku wisata religi ke sini adalah pilihan yang tepat terutama buat orang seperti aku yang ingin banget main ke Hagia Sophia tapi belum kesampaian.
Selain itu untuk dari konsep bangunan mesjid sendiri sepertinya sudah sangat dipikirkan maknanya. Seperti misalnya ada menara utama di mesjid Islamic Center Samarinda dengan ketinggian 99 meter yang artinya melambangkan asmaul husna. Bangunan masjid ini memiliki 3 lantai dengan jumlah total anak tangga sebanyak 33 buah, ini terinspirasi pula dari jumlah butiran tasbih.

Kampung Tenun Samarinda


Sumber foto: phinemo.com

Indonesia terkenal dengan ragam budayanya, maka gak ada salahnya sebagai anak negeri kita ikut melesetarikan serta mencintai kebudayaan yang ada. Salah satunya bisa dengan menjadi Travel Blogger Budaya yang nantinya dari hasil kunjungan wisata budaya tersebut bisa ditulus di blog masing-masing. Karena aku yakin, peran Blogger ini sangat penting untuk mengupdate segala hal di pencarian Google.
Nah karena itu aku juga sangat tertarik untuk menambah wawasan nusantara dengan cara wisata budaya ke Kampung Tenun Samarinda. Kalau bisa sampai kampung ini pasti tulisan yang akan terposting di blogku bakal lebih mendalam tentang kerajinan tenun Samarinda. Berharap bisa dibaca banyak orang terlebih negara lain. Sehingga secara tak langsung aku ikut melestarikan kebudayaan Indonesia melalui tulisan. Ah, semoga suatu hari bisa sampai ke Kampung Tenin Samarinda.

Pulau Beras Basah


Sumber foto: ksmtour.com

Unik bukan nama pulau ini? Hehehe. Aku memang suka dengan wisata alam, terlebih main ke tempat yang beraroma pantai. Setelah kucari di Mbah Google, aku menemukan rekomendasi tempat wisata menarik yang ada di Samarinda yakni Pulau Beras Basah. Pulau ini berada di Bontang, tepatnya kawasan wisata ini berada di selat Makasar.
Pulau Beras Basah ini mempunyai keindahan alam serta warna air yang terbilang biru segar seperti khasnya pantai Timur Indonesia lainnya. Ya, seperti yang sudah kukatakan bahwa aku sangat jatuh cinta dengan air laut Maratua, Sangalaki, Kakaban dan pantai-pantai indah di pinggiran pulau Derawan lainnya.
Asal muasala dari nama Pulau Beras Basah ini konon dahulu ada kapal yang mengangkut muatan beras yang singgah di pulau ini. Karena takut dengan ombak yang besar saat melanjutkan perjalanan, maka mereka menumpahkan sebagian beras ke laut, dan beras itu pun akhirnya basah terkena air laut. Lalu dinamailah pulau tersebut Pulau Beras Basah.
Oke aku sudah mempunyai planning wisata ke Samarinda, aku ajaklah keluarga buat main ke sana. Ayah menyetujui, Beliau bilang punya teman waktu diklat yang tinggal di Samarinda. Jadi nanti bisa mampir main ke rumah teman ayah dan kalau mau pun bisa menginap di rumah tersebut. Tapi adikku mengusulkan agar kami menyewa penginapan saja, karena selain lebih bebas juga gak merepotkan teman Ayah dan keluarganya.
Benar juga sih, dan kuusulkan untuk membooking hotel. Gak harus hotel yang mahal, yang penting nyaman pun sudah cukup bagi kami. Mulai deh kujelajahi internet, kucari disemua situs dan sampai akhirnya kuputuskan untuk membooking di salah satu hotel traveloka. Kalau aku coba bandingkan harga booking hotel dari berbagai situs ternyata di traveloka ini harganya relatif murah, proses pemesanan tiket tidak ribet, pembayaran mudah, cepat dan dengan pilihan hotel yang lengkap di Indonesia bahkan seluruh dunia.

Untuk yang belum pernah booking hotel di traveloka, berikut langkah-langkahnya:
  • Masuk ke aplikasi traveloka lewat android atau masuk ke situs web traveloka dengan komputer atau leptop.

  • setelah itu klik menu hotel untuk memulai booking hotel.
  • Di dalam aplikasi atau website traveloka ada fitur search yang bisa kalian isi dengan nama kota, hotel ataupun tempat yang kamu tuju untuk menyewa hotel.
  • Nah kebetulan tujuan wisata yang kuimpikan ke Samarinda, Kalimantan Timur. Tinggal search aja deh hotel-hotel yang ada di Samarinda.


  • Setelah itu pilih hotel yang mau kamu booking, lalu klik menu book now dan pilih kamar sesuai keinginan.


  • Setelah itu isi data-data informasi yang dibutuhkan. Lalu klik continue to review.


  • Lanjutkan sampai ke tahap pembayaran dan pilih metode pembayaran. Bisa menggunakan kartu kredit, ATM, transfer dan lain-lain. Aku memilih metode pembayaran via transfer.

  •  Lalu cek email untuk melihat detail info booking hotel dan segera lakukan pembayaran.

  • Setelah itu konfirmasi bahwa kamu sudah melakukan pembayaran dengan klik pada bacaan I Have Completed Payment.


  •  Nanti kamu akan mendapatkan email berupa voucer hotel yang berisi informasi mengenai waktu chek-in, tipe kamar, jumlah kamar, fasilitas dan waktu chek-out.

Saatnya menikmati waktu santai di hotel yang telah dibooking di traveloka, rasanya gak sabar untuk segera ke Samarinda. Kalau kalian ada rencana liburan dan menginap di hotel apa? Silahkan mencoba layanan booking hotel di traveloka dan dapatkan benefitnya seperti yang sudah kuuraikan sebelumnya. Nikmati Alam, Nikmati dengan rasa syukur dan nikmati kemudahan booking hotel di traveloka.

6 comments:

  1. Replies
    1. Nah dijadwalkan ke sana dan jangan lupa booking penginapan di Traveloka..

      Delete
  2. Pulau Beras Basahnya ukaya private island gitu ya, OMG aku kapan ya bisa menginjakan kaki di pulau sulawesi.

    ursula-meta.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pulau beras basah di Kalimantan Mba bukan di Sulawesi hehe... Aku jg pengen bgt ke sana

      Delete
  3. Kalau bobooking pakai traveloka sih udah juaranya. Mudah, cepat, pilihannya juga banyak.

    ReplyDelete
  4. belum pernah ke beras basah, karena emang di bontangnya sih hehehe
    Cakep ya

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak, Teman. Gunakan bahasa yang baik agar silahturahmi dan diskusi kita menyenangkan. Saya pun akan berkunjung balik ke Blog kalian. Tolong untuk tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima Kasih :-)

Untuk kerja sama berupa content placement, review produk dan lain-lain bisa email ke septiakhoirunnisa24@gmail.com