Tuesday, November 6, 2018

, , ,

Berikut Penyebab Gusi Berdarah Yang Sering Terjadi

Sumber gambar: hallosehat.com

Masalah mulut dan gigi jangan dianggap remeh. Hal ini dikarenakan bisa membuat anda repot sendiri jika sudah terjadi masalah di dalam mulut anda. Salah satu masalah di mulut yang jangan anggap remeh adalah masalah gusi berdarah. Masalah gusi berdarah bisa menimbulkan rasa nyeri yang akan sangat mengganggu anda. Maka, anda harus paham apa saja sih penyebab gusi berdarah. Dengan memahaminya, akan membantu anda lebih aware terhadap kesehatan gusi. Untuk lebih paham, perhatikan penyebab gusi berdarah berikut ini yang sering atau umumnya terjadi.

1.      Banyak Memakan Makanan Yang Manis

Apakah anda suka makanan manis? Untuk menghindari gusin berdarah, mulai sekarang hindarilah makanan yang manis. Jika perlu ganti dengan cemilan yang lebih sehat seperti buah. Makanan manis seperti cokelat dan permen bisa membuat gusi anda berdarah. Kok bisa? Karena jika anda memakan permen atau cokelat akan lebih sering menyisakannya di sela gigi. Kemudian akan membuat plak yang susah hilang. Setelah itu gusi anda akan mulai tidak baik karena peradangan gusi. Lebih buruk lagi gusi anda akan berdarah karena terjadi peradangan.

2.      Banyak Mengonsumsi Beberapa Obat

Beberapa obat seperti obat pengontrol tekanan darah dan obat anti depresan bisa membuat gusi anda berdarah. Hal ini terjadi karena dengan mengonsumsi obat-obat tersebut bisa membuat mulut anda menjadi kering. Jika mulut sudah kering, maka lama kelamaan akan menyebabkan gusi berdarah. Jika anda memang perlu mengonsumsi obat-obat tersebut, cobalah pergi ke rumah sakit. Anda bisa minta bantuan dokter bagaimana mengatasi gusi berdarah jika terjadi karena mengonsumsi obat tersebut.

3.      Melupakan Kebersihan Gigi

Kebersihan gigi adalah hal yang penting yang anda harus jaga. Salah satu menjaga kesehatan gigi adalah dengan menyikat gigi sesuai yang dianjurkan, yaitu minimal 2 kali sehari. Namun ada baiknya anda menyikat gigi 3 kali sehari. Jika anda tidak rajin menyikat gigi, bukan hanya gigi anda yang akan bermasalah. Gusi anda juga akan bermasalah dan mengakibatkan gusi anda berdarah. Gusi berdarah karena jarang menyikat gigi diakibatkan dari menumpuknya sisa-sisa makanan pada sela gigi. Kemudiana kan menyebabkan peradangan pada gusi. Jika gusi sudah meradang maka akan menyebabkan gusi berdarah ketika mengunyah atau terkena gesekan.

4.      Kebiasaan Merokok

Sudah tertera jelas sebenarnya jika kebiasaan merokok sangat membahaykan tubuh. Salah satu bahayanya adalah menyebabkan sistem imun di tubuh menjadi terganggu atau cenderung lemah. Jika sudah begitu maka bakteri atau infeksi jamur akan mudah masuk ke tubuh. Termasuk bakteri yang ada di mulut. Jika bakteri sudah susah untuk diatasi, maka gusi akan mudah berdarah. Maka, coba renungkan untuk mulai berhenti merokok. Jika anda ingin terus sehat. Bagaimana pun kesehatan anda juga lebih penting untuk anda maupun keluarga anda.

5.      Terkena Ginggivitis

Pernah mendengar tentang ginggivitis? Jika belum anda bisa mehami pemaparan berikut ini. Ginggivitis terjadi karena penumpukan makanan yang sudah sangat banyak. Memang penumpukan makanan ini tidak begitu terlihat oleh mata telanjang. Namun plak-plak yang tersisa di sela-sela gigi yang bisa menyebabkan ginggivitis. Ginggivitis dimulai dari gusi yang sangat memerah, kemudianbengkakdangusiakanjadiberdarah. Jika sudah terkena gingivitis anda bisa konsultasikan ke dokter gigi. Dengan begitu gusi anda bisa sembuh dari masalah ginggivitis.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak, Teman. Gunakan bahasa yang baik agar silahturahmi dan diskusi kita menyenangkan. Saya pun akan berkunjung balik ke Blog kalian. Tolong untuk tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima Kasih :-)

Untuk kerja sama berupa content placement, review produk dan lain-lain bisa email ke septiakhoirunnisa24@gmail.com