Tuesday, November 20, 2018

, ,

Resep Kaldu Bubuk Non Msg Yang Bergizi


Pola hidup sehat kini sudah disadari betul oleh masyarakat Indonesia. Banyak sekali yang bisa dilakukan untuk membuat pola hidup lebih sehat. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang lebihsehat. Makanan yang sehat adalah makanan yang tidak menggunakan MSG. MSG merupakan kandungan yang sangat berbahaya yang sering ada di kaldu kemasan. Memang tak semua kaldu bubuk kemasan mengandung MSG. Kaldu bubuk non MSG kemasan juga ada yang dibuat dan kemudian dikomersilkan. Namun tak ada salah jika anda membuat sendiri kaldu bubuk non MSG di rumah. Bahkan anda bisa sendiri membuat kaldu bubuk MSG dengan bahan yang bervariasi dan juga bergizi.

Bahan Utama Kaldu Bubuk

Membuat kaldu bubuk non MSG bukan hanya dari daging ayam atau sapi. Anda juga bisa menggunakan bahan lainnya yang juga tak kalah bergizinya. Salah satunya anda bisa menggunakan tempe, jamur, atau juga ikan teri. Semua bahan tersebut bisa anda jadikan juga kaldu bubuk. Dikarenakan semua bahan tersebut juga sama bergizinya dengan daging ayam atau sapi. Jika anda hendak membuat kaldu sapi, anda bisa memilih sapi yang mudah dimasak. Sapi yang mudah dimasak adalah yang tidak terdapat serat dan juga mudah empuk jika dimasak. Kemudian jika anda memilih ayam, ada baiknya anda memilih bagian dada. Bagian dada pada ayam adalah bagian yang akan mudah diolah menjadi kaldu bubuk. Selain itu dada ayam juga lebih sehat.

Bahan Tambahan Membuat Kaldu Bubuk

Bahan tambahan membuat kaldu bubuk bisa anda tambahkan sayuran atau juga bumbu dapur yang akan menambah rasa. Bahan tambahan sayuran misalnya wortel dan tomat, kentang juga bisa. Sesuai selera anda. Kemudian anda juga bisa menambahkan bawang putih, bawang merah dan juga daun bawang. Dengan menambahkan bawang, akan membuat rasa kaldu jauh lebih gurih. Anda bisa siapkan bahan tambahan yang dibutuhkan dengan semua bahan dihaluskan menjadi satu. Misalnya anda memilih wortel dan kentang, anda haluskan. Bawang merah dan putih juga jangan lupa dihaluskan.

Cara Memasak Kaldu

Sudah tentukan bahan utama apa yang anda pilih? Nah misalnya anda memilih daging sapi. Anda bisa potong-potong daging sapi terlebih dahulu. Kemudian haluskan daging dengan blender yang memang diperuntukan untuk meggiling daging. Setelah itu jangan lupa masukkan bahan tambahan yang sudah dihaluskan. Setelah daging halus dan juga tercampur dengan bahan tambahan. Anda bisa mulai memasaknya dengan cara disangari. Proses sangrai adalah proses menggoreng tanpa minyak. Ketika menyangrai anda harus gunakan api sedang dan juga harus sering diaduk agar tidak gosong.

Setelah disangrai dan berubah menjadi empuk dan berubah warna. Anda siapkan oven dengan suhu sesuai dengan oven anda. Jangan lupa api bawah dan atasnya juga diatur. Setelah itu taruh daging yang telah disangrai di atas loyang dan kemudian panggang di oven selama kurang lebih 40 menit. Setelah 40 menit, angkat lalu haluskan lagi dengan food processor. Jika belum mendapatkan kehalusan seperti kaldu bubuk umumnya anda bisa masukkan lagi dalam oven lalu haluskan lagi dengan food processor. Jika ingin membuat kaldu bubuk tempe atau jamur juga sama proses membuatnya dengan di atas. Jadi tidak ada proses yang membedakannya meskipun bahan utamanya berbeda. Anda bisa memulai membuat kaldu bubuk non MSG sekarang.

1 comment:

  1. Semenjak hamil saya mulai pakai kaldu non msg untuk masakan di rumah. Pernah nyoba bikin sendiri. Ribet, capek, lama. Paling praktis sih beli aja hihi. Soalnya sekarang sudah banyak brand yang menjual kaldu non MSG ^^_^

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak, Teman. Gunakan bahasa yang baik agar silahturahmi dan diskusi kita menyenangkan. Saya pun akan berkunjung balik ke Blog kalian. Tolong untuk tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima Kasih :-)

Untuk kerja sama berupa content placement, review produk dan lain-lain bisa email ke septiakhoirunnisa24@gmail.com