Wednesday, October 28, 2020

, ,

Lima Kerjaninan Tangan Dari Bahan Plastik

Kita kerap kali membeli makanan atau minuman yang menggunakan bahan plastic sebagai bungkusnya. Tak dapat dipungkiri kalau dengan adanya wadah-wadah plastik ini dapat menimbulkan masalah bagi lingkungan, karena pada dasarnya sampah plastic itu sangat sulit untuk diurai. Oleh karena itu untuk mengurangi dampak buruk dari pembuangan limbah plastik kita bisa berkontribusi untuk membuat kerajinan dari bahan plastik sehingga plastik-plastik bekas tersebut dapat bermanfaat.

Dulu waktu SD sekolahku sering sekali guru seni rupanya memberi tugas pada siswanya untuk membuat kerajinan tangan dari botol plastik bekas atau sejenisnya. Disamping untuk mengajarkan kepada anak-anak untuk cinta lingkungan, dengan adanya kreativitas seperti ini bisa menumbuhkan rasa kekeluargaan pula karena orang tua juga ikut andil dalam pembuatan prakarya tersebut.

Zaman semakin canggih seperti sekarang ini pun tidak memudarkan orang-orang kreatif untuk membuat berbagai barang yang berguna dari plastik bekas. Berikut barang-barang lucu yang didapat dari daur ulang plastik bekas:

  • Pot Tanaman Lucu

 

Sumber gambar: liputan6(dot)com

Buat kalian yang hobi bercocoktanam menurutku ide ini sangat brilian. Pasalnya kalian pasti menggunakan pot untuk menanam tanaman dan pot tersebut bisa kalian buat sendiri menggunakan botol plastik bekas dan digambar atau diwarnai sesuai keinginan. Kalian bisa mendaur ulang botol minuman bekas ukuran 1 liter menjadi pot duduk atau pot gantung yang lucu. Caranya tinggal potong bagian atasnya, lalu kalian beri warna atau gambar, selanjutnya terserah mau kalian kasih tali atau tidak sebagai gantungan, baru deh isi tanah dan tanaman yang ingin kalian tanam.

  • Celengan Anan-anak


Kebiasaan menabung usahakan sejak dini dikenalkan kepada anak-anak, nah salah satu caranya agar anak-anak tertarik atau bahkan semangat menabung adalah membuat celengan sendiri yang lucu dengan melibatkan anak-anak dalam proses pembuatannya. Selain celengan jenis ini sangat mudah dibuat, celengan dari plastik bekas ini harganya sangat murah. Coba deh ajak anak-anak untuk membuatnya, aku yakin mereka akan senang.

Sumber Gambar: BP Guide
 

  • Dompet dan Tas Unik dari Plastik


Meski selera fashion anak muda semakin berkembang namun hal-hal unik dari krativitas anak bangsa mempunyai daya tarik tersendiri sehingga menyebabkan harga jual dari barang fashion tersebut bisa bersaing di pasaran. Contohnya saja dompet dan tas dari bahan plastik bekas, jujur aku pernah lihat kerjaninan tangan ini dan aku suka. Karena menurutku unik karena memberdayakan sampah plastic bekas. Selain terdapat nilai guna dan ekonomi, tas dan dompet dari plastik bekas ini mempunyai nilai estetik yang tinggi.

Sumber gambar: medium(dot)com

  • Bunga Hias

Tadi kan kita sudah bahas mengenai pot dari plastic bekas, nah sekarang kita bisa membuat bunga hiasnya sendiri dari limbah botol palstik. Kita bisa membuat rangkaian bunga yang cantik dengan berbagai warna. Bahannya cukup sederhana yakni hanya butuh botol bekas, cat untuk mewarnai bunganya dan jangan lupa tambahkan daun dan tangkai. Selesai deh pembuatan bunga hias unik dari plastik bekasnya.

 

Sumber gambar: Pinterest

  • Perahu besar dari Plastik


Nah kalo kerajinan tangan yang satu ini butuh sedikit imajinasi yang lebih nih Sob! Pasalnya kita akan membuat perahu yang bisa ditumpangi manusia. Ide ini menurutku ide keren, kebayang pasti sangat menyenangkan menggunakan perahu dari hasil buatan sendiri. Inspirasi membuat perahu dari botol bekas ini sebenarnya sudah banyak yang mencobanya dan salah satunya terinspirasi dari seorang warga Selandia Baru.

 

Sumber gambar: Indonesiaproud

Warga selandia baru terbut menyebutkan telah menggunakan botol plastik bekas sebanyak 600 botol untuk membuat perahu kesayangannya. Wow niat banget yah, untuk kalian yang berniat untuk mebuat perahu unik ini, kalian bisa cari tutorialnya di Mbah Google atau Yuotube ya.


Nah itu tadi lima kerajinan tangan yang bisa kalian buat dari botol palstik bekas, kalau kalian sudah pernah mencoba buat yang mana? Kalau udah pernah membuat kerajinan tangan dari plastik bekas bisa komen di kolom komentar ya biar bisa berbagi pengalamam buat teman-teman yang mungkinsekarang butuh ide cemerlang untuk memanfaatkan botol bekas.

Continue reading Lima Kerjaninan Tangan Dari Bahan Plastik

Tuesday, October 6, 2020

, ,

Cara Mengatasi Gejala Flu Agar Lebih Ringan

Pergantian cuaca tahun ini dirasa sangat tidak karuan, mengingat kemarau yang hanya berlangsung beberapa hari lalu tiba-tiba berubah menjadi musim hujan. Nah biasanya di peralihan musim atau pancaroba ini flu atau influenza menyerang banyak orang. Oleh sebab itu dalam artikel kali ini aku akan share tentang flu dan cara mengatasi gejala flu yang sering kita alami.

Kita mengenal flu sama dengan pilek, padahal sebenarnya keduanya adalah dua hal berbeda. Kalau pilek bisa terjadi kapan saja sedangkan flu itu biasanya musiman. Selain itu perbedaan lainnya adalah jenis virusnya, dan pada flu biasanya kalau dibiarkan atau parah-parahnya bisa mengakibatkan pneumonia.

Mengatasi gejala flu

Memang terdengar biasa kalo kita flu, tapi ternyata serem juga kalau tidak tertangani dengan benar, apalagi sekarang lagi merajalela virus conona yang gejalanya sama dengan flu biasa. Bayangkan kalau kita mengabaikannya begitu saja, padahal ternyata sakitnya bukan flu ringan. Oleh sebab itu kita harus antisipasi dengan cara mengatasi gejala flu tersebut dengan benar, berikut cara-caranya:

  • Perbanyak minum air putih

    Ini sih wajib menurutku karena air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu segala proses metabolisme tubuh kita termasuk agar kita tidak dehidrasi saat sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.

  • Berkumur dengan air garam

    Air garam ini fungsinya untuk mengatasi tenggorokan yang gatal. Caranya cukup mudah yakni dengan cara melarutkan garam pada air hangat, setelah larut kita bisa segera berkumur dengan larutan air garam tersebut. Nah air garam ini dapat menarik kelebihan air dalam jaringan tenggorokan, mengatasi infeksi juga peradangan, dan membantu mengeluarkan lendir yang sulit keluar dari daerah tenggorokan.

  • Tidur yang cukup

    Sudahkah kalian tidur yang cukup setiap harinya? Jika belum maka harus dipaksakan untuk istirahat yang cukup di saat kita terkena flu baik ringan maupun berat. Tidur akan membuat tubuhmu lebih rileks untuk memulai kegiatan di keesokan harinya. Agar tidur lebih nyeyak kita bisa mandi air hangat terlebih dahulu sebelumnya.

  • Makan sup ayam

    sayur berkuah hangat seperti sup ayam ini bisa menjadi alternatif kamu untuk membantu mengatasi gejala flu. Sup ayam bisa menjadi anti rdang yang alami agar neutrophil tidak menyebar ke saluran peradangan. Neutrophil sendiri adalah sel darah putih yang dapat menimbulkan gejala demam karena radang yang menyertai flu.

    Nah dengan makan semangkuk sup ayam hangat, uap panasnya dapat menghambat produksi ingus. Selain itu kandungan bawang dan jahenya melegakan hidung dan tenggorokan.

  • Menggunakan semprotan hidung

    Saat diri kita mengalami gejala flu sebenarnya banyak solusi yang bisa meredakan gejalanya. Seperti halnya dengan menggunakan semprotan hidung yang mengandung saline yang dapat membantu agar gejala tidak semakin parah.

  • Minum seduhan air jahe

    Kalo cara ini murni pengalaman kusendiri. Mungkin di antara kalian juga menerapkan cara ini, gak tau alasan ilmiahnya yang pasti setelah minum air jahe hangat tenggorakan yang sakit atau hidup yang tersumbat menjadi lebih ringan gejalanya.

  • Gizi yang cukup

    Badan kita ini tergantung dari apa yang kita makan, oleh sebab itu gizi yang cukup sangatlah berpengaruh pada proses mengatasi gejala flu tersebut. Karena dengan pola makan yang sehat maka sistem imun kita terbentuk semakin bagus, sehingga si sistem imun ini mampu melawan virus penyebab flu dengan persiapan yang matang.

  • Minum obat

    Jika memang diperlukan untuk minum obat maka kamu bisa pergi ke dokter, nanti dokter akan memberikan resep obat yang bisa kita konsumsi agar tidak berlebihan.

  • Olah raga ringan

    Banyak istirahat memang sangat disarankan saat kita menderita flu, namun bukan berarti kita tidak sama sekali tidak ada pergerakan. Kita bisa berolahraga ringan agar sistem imun tubuh kita lebih baik.
Nah itu tadi cara mengatasi gejala flu yang menyerang kita, sekiranya untuk tidak mengabaikan setiap gejala flu tersebut karena kita tidak tahu apakah ada penyakit serius atau tidak. flu terlalu lama juga sangat mengganggu aktifitas kita nantinya. 

Continue reading Cara Mengatasi Gejala Flu Agar Lebih Ringan

Thursday, October 1, 2020

, , ,

Mengenal Perbedaan Deodorant dan Antiperspirant

Masalah bau ketiak sering kali menjadi masalah tersendiri bagi kita yang mengalaminya. Untuk mengatasi bau ketiak yang tidak sedap umumnya beredar dua istilah di masyarakat yakni Deodorant Antipersipant, yang mana keduanya sebenarnya adalah berbeda. Menurut ahli biologi Dr Gavin Thomas dari University of York dan bebarapa dokter kulit lain menerangkan bahwa deodorant itu seperti bom, karena si deodorant ini fungsinya menyamarkan bau ketiak dengan parfum serta membunuh bakteri penyebab bau ketiak.Sedangkan Antipersiparant mengandung zat yang dapat menghambat keringet.

Nama zat yang terkandung pada Antipersiparant adalah aluminium klorida. Cara kerja zat ini adalah jika sudah dioleskan ke kuli dan nantinya tercampur oleh keringet maka aluminium akan membentuk sebuah lapisan untuk menghambat atau menyumbat pori-pori kulit. Jadi kedua zat yang bernama deodorant dan antipersparant jika dikolaborasikan akan saling melengkapi, karena ada yang bertugas untuk menghambat keringat keluar dari pori-pori kulit dan ada juga yang bertugas sebagai pembunuh bakteri atau kuman penyebab bau badan.

Sebenarnya keringat yang keluar dari pori-pori permukaan kulit kita ini tidak berbau. Keringat berbau apabila menyatu dengan bakteri yang ada di kulit kita. Oleh sebab itu perawatan ketiak agar tetap wangi dan bersih sangatlah penting agar rasa percaya diri kita semakin meningkat.

Berikut rangkuman perbedaan antara Deodorant dan Antiperspirant:

  • Deodorant berfungsi menghilangkan bau ketiak bukan menghilangkan keringat.
  • Antiperspirant bisa menghambat keluarnya keringat.
  • Biasanya yang terkandung dalam deodorant adalah alkohol dan wewangian sedangkan pada antiperspirant adalah aluminium klorida atau sejenisnya.
  • Cara menerepakan deodorant di kulit bisa dadakan, sedangkan Antipersprant harus digunakan saat malam sebelum tidur karena bahan yang terkandung di dalamnya butuh waktu untuk bereaksi.
  • Antiperspirant dapat menahan keringat 1-2 hari sedangkan deodorant bisa tahan hingga 24 jam saja.

Dari perbedaan di atas kita harus bijak mana yang dibutuhkan oleh masing-masing masalah kulit atau bau ketiak. Atau bisa juga membeli produk yang mengandung keduanya. Kalo tidak salah ada deh yang sudah menggabungkan keduanya.

Lalu muncul selanjutnya di dalam kepala sebuah pertanyaan, “Lalu mana yang lebih baik dari deodorant maupun antiperspirant?”

Jawaban yang paling pasnya adalah tergantung kondisi kulitmu atau ketiakmu. Apakah tipe yang ketiaknya cepat mengeluarkan bau atau kulit yang terlalu banyak mengeluarkan keringat yang bisa membuat kita tak nyaman beraktivitas? Atau seperti yang aku katakan sebelumnya, kalian bisa gunakan kedua campuran bahan tersebut guna mendapatkan hasil yang memuaskan. Kedua bahan tersebut sepertinya sangat cocok buat yang bekerja di lapangan yang terpapar matahari dan banyak aktivitasnya.

By the way teman-teman harus teliti juga ya dalam memilih produk deodorant dan antiperspirant, pastikan yang terbaik untuk kulit kalian agar terhindar dari iritasi dan efek samping lainnya. Oh ya kalau kalian bingung mau beli produk apa, ada produk namanya Dove Powder Soft Deodorant yang bisa menyamarkan bau badan dengan lembutnya aroma parfumnya. Kerennya lagi produk ini mengandung 0% alcohol loh, cocok buat kalian yang suka beli apapun yang gak mengandung alcohol.

deodorant antiperspirant
Sumber gambar: web dove

Nah buat teman-teman yang pengen tahu apa aja produk dari Dove yang bisa mengatasi masalah bau ketiak, kalian bisa langsung mencari infonya di website mereka ya. Buat kalian yang punya pengalaman tentang bau ketiak yang tidak enak bisa share di kolom komentar ya. Kalian bisa share gmana caranya menghilangkan bau ketiak yang membandal atau apapun info tentang bau ketiak, deodorant maupun antiperspirant.

Continue reading Mengenal Perbedaan Deodorant dan Antiperspirant

Sunday, September 27, 2020

, ,

Enam Cara Menghilangkan Bau Ketiak

 Setelah beraktivitas biasanya tubuh kita akan berkeringat dan akhirnya menimbulkan bau badan tak sedap terutama di ketiak. Oleh karena itu sehabis beraktivitas ada baiknya kita segera bersih-bersih diri agar bakteri penyebab bau badan tidak berkembang biak semakin banyak. Selain menyebabkan bau ketiak, bakteri itu pun bisa mengakibatkan iritasi kulit atau timbul gatal-gatal. Nah kali ini aku akan membahas mengenai cara menghilangkan bau ketiak.

cara menghilangkan bau ketiak
sumber gambar: alodokter(dot)com


Sebenarnya titik-titik yang mengeluarkan keringet cukup banyak saat aktivitas kita padat tidak hanya di bagian ketiak, berikut titik-titik lain yang biasanya menyebabkan bau ketiak yang berlebih yaitu:

1.       Ketiak

2.       Belakang leher

3.       Area di bawah payudara (untuk wanita)

4.       Bagian selangkangan

Bau ketiak sering menjadi momok bagi anak-anak yang sedang memasuki masa pubertas, karena bau ketiak tersebut membuat tingkat percaya diri berkurang jika tidak diatasi secara benar. Berikut ini cara menghilangkan bau ketiak yang bisa kushare kepada teman-teman:

1.       Menjaga Kebersihan Tubuh


Jaga kebersihan Tubuh dengan cara mandi teratur menggunakan sabun setiap hari dapat mengurangi bakteri penyebab bau badan. Oleh karena itu jangan biasakan tidak mandi apalagi berhari-hari.

2.       Menggunakan Pakaian yang Menyerap Keringat

Bahan kain yang digunakan harus yang nyaman, seperti halnya kain katun yang kita kenal lebih cepat menyerap keringat. Jika siang hari dan matahari cukup terik maka kita bisa menggunakan baju berwarna putih karena diyakini bisa menyerap keringat lebih cepat. Tak lupa pula dianjurkan untuk memilih pakaian yang longgar agar keringat tidak terperangkap dan lebih cepat menguap.

3.       Menjaga Pola Makan

Menjaga pola makan bisa dimulai dengan tidak menunda-nunda makan, selain diet berlebih atau sering menunda-nunda makan dapat menyebabkan penyakit Magh, ternyata bisa berdampak pada kesehatan dan kebersihan tubuh kita. Menjaga pola makan pun bisa diartikan untuk menjaga kesehatan usus, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kesehatan usus bisa berdampak pada bau badan kita terlebih untuk masalah bau ketiak.

 Lalu selanjutnya adalah makan makanan yang bergizi seimbang. Seperti empat sehat lima sempurna. Karena dari makanan yang bergizi tubuh akan mencerna dan menghasilkan berbagai macam enzim yang memiliki berbagai fungsi untuk kesehatan tubuh kita. Tubuh yang sehat maka bau-bau yang kurang sedap Insyaallah bisa berkurang seiring berjalannya waktu.

Kurangi makanan dan minuman  yang beraroma kuat atau menyengat. Karena selain membuat bau mulut ternyata makanan tersebut dapat bau ketiak menjadi sangat tidak sedap. Makanan yang dimaksud adalah aneka macam bawang yang dimakan mentah, minuman alcohol, makanan pedas, kopi, teh dan lain-lain.

4.       Mencukur Bulu Ketiak

Kadang kita suka menyepelekan soal mencukur bulu ketiak, pada dasarnya mencukur ketiak agar permukaan kulit ketiak tidak terus menerus menjadi lembab sehingga membuat bakteri penyebab bau badan berkembang biak lebih cepat.

5.       Menggunakan Deodoran

Kalau memakai deodoran pasti kita sudah tak asing lagi nih. Pasalnya kita bisa dengan mudah menemukan beranekaragam merk deodorant di pasaran yang bisa membantu menghilangkan bau ketiak. Deodoran sendiri biasanya berfungsi membuat area di sekitar kulit ketiak menjadi asam, hal ini bisa memperlambat perkembangbiakan bakteri penyebab bau ketiak.

6.       Menghilangkan bau badan dengan diet

Kita harus cerdas alias tahu waktu kapan harus diet. Bagi yang berat badannya berlebih atau obesitas bau badan adalah hal yang biasanya menjadi masalah, karena pasien obesitas biasanya mempunyai keringat yang berlebih. Ada baiknya menurunkan berat badan atau diet secara benar dan konsultasikan program diet kita dengan dokter.

Nah itu tadi cara-cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan bau ketiak. Jika kalian punya referensi ilmu lain tentang cara menghilangkan bau ketiak bisa dishare pengalaman kalian di kolom komentar.

Continue reading Enam Cara Menghilangkan Bau Ketiak

Saturday, September 26, 2020

, , , ,

Penyebab Rambut Rontok Parah dan Cara Mengatasinya

Rambut adalah mahkotanya wanita, namun tak menampikkan kaum adam untuk tetap menjaga rambut agar tetap sehat. Apabila rambut rusak pasti setiap dari kita akan risih dan segera mencari solusinya. Tak jarang kerusakan rambut itu dimulai dari rontoknya rambut. Jika kerontokan rambut berkisar 50 sampai 100 helai perhari itu masih dianggap wajar. yang menjadi masalah adalah saat rambut kita rontok terlalu banyak sedangkan rambut-rambut baru terhambat tumbuhnya.  Oleh sebab itu kita harus mengetahui penyebab rambut rontok parah sedini mungkin.

penyebab rambut rontok parah
Sumber gambar: alodokter(dot)com

Sebenarnya rambut rontok itu wajar, karena ternyata rambut itu punya beberapa fase hidup. Mulai dari fase Anagen atau fase serat rambut tumbuh dengan aktif, Fase Katagen atau fase istirahat dan terakhir adalah fase Telogen atau fase rambut berhenti tumbuh lalu rontok. Begitu seterusnya siklus rambut manusia dari mulai tumbuh sampai rontok kembali.

Kerontokan rambut secara berlebih disebut Telogen Effluvium. Kerontokan seperti ini bisa terjadi pada wanita maupun pria di segala usia. Akan tetapi menurut penelitian ternyata wanita lebih berpotensi mengalami kerontokan berlebih terutama karena faktor hormonal yang berubah-ubah seperti datang bulan dan lain-lain.

Ciri-ciri rambut rontok yang masih bisa dibilang wajar:

  • Kerontokan rambut hanya berkisar 50-100 rambut
  • Rabut rontok ketika disisir saat rambut basah
  • Rambut rontok karena fase Telogen
  • Tidak rontok berlebih di bantal
  • Rontoknya rambut akibat pengaruh musim
  • Kerontokan setelah melahirkan

 Faktor-faktor penyebab rambut rontok parah/berlebihan:

  •  Stres emosional seperti kehilangan orang tercinta, kehilangan pekerjaan dan lain sebagainya.
  • Stress fisik atau capek badan seperti habis melahirkan atau capek dengan pekerjaan yang tak ada hentinya.
  • Adanya perubahan hormonal seperti yang biasa dialami oleh wanita
  • Mengalami penyakit tertentu dari mulai ringan, sedang maupun berat
  • Efek samping obat-obatan seperti pil KB, obat hormonal dan lain-lain.
  • Mengalami demam tinggi
  • Kurang asupan gizi
  • Anemia parah
  • Menjalani pengobatan tertentu seperti kemoterapi
  • Menggunakan bahan perawatan rambut berbahan keras seperti cat rambut, bleaching rambut atau penggunaan pengering rambut secara berlebih atau terlalu sering.

Agar rambut tidak terus rontok dan nantinya malah menyebabkan kebotakan maka langkah yang harus kita ambil adalah segera atasi rambut rontok tersebut dengan beberapa cara yaitu:

  • Yang paling utama jika rambut rontok secara berlebih kita bisa konsultasi ke dokter kulit, nanti sang dokter lah yang akan memberikan solusinya. Apa dengan diberikan obat-obatan dan lain sebagainya.
  • Cobalah untuk mengurangi penggunaan alat-alat pemanas rambut secara berlebihan. Seperti pemakaian hairdryer, alat catok rambut dan sejenisnya.
  • Atasi rambut rontok dengan bahan-bahan alami seperti gel lidah buaya, minyak zaitun, santan, yoghurt dan bahan alami lainnya.
  • Hindari juga mengikat rambut terlalu kencang agar rambut bisa bernapas lebih baik.
  • Hentikan kebiasan menarik atau memelintir rambut.
  • Biasakan mengkonsumsi makanan yang cukup gizi seperti tercukupinya protein dalam tubuh.
  • Hindari stress yang berlebihan

Insyaallah kalau kita sudah berusaha semaksimal mungkin melakukan langkah-langkah di atas, minimal rambut yang rontokpun semakin berkurang jumlah kerontokannya dari hari ke hari. Rambut yang sehat ternyata mencerminkan kondisi tubuh kita yang sehat. Kalau rambut kita rontok mongkin ada masalah serius di badan kita.

Mungkin dari para pembaca artikel ini punya pengalaman terkait penanganan rambut rontok yang parah, kalian bisa share pengalaman di kolom komentar agar yang lain yang sedang mencari info tentang rambut rontok pun bisa merasakan manfaatnya.

Continue reading Penyebab Rambut Rontok Parah dan Cara Mengatasinya