Wednesday, August 12, 2020

,

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Secara Alami

 Lebaran haji kemarin pastinya kita merasakan banyaknya hidangan daging di rumah. Tak terkecuali dengan keluargaku yang sampai bingung mau dibuat apa lagi sisa daging kurban yang ada. Lagi asik-asiknya menyantap sate, adikku keluar dari kamar sambil memegang pipinya dan mengaduh. ‘Kenapa lagi nih anak?’ pikirku.

Sakit gigi
Sumber gambar: Web Halodoc


“Kenapa kamu Na? Surem amat mukanya.” Ledekku.

“Ish, sakit gigi nih. Malah diledekein!” timpalnya sambil terus memegangi pipinya.

Yups, ternyata dia sakit gigi dan pantas aja sate udah hampir habis dia belum makan-makan juga. Mau lanjut ngeledekin tapi gak tega liat mukanya, kasihan juga dia banyak kerjaan kantor. Yaudah kusuruh dia untuk kumur-kumur pakai air garam, abis itu aku ambilkan minyak tawon terus kusuruh tuang di kapas lalu diletakkan dibagian gigi yang sakit, plus kusuruh balurin juga minyak tawonnya di bagian luar pipi.

Tadinya mau kubelikan obat, tapi dia gak mau karena memang dia gak suka minum obat dan katanya sembuhnya suka Cuma sementara. Hem, kupikir cara yang paling ampuh sebenarnya pergi ke dokter gigi, misal ada bagian gigi yang berlubang kan bisa langsung ditambal atau dicabut jika sudah parah. Tapi karena masih sangat rawan dengan Covid 19 jadilah niat itu diurungkan. Ambil jalan aman dulu untuk kebaikan bersama. Alhamdulillah seiring berjalannya waktu sakit gigi adikku mereda dan akhirnya dia bisa melanjutkan kerjaan kantornya tanpa keluhan.

Sakit gigi itu pasti sangat mengganggu segala kegiatan kita, bawaannya pusing dan pengen marah. Sakit gigi itu asalah tanda adanya penyakit di tubuh kita, baik itu di rongga mulut maupun di bagian tubuh lainnya, ya semacam sinyal biar kita serius mengobatinya. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan sakit gigi? Berikut uraiannya:

  • Gigi berlubang
  • Tumbuh gigi (biasanya dialami oleh bayi dan anak-anak)
  • Gigi tanggal atau patah
  • Radang atau infeksi pada gigi dan gusi
  • Gigi bungsu yang tumbuh tidak normal
  • Pembusukan gigi
  • Masalah pada kawat gigi
  • Penjalaran nyeri dari bagian tubuh lain yang mengalami gangguan seperti sinusitis, penyakit jantung, kanker dan lain-lain.

Nah itu tadi beberapa penyebab seseorang mengalami sakit gigi yang sering kumat. Untuk itu aku ingin berbagi tips atau cara alami meredakan sakit gigi agar bisa membantu teman-teman yang mungkin saat ini sedang mengalaminya.

Kompres Menggunakan Es Batu

Es batu adalah hal yang paling mudah kita temukan di rumah, nah teman-teman bisa coba nih mengompres bagian yang sakit dengan es batu. Caranya dengan membungkus es batu pada anduk kecil, lalu kompres pada bagian pipi yang bengkak atau terasa sakit, tempelkan selama 15-20 menit dan ulangi. Cara ini membuat kempes bengkak dan mengurangi nyeri dan perdarahan gusi.

Kumur dengan Air Garam

Cara ini pasti gak asing lagi di masyarakat, bahkan aku juga pernah mencobanya dan cukup membantu. Caranya mudah, cukup larutkan 1-2 sendok makan garam ke dalam air hangat. Lalu berkumurlah dengan air garam tersebut selama kurang lebih 30 detik dan buang alias tidak ditelan. Lakukan beberapa kali.

Lemon

Buah lemon banyak sekali manfaatnya, karena mengandung antiseptic dan antibakteri makanya lemon ini juga bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi. Caranya cukup simple yakni bisa dengan berkumur dengan air lemon atau teteskan perasan air lemon ke kapas dan tempelkan pada gigi atau gusi yang bermasalah.

Daun Jambu

Ternyata daun jambu tak hanya bisa mengobati diare saja, buktinya dalam beberapa kasus sakit gigi bisa disembuhkan dengan daun ini. Caranya yakni bisa dengan cara mengunyah daun jambu lalu setelah lumayan halus bisa letakkan pada bagian gigi yang sakit.

Atau cara kedua bisa dengan merebus daun jambu tersebut sebanyak kurang lebih 5 lembar, tunggu hangat dan tambahkan garam. Selanjutnya kalian bisa langsung berkumur dengan air rebusan daun jambu tersebut.

Minyak Cengkeh

Cengkeh mengandung senyawa eugenol yang dapat meredakan nyeri dan peradangan untuk beberapa waktu. Kalian bisa menggunakan minyak cengkeh ini sebagai langkah sementara untuk meredakan sakit gigi. Caranya yakni dengan meneteskan minyak cengkeh di atas kapas, lalu letakkan kapas pada bagian gigi yang sakit. Atau bisa juga teteskan minyak sereh pada air, lalu gunakan air tersebut untuk berkumur.

Masih banyak cara alami yang bisa kita lakukan untuk meredakan nyeri sakit gigi. Jika kalian tahu obat sakit gigi alami lainnya bisa komen di kolom komentar ya, siapa tahu bisa berguna buat yang lainnya.

Tips di atas adalah langkah awal yang bisa kalian ambil untuk mengatasi sakit gigi, langkah yang paling tepatnya kalian harus ke dokter gigi ya untuk berobat atau sekedar berkonsultasi. Berhubung sekarang pandemic corona belum berakhir, pasti ada aja di antara kita yang masih was-was untuk pergi ke dokter gigi.

Nah aku punya solusinya yaitu kita bisa berkonsultasi dengan lengkap pada dokter gigi melalui aplikasi yang namanya Halodoc. By the way, aplikasi ini bisa kalian unduh di App Store dan Play Store ya. Sedikit kuberi gambaran, kalian bisa chat atau video call dengan dokter-dokter gigi yang handal melalui aplikasi Halodoc ini. Pastinya mereka para dokter akan memberikan selusi terbaik untuk kalian dalam penanganan sakit gigi. Dokter-dokternya juga ramah-ramah loh, jadi kita dibuat nyaman untuk berkonsultasi. Cobain deh! J

Continue reading Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Secara Alami

Tuesday, June 23, 2020

, ,

5 Tips Liburan Seru Bareng Sahabat Tersayang

Liburan bersama sahabat biasanya jadi agenda rutin yang bisa dilakukan untuk mempererat tali persahabatan. Apalagi untuk kamu yang mungkin sudah jarang bertemu dengan sahabat, liburan jadi hal yang cukup langka. Tips liburan seru bareng sahabat tentu kamu butuhkan agar momen penting ini semakin menyenangkan.

Sahabat adalah teman berbagi suka dan duka. Liburan bersama sahabat biasanya lebih menyenangkan dibanding dengan keluarga atau pasangan. Kamu merasa tidak ada beban saat bersamanya, simak berikut ini tips liburan seru bareng sahabat.

1. Tentukan Tujuan Wisata Secara Bijak

Tips aman liburan bersama sahabat adalah dengan menentukan tujuan wisata secara bijak. Karena kamu tidak liburan sendirian maka jangan egois dengan menentukan tempat liburan sesuai keinginan sendiri. Harus menerima masukan dari para sahabat ingin liburan ke mana.
Cara terbaik kamu dan sahabat bisa melakukan voting untuk mencari suara terbanyak. Jangan sampai ada salah satu teman yang merasa liburannya tidak seru hanya karena kurang menyukai tujuan wisata. Tentu liburan adalah sesuatu yang harus dilakukan dengan senang hati, maka dari itu bijaklah dalam memilih.

2. Persiapkan Budget

Tips travelling yang cukup penting adalah dengan mempersiapkan budget sebaik mungkin. Liburan bersama sahabat berarti kamu bisa menekan budget yang ada. Sebaiknya siapkan budget khusus untuk liburan minimal 3 bulan sebelum melakukan perjalanan wisata.
Apalagi jika kamu dan sahabat ingin melakukan perjalanan jauh seperti ke luar negeri misalnya. Ada beberapa biaya perjalanan yang harus kamu pikirkan mulai dari biaya penginapan, transportasi dan biaya makan.

3. Mencoba Gaya Liburan yang Menantang

Tempat liburan yang menyenangkan adalah yang membuat hati tenang dan nyaman. Tapi terkadang kamu dan sahabat tentu ingin mencoba pengalaman baru dengan sebuah liburan yang cukup menantang. Kamu bisa memilih aktivitas liburan yang memacu adrenalin.
Seperti menaiki wahana-wahana ekstrim, mendaki gunung atau mencoba wahana air arung jeram beramai-ramai. Meskipun kamu bukan termasuk orang yang pemberani, tapi sesekali mencoba hal-hal baru sangat menyenangkan.

4. Bawa Barang Secukupnya

Ketika liburan biasanya hal yang paling susah adalah memilih barang mana yang akan dibawa. Banyak terjadi kondisi di mana orang-orang membawa barang-barang yang kurang penting sehingga memenuhi tas atau koper. Maka dari itu ketika packing kamu wajib lebih teliti untuk membawa barang yang benar-benar dibutuhkan.
Barang utama yang harus dibawa saat liburan adalah pakaian secukupnya dan sisanya peralatan pendukung lainnya.

5. Uang Tunai

Persiapan uang tunai saat liburan itu cukup penting. Karena tidak semua tempat wisata atau restoran yang kamu datangi nanti memiliki fasilitas cashless. Jadi persiapkan uang tunai di dompet agar tidak kebingungan nantinya. Karena belum tentu juga  ada ATM terdekat  di tempat wisata yang kamu datangi. Uang tunai adalah alternatif cadangan jadi sebaiknya bahwa dalam jumlah yang cukup.
Nah, itu tadi beberapa tips liburan seru bareng sahabat yang bisa kamu lakukan agar perjalanan lebih menyenangkan dan tak terlupakan. Baik liburan jauh atau dekat yang paling penting adalah kualitas liburannya bukan seberapa mahal tempatnya. Untuk transportasi liburan yang aman dan nyaman kamu bisa memilih TRAC.
TRAC sebagai layanan transportasi yang kompeten juga mendukung tenaga medis dalam memerangi virus Covid-19. Terbukti dari aspek kenyamanan yang selalu dijaga untuk tenaga medis, awak kendaraan dan masyarakat umum. Apalagi transportasi satu ini sudah menerapkan SOP Sanitasi Hygiene untuk mencegah penyebaran virus corona.

Continue reading 5 Tips Liburan Seru Bareng Sahabat Tersayang

Tuesday, June 2, 2020

, , ,

Ketahui Cara Pengolahan Daging yang Baik dan Benar


Konsumsi daging oleh masyarakat modern memang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Daging dapat diolah menjadi berbagai macam masakan yang memancing air liur, mulai dari hidangan semur hingga masakan khas mancanegara, seperti steak. Tentunya untuk membuat hidangan lezat tersebut, Cara pengolahan daging yang tepat tentunya akan menghasilkan kreasi masakan daging yang terbaik. Berikut adalah berbagai cara mengolah daging yang perlu Anda ketahui.
cara mengolah daging yang benar
Cara mengolah daging yang benar


1. Binding


Binding atau pengikatan merupakan salah satu metode pengolahan daging yang sangat lazim digunakan. Tujuan dari proses pengolahan binding tak lain adalah untuk meminimalisir terjadinya proses penyusutan volume daging saat produk tersebut diolah. Selain itu, metode ini juga berperan sangat penting sebagai enhancer yang meningkatkan daya kemampuan ikat air sehingga membuat daging menjadi lebih awet. Kandungan bahan binding berperan penting sebagai emulsifier yang berasal dari ekstrak tumbuhan maupun daging atau tulang hewan.

2. Penggaraman

Penggaraman atau curing merupakan metode lain dalam mengolah daging. Metode satu ini umumnya  tidak hanya menggunakan garam, tetapi tak jarang juga ditambah dengan gula atau bumbu rempah-rempah yang lainnya. Proses penggaraman umumnya berlangsung selama beberapa menit untuk memberikan kesempatan agar garam dan bumbu yang ditaburkan pada daging dapat meresap secara lebih sempurna. Tujuan dari penggaraman ternyata tidak hanya berfungsi untuk mematikan bakteri dan kuman penyebab penyakit. Proses ini juga dapat memberikan warna, aroma, serta tekstur dari daging saat diolah kembali. Rasa dari daging yang sudah mengalami penggaraman juga jauh lebih gurih dan menggoyang lidah.

3. Casing

Bagi Anda yang bergerak di bidang produksi sosis tentunya tidak asing dengan istilah casing. Casing merupakan metode pengolahan daging dimana daging tersebut dimasukkan ke dalam lapisan tipis collagen berbentuk silinder. Casing daging sosis tersebut berfungsi sebagai cetakan sehingga daging sosis yang dimasak tidak berhamburan keluar. Fungsi lain dari casing adalah untuk melindungi daging dari kontaminasi bakteri dan udara yang dapat mengakibatkan daging menjadi bau dan cepat basi. Ada 2 jenis casing daging yang umumnya digunakan, yaitu casing daging yang harus dikupas dan dibuang saat Anda mengiris sosis, dan casing yang dapat langsung dikonsumsi bersamaan dengan daging sosis.

4. Pengasapan

Bagi Anda yang menggemari hidangan daging asap, tentulah tak asing dengan metode pengolahan daging satu ini. Teknik pengasapan umumnya dilakukan dengan cara menggantungkan daging pada bilik pengasapan dengan suhu 35 – 40oC selama kurang lebih 4 – 8 jam. Selama proses pengasapan, sejumlah senyawa kimia seperti asetaldehid, formaldehid, metanol, fenol, dan asetat menumpuk pada bagian permukaan daging. Penimbunan senyawa kimia tersebut memang ditujukan untuk membuat daging menjadi lebih awet dan mengunci nutrisi-nutrisi yang terdapat di dalamnya dengan sempurna.

5. Penggilingan

Penggilingan atau grinding adalah proses pengolahan daging dimana daging sapi dilumatkan menjadi potongan-potongan yang lebih kecil. Hasil jadi dari daging yang sudah mengalami proses penggilingan disebut dengan daging cincang atau ground beef, dan banyak digunakan sebagai topping makanan maupun sebagai isian dari dimsum. Daging patty dari makanan cepat saji burger juga menggunakan daging giling. Daging yang sudah digiling umumnya diproses dengan cara dicampur dengan bumbu rempah-rempah dan umumnya memiliki daya serap yang sangat baik.
Untuk mempercepat proses pengolahan daging, Anda memerlukan mesin pengolah daging yang tepat. Markaindo tidak hanya menjadi supplier daging sapi berkualitas, tetapi juga menyediakan berbagai peralatan pengolahan daging. Anda dapat memilih produk pengolah daging manapun sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, Anda dapat mengecek situs resmi Markaindo. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi melalui telepon ke +62 – 2187920515.

Continue reading Ketahui Cara Pengolahan Daging yang Baik dan Benar

Monday, April 27, 2020

,

Cara Mencegah Terjangkitnya Virus Corona Bersama Halodoc




Wabah Corona nyatanya meluluhlantakan segala hal. Mulai dari kesehatan, ekonomi, pariwisata dan lain sebagainya. Indonesia dengan jumlah penduduk yang banyak di dunia pun ikut ketar ketir, masalahnya kebiasaan masyarakat Indonesia yang kurang bersih dan agak bandel jika telah diterapkan peraturan membuat virus ini menyebar lebih cepat.

Bayangkan saja, sekarang untuk di Indonesia sudah ada kurang lebih 8800 orang yang positif terinfeksi Covid 19 dan mungkin akan terus bertambah jika kita abai dengan anjuran pemerintah terkait pencegahan terkena Corona. Angka positif Corona di Indoneisa pastinya bukan jumlah yang kecil untuk kita anggap enteng.

Oleh sebab itu alangkah lebih baiknya kita mencegah dari pada mengobati kan? Gak usah ngeyel kalo diingatkan teman jangan keluar rumah dulu, atau hal-hal lain yang seharusnya dipatuhi selama pandemi berlangsung. Karena ya itu tadi ibarat asap rokok, ketika “Lu hembuskan asap rokok, maka yang penyakitan bukan cuma lu doang Bos!”

Coba, apa gak kejam banget kalo kita yang bandel terus kita nularin ke orang lain tuh penyakit Covid 19? Udahlah di rumah aja biar cepat abis Coronanya. Ibarat kata itu virus kalo kita semua di rumah aja juga lama-lama bete, karena inang atau mangsa buat dia berkembang biak di tubuh manusia udah gak ada.

Oh ya satu pengalaman yang cukup membuatku miris di saat pandemi ini menghantui kita semua adalah ketika ada seseorang yang jatuh sakit di pinggir jalan, maka otomatis orang tersebut dicurigai Corona. Gak ada yang mau mendekat untuk sekedar membantu, karena mereka juga takut. Padahal beberapa kali aku lihat orang yang sakit dan dia terpaksa harus istirahat dulu di pinggir jalan, mereka punya riwayat penyakit lain selain corona. Bahkan ada perempuan muda yang turun dari motornya lalu dia beristirahat sejenak di pinggir jalan, aku tanya ternyata dia hanya sedang nyeri datang bulan. Hem, ternyata Corona membuat banyak kecemasan di masyarakat kita ya.

Misal di antara kita ada yang batuk pilek, demam, sesak nafas, nyeri telan dan kondisi tubuh yang mirip Covid 19, kita bisa langsung ke puskesmas atau rumah sakit dan menceritakan kondisi kita sejujur-jujurnya. Atau untuk dapat mengetahui tahap awal, kita bisa juga mencoba tes Corona secara online salah satunya di situs halodoc.com atau bisa juga melalui aplikasi Halodoc yang bisa kita unduh di Play Store.

Pada intinya Halodoc adalah aplikasi kesehatan yang membantu memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya yang dikonsulkan langsung pada dokter dengan praktis melalui online. Sangat cocok nih aplikasi di saat kita harus tetap di rumah aja. Untuk masalah test corona di Halodoc caranya mudah kok. Kamu hanya perlu menjawab pertanyaan yang telah disediakan. Di akhir tes online ini, akan muncul hasil mengenai kategori risiko COVID-19, berdasarkan jawaban pertanyaanya yang telah kamu pilih.

Oke biar makin manfaat artikelku kali ini, berikut rangkuman cara-cara agar kita terhindar dari virus Covid 19 ini:

  • Sering cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir
  • Tetap di rumah aja sampai wabah ini berakhir
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Tidak berjabat tangan
  • Pakai masker ketika keluar rumah
  • Ketika habis pulang bepergian lekas mandi, keramasdan ganti baju yang bersih
  • Cuci langsung baju yang kita pakai dari luar rumah
  • Istirahat atau tidur yang cukup sekitar 7-9 jam setiap hari
  • Rutin berolahraga
  • Makan bergizi seimbang
  • Hindari atau jangan merokok
  • Kelola stres dengan baik


Nah itu tadi langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk mencegah tertularnya virus Covid 19 yang sangat berbahaya. Satu hal yang aku garis bawahi, ternyata pengelolaan stres itu penting ya. Kayaknya jangan banyak pikiran selalu menjadi rumus agar terhindar dari penyakit apapun. Stay healthy ya teman-teman, biar kita bisa memenangkan pertempuran melawan wabah ini.



Continue reading Cara Mencegah Terjangkitnya Virus Corona Bersama Halodoc

Friday, April 17, 2020

, ,

Tolak Angin Anak Solusi Masuk Angin pada Anak


Saat ini pemerintah sedang fokus pada penanganan Covid 19, sehingga sekolah maupun tempat kursusan terpaksa harus diliburkan. Dengan waktu libur yang cukup lama bagi anak-anak, tentunya memerlukan berbagai kegiatan yang menyenangkan di rumah. Karena biasanya anak-anak akan merasa jenuh ketika masa libur Covid 19 ini ketika masuk minggu kedua.

Cara menyembuhkan masuk angin pada anak
Sumber Foto: tolakangin.co.id

Apa saja sih yang bisa dilakukan di rumah untuk mengisi waktu libur mereka selama di rumah aja agar tidak bosan?


Mengerjakan Pekerjaan Rumah yang Diberikan Sekolah


Kita tahu di masa Covid 19 ini sekolah harus meliburkan siswanya sampai batas waktu yang tidak bisa ditentukan. Namun libur sekolah kali ini bukanlah murni untuk libur saja, apalagi dipakai untuk piknik ke tempat wisata. Konsepnya hanya aktivitas sekolah selama adanya pandemic covid 19 ini dipindahkan ke rumah.

Anak-anak akan diberikan tugas yang nantinya dikumpul secara online dan metode pembelajaran daring lainnya. Nah salah satu tugas orang tua adalah bagaimana menciptakan suasana belajar atau mengerjakan PR dari guru ini menjadi hal menyenangkan bagi anak-anak. Sehingga ketika pandemik ini selesai, maka proses belajar mengajar anak-anak di sekolah tetap tercover dengan baik.

Masak Bareng Keluarga


Momen libur sekolah kali ini dirasa sangat pas untuk memperbanyak waktu bersama keluarga. Nah biar kumpul keluarga makin menyenangkan dan bermanfaat, kita bisa mengajak anak-anak untuk memasak bareng di rumah. Pasti deh, anak-anak bakal suka karena hasil masakan mereka nantinya langsung disantap bersama.

Memperbanyak Ibadah dan Berbuat Baik


Biar momen di rumah aja gak berlalu tanpa adanya manfaat, kita bisa mencontohkan anak-anak untuk semakin rajin beribadah di rumah dan berbuat baik. Misal bisa bagi-bagi masker ke tetangga, atau bantu mereka yang gak mampu dan lain sebagainya. Insyaallah kebiasaan baik ini akan terus dilakukan oleh anak-anak meski Covid 19 telah berlalu.

Bermain Bersama di Rumah Bareng Keluarga


Menghilangkan kejenuhan dan mendapat kebahagian gak harus dengan cara bepergian ke tempat wisata. Di saat wabah nasional ini merebak di negara Indonesia, kita bisa kok tetap ceria dari rumah dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan. Seperti bermain bola bersama keluarga di halaman rumah, buat variasi mainan baru, atau mungkin yang punya kolam renang bisa berenang di kolam renang keluarga tanpa harus keluar rumah.

Pastinya anak-anak senang dan orang tua pun jadi tenang. Nah kalau udah capek seharian main dan beraktifitas jangan lupa bersih-bersih badan, makan yang bergizi dan juga istirahat. terus gimana kalo anak-anak masuk angin karena kelamaan berenang atau main? Gampang banget karena kita tinggal kita kasih aja Tolak Angin Anak untuk menghilangkan masuk angin pada anak.

Ternyata beraktifitas di rumah gak sejenuh yang dipikirkan ya kalo kita udah tau tipsnya. Semoga pandemik ini cepat berlalu dari muka bumi, yuk kita sama-sama berdoa.


Continue reading Tolak Angin Anak Solusi Masuk Angin pada Anak