Tuesday, June 2, 2020

, , ,

Ketahui Cara Pengolahan Daging yang Baik dan Benar


Konsumsi daging oleh masyarakat modern memang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Daging dapat diolah menjadi berbagai macam masakan yang memancing air liur, mulai dari hidangan semur hingga masakan khas mancanegara, seperti steak. Tentunya untuk membuat hidangan lezat tersebut, Cara pengolahan daging yang tepat tentunya akan menghasilkan kreasi masakan daging yang terbaik. Berikut adalah berbagai cara mengolah daging yang perlu Anda ketahui.
cara mengolah daging yang benar
Cara mengolah daging yang benar


1. Binding


Binding atau pengikatan merupakan salah satu metode pengolahan daging yang sangat lazim digunakan. Tujuan dari proses pengolahan binding tak lain adalah untuk meminimalisir terjadinya proses penyusutan volume daging saat produk tersebut diolah. Selain itu, metode ini juga berperan sangat penting sebagai enhancer yang meningkatkan daya kemampuan ikat air sehingga membuat daging menjadi lebih awet. Kandungan bahan binding berperan penting sebagai emulsifier yang berasal dari ekstrak tumbuhan maupun daging atau tulang hewan.

2. Penggaraman

Penggaraman atau curing merupakan metode lain dalam mengolah daging. Metode satu ini umumnya  tidak hanya menggunakan garam, tetapi tak jarang juga ditambah dengan gula atau bumbu rempah-rempah yang lainnya. Proses penggaraman umumnya berlangsung selama beberapa menit untuk memberikan kesempatan agar garam dan bumbu yang ditaburkan pada daging dapat meresap secara lebih sempurna. Tujuan dari penggaraman ternyata tidak hanya berfungsi untuk mematikan bakteri dan kuman penyebab penyakit. Proses ini juga dapat memberikan warna, aroma, serta tekstur dari daging saat diolah kembali. Rasa dari daging yang sudah mengalami penggaraman juga jauh lebih gurih dan menggoyang lidah.

3. Casing

Bagi Anda yang bergerak di bidang produksi sosis tentunya tidak asing dengan istilah casing. Casing merupakan metode pengolahan daging dimana daging tersebut dimasukkan ke dalam lapisan tipis collagen berbentuk silinder. Casing daging sosis tersebut berfungsi sebagai cetakan sehingga daging sosis yang dimasak tidak berhamburan keluar. Fungsi lain dari casing adalah untuk melindungi daging dari kontaminasi bakteri dan udara yang dapat mengakibatkan daging menjadi bau dan cepat basi. Ada 2 jenis casing daging yang umumnya digunakan, yaitu casing daging yang harus dikupas dan dibuang saat Anda mengiris sosis, dan casing yang dapat langsung dikonsumsi bersamaan dengan daging sosis.

4. Pengasapan

Bagi Anda yang menggemari hidangan daging asap, tentulah tak asing dengan metode pengolahan daging satu ini. Teknik pengasapan umumnya dilakukan dengan cara menggantungkan daging pada bilik pengasapan dengan suhu 35 – 40oC selama kurang lebih 4 – 8 jam. Selama proses pengasapan, sejumlah senyawa kimia seperti asetaldehid, formaldehid, metanol, fenol, dan asetat menumpuk pada bagian permukaan daging. Penimbunan senyawa kimia tersebut memang ditujukan untuk membuat daging menjadi lebih awet dan mengunci nutrisi-nutrisi yang terdapat di dalamnya dengan sempurna.

5. Penggilingan

Penggilingan atau grinding adalah proses pengolahan daging dimana daging sapi dilumatkan menjadi potongan-potongan yang lebih kecil. Hasil jadi dari daging yang sudah mengalami proses penggilingan disebut dengan daging cincang atau ground beef, dan banyak digunakan sebagai topping makanan maupun sebagai isian dari dimsum. Daging patty dari makanan cepat saji burger juga menggunakan daging giling. Daging yang sudah digiling umumnya diproses dengan cara dicampur dengan bumbu rempah-rempah dan umumnya memiliki daya serap yang sangat baik.
Untuk mempercepat proses pengolahan daging, Anda memerlukan mesin pengolah daging yang tepat. Markaindo tidak hanya menjadi supplier daging sapi berkualitas, tetapi juga menyediakan berbagai peralatan pengolahan daging. Anda dapat memilih produk pengolah daging manapun sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, Anda dapat mengecek situs resmi Markaindo. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi melalui telepon ke +62 – 2187920515.

Continue reading Ketahui Cara Pengolahan Daging yang Baik dan Benar

Monday, April 27, 2020

,

Cara Mencegah Terjangkitnya Virus Corona Bersama Halodoc




Wabah Corona nyatanya meluluhlantakan segala hal. Mulai dari kesehatan, ekonomi, pariwisata dan lain sebagainya. Indonesia dengan jumlah penduduk yang banyak di dunia pun ikut ketar ketir, masalahnya kebiasaan masyarakat Indonesia yang kurang bersih dan agak bandel jika telah diterapkan peraturan membuat virus ini menyebar lebih cepat.

Bayangkan saja, sekarang untuk di Indonesia sudah ada kurang lebih 8800 orang yang positif terinfeksi Covid 19 dan mungkin akan terus bertambah jika kita abai dengan anjuran pemerintah terkait pencegahan terkena Corona. Angka positif Corona di Indoneisa pastinya bukan jumlah yang kecil untuk kita anggap enteng.

Oleh sebab itu alangkah lebih baiknya kita mencegah dari pada mengobati kan? Gak usah ngeyel kalo diingatkan teman jangan keluar rumah dulu, atau hal-hal lain yang seharusnya dipatuhi selama pandemi berlangsung. Karena ya itu tadi ibarat asap rokok, ketika “Lu hembuskan asap rokok, maka yang penyakitan bukan cuma lu doang Bos!”

Coba, apa gak kejam banget kalo kita yang bandel terus kita nularin ke orang lain tuh penyakit Covid 19? Udahlah di rumah aja biar cepat abis Coronanya. Ibarat kata itu virus kalo kita semua di rumah aja juga lama-lama bete, karena inang atau mangsa buat dia berkembang biak di tubuh manusia udah gak ada.

Oh ya satu pengalaman yang cukup membuatku miris di saat pandemi ini menghantui kita semua adalah ketika ada seseorang yang jatuh sakit di pinggir jalan, maka otomatis orang tersebut dicurigai Corona. Gak ada yang mau mendekat untuk sekedar membantu, karena mereka juga takut. Padahal beberapa kali aku lihat orang yang sakit dan dia terpaksa harus istirahat dulu di pinggir jalan, mereka punya riwayat penyakit lain selain corona. Bahkan ada perempuan muda yang turun dari motornya lalu dia beristirahat sejenak di pinggir jalan, aku tanya ternyata dia hanya sedang nyeri datang bulan. Hem, ternyata Corona membuat banyak kecemasan di masyarakat kita ya.

Misal di antara kita ada yang batuk pilek, demam, sesak nafas, nyeri telan dan kondisi tubuh yang mirip Covid 19, kita bisa langsung ke puskesmas atau rumah sakit dan menceritakan kondisi kita sejujur-jujurnya. Atau untuk dapat mengetahui tahap awal, kita bisa juga mencoba tes Corona secara online salah satunya di situs halodoc.com atau bisa juga melalui aplikasi Halodoc yang bisa kita unduh di Play Store.

Pada intinya Halodoc adalah aplikasi kesehatan yang membantu memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya yang dikonsulkan langsung pada dokter dengan praktis melalui online. Sangat cocok nih aplikasi di saat kita harus tetap di rumah aja. Untuk masalah test corona di Halodoc caranya mudah kok. Kamu hanya perlu menjawab pertanyaan yang telah disediakan. Di akhir tes online ini, akan muncul hasil mengenai kategori risiko COVID-19, berdasarkan jawaban pertanyaanya yang telah kamu pilih.

Oke biar makin manfaat artikelku kali ini, berikut rangkuman cara-cara agar kita terhindar dari virus Covid 19 ini:

  • Sering cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir
  • Tetap di rumah aja sampai wabah ini berakhir
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Tidak berjabat tangan
  • Pakai masker ketika keluar rumah
  • Ketika habis pulang bepergian lekas mandi, keramasdan ganti baju yang bersih
  • Cuci langsung baju yang kita pakai dari luar rumah
  • Istirahat atau tidur yang cukup sekitar 7-9 jam setiap hari
  • Rutin berolahraga
  • Makan bergizi seimbang
  • Hindari atau jangan merokok
  • Kelola stres dengan baik


Nah itu tadi langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk mencegah tertularnya virus Covid 19 yang sangat berbahaya. Satu hal yang aku garis bawahi, ternyata pengelolaan stres itu penting ya. Kayaknya jangan banyak pikiran selalu menjadi rumus agar terhindar dari penyakit apapun. Stay healthy ya teman-teman, biar kita bisa memenangkan pertempuran melawan wabah ini.



Continue reading Cara Mencegah Terjangkitnya Virus Corona Bersama Halodoc

Friday, April 17, 2020

, ,

Tolak Angin Anak Solusi Masuk Angin pada Anak


Saat ini pemerintah sedang fokus pada penanganan Covid 19, sehingga sekolah maupun tempat kursusan terpaksa harus diliburkan. Dengan waktu libur yang cukup lama bagi anak-anak, tentunya memerlukan berbagai kegiatan yang menyenangkan di rumah. Karena biasanya anak-anak akan merasa jenuh ketika masa libur Covid 19 ini ketika masuk minggu kedua.

Cara menyembuhkan masuk angin pada anak
Sumber Foto: tolakangin.co.id

Apa saja sih yang bisa dilakukan di rumah untuk mengisi waktu libur mereka selama di rumah aja agar tidak bosan?


Mengerjakan Pekerjaan Rumah yang Diberikan Sekolah


Kita tahu di masa Covid 19 ini sekolah harus meliburkan siswanya sampai batas waktu yang tidak bisa ditentukan. Namun libur sekolah kali ini bukanlah murni untuk libur saja, apalagi dipakai untuk piknik ke tempat wisata. Konsepnya hanya aktivitas sekolah selama adanya pandemic covid 19 ini dipindahkan ke rumah.

Anak-anak akan diberikan tugas yang nantinya dikumpul secara online dan metode pembelajaran daring lainnya. Nah salah satu tugas orang tua adalah bagaimana menciptakan suasana belajar atau mengerjakan PR dari guru ini menjadi hal menyenangkan bagi anak-anak. Sehingga ketika pandemik ini selesai, maka proses belajar mengajar anak-anak di sekolah tetap tercover dengan baik.

Masak Bareng Keluarga


Momen libur sekolah kali ini dirasa sangat pas untuk memperbanyak waktu bersama keluarga. Nah biar kumpul keluarga makin menyenangkan dan bermanfaat, kita bisa mengajak anak-anak untuk memasak bareng di rumah. Pasti deh, anak-anak bakal suka karena hasil masakan mereka nantinya langsung disantap bersama.

Memperbanyak Ibadah dan Berbuat Baik


Biar momen di rumah aja gak berlalu tanpa adanya manfaat, kita bisa mencontohkan anak-anak untuk semakin rajin beribadah di rumah dan berbuat baik. Misal bisa bagi-bagi masker ke tetangga, atau bantu mereka yang gak mampu dan lain sebagainya. Insyaallah kebiasaan baik ini akan terus dilakukan oleh anak-anak meski Covid 19 telah berlalu.

Bermain Bersama di Rumah Bareng Keluarga


Menghilangkan kejenuhan dan mendapat kebahagian gak harus dengan cara bepergian ke tempat wisata. Di saat wabah nasional ini merebak di negara Indonesia, kita bisa kok tetap ceria dari rumah dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan. Seperti bermain bola bersama keluarga di halaman rumah, buat variasi mainan baru, atau mungkin yang punya kolam renang bisa berenang di kolam renang keluarga tanpa harus keluar rumah.

Pastinya anak-anak senang dan orang tua pun jadi tenang. Nah kalau udah capek seharian main dan beraktifitas jangan lupa bersih-bersih badan, makan yang bergizi dan juga istirahat. terus gimana kalo anak-anak masuk angin karena kelamaan berenang atau main? Gampang banget karena kita tinggal kita kasih aja Tolak Angin Anak untuk menghilangkan masuk angin pada anak.

Ternyata beraktifitas di rumah gak sejenuh yang dipikirkan ya kalo kita udah tau tipsnya. Semoga pandemik ini cepat berlalu dari muka bumi, yuk kita sama-sama berdoa.


Continue reading Tolak Angin Anak Solusi Masuk Angin pada Anak

Sunday, April 12, 2020

, ,

Catat, Inilah 5 Tanaman Penghalau Nyamuk Penyebab Demam Berdarah


           Demam berdarah menjadi wabah penyakit yang terjadi di musim hujan. Apalagi, Indonesia termasuk negara yang memiliki iklim tropis sehingga nyamuk bisa tumbuh dan berkembang biak dengan baik. Angka kematian karena penyakit ini pun sering terjadi. Sehingga, masyarakat harus lebih waspada untuk menghadapi penyakit ini.

Gambar: mudanews.com
        Berbagai upaya pencegahan terus dilakukan seperti 3M, yaitu menguras, mengubur dan menutup. Cara lain yang bisa dilakukan misalnya dengan memiliki tanaman penghalau nyamuk di rumah yang bisa dilakukan sebagai upaya pencegahan berkembangbiaknya nyamuk penyebab demam berdarah.
5 Tanaman yang Bisa Mencegah Berkembangnya Nyamuk
1. Cengkeh
         Cengkeh memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat bagi manusia. Contohnya seperti minyak atsiri sebanyak 16-20%, eugenol, asetil eugenol, kariofilen, furtural, metalamiketon, vanilin, tannin, gom, serat, air, asam galatanat dan kalsium oksalat. Untuk memiliki tanaman ini di rumah, Anda harus memperhatikan perawatannya seperti mendapat cukup air serta sinar matahari langsung dan beberapa persyaratan perawatan lain.
Kandungan minyak esensial pad cengkeh bisa melindungi kulit dari penyebab demam berdarah yaitu nyamuk Aedes Aegypti. Kandungan pada minyak esensial tersebut berupa natrium, kalium, fosfor, besi serta vitamin A dan C. Selain bisa digunakan sebagai tanaman penghalang nyamuk, cengkeh juga sering digunakan untuk menghilangkan bau nafas dan menghilangkan sakit gigi.
2. Kunyit
            Kunyit memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan. Hal ini tentu tidak lepas dari kandungan kunyit yang sangat beragam. Beberapa diantaranya seperti ; 1) zat warna kurkuminoid yaitu senyawa diarilheptanoid yang terdiri atas 3-4% curcumin, desmetoksikurkumin, dihidrokurkumin dan bisdesmetoksikurkumin, 2) Minyak atsiri yaitu 2-5 % yang terdiri atas seskuiteren serta turunan fenilpropana turmeron, 3) Mineral, yaitu berupa magnesium besi, kalsium, kalium, natrium, seng, timbal, kobalt, bismuth dan alumunium, 4) Zat lainnya yaitu berupa glukosa, arabinosa, fruktosa, ammarddan tannin dan pati. Tanaman ini bisa melindungi tubuh dari nyamuk penyebab demam berdarah karena kandungannya.
3. Serai
            Sereh sudah dikenal sebagai tanaman pengusir nyamuk. Hal ini dikarenakan nyamuk tidak suka dengan aroma serai. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, serai memiliki kandungan berupa minyak citronella dan aroma musk. Serai termasuk tanaman yang mudah ditanam dan tidak memerlukan perawatan khusus. Yang diperlukan hanya tanah yang tidak begitu basah serta rutin disiram dan mendapat sinar matahari. Anda bisa memanfaat tanaman ini untuk diletakkan di rumah sebagai tanaman penghalau nyamuk penyebab demam berdarah. Atau, Anda bisa juga menggosokkan daun serai pada kulit karena kandungan minyaknya memiliki khasiat yang hampir sama dengan obat nyamuk yang ada di pasaran.
4. Rosemary
          Tanaman yang mempunyai aroma bau kayu yang menyenangkan ini adalah rosemary. Beberapa dari Anda mungkin sudah akrab dengan aroma herbal ini karena biasanya tanaman ini juga dimanfaatkan untuk memasak. Masakan yang bisa ditambahkan rosemary seperti pasta, steak dan ayam panggang. Tanaman ini tumbuh subur di daerah yang hangat. Selain bisa dimanfaatkan sebagai tanaman penghalau nyamuk penyebab demam berdarah, Anda juga bisa menjadikan tangkai tanaman ini sebagai hiasan di dalam rumah.
5. Jahe
      Jahe termasuk tanaman herbal yang mempunyai aroma menenangkan yang juga bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk. Minyak esensial yang terkandung pada jahe akan mengeluarkan aroma yang akan menjauhkan nyamuk selama beberapa waktu. Anda bisa menanam jahe di pot dan meletakkannya di dalam rumah. Sehingga, Anda dan keluarga bisa terhindar dari nyamuk penyebab demam berdarah.



Continue reading Catat, Inilah 5 Tanaman Penghalau Nyamuk Penyebab Demam Berdarah

Sunday, March 22, 2020

,

Papua itu Indoensia, Surga Dunia yang Tersembunyi di Wilayah Timur Indoensia


Papua itu Indonesia

Papua itu Indonesia. Kecintaan terhadap Papua sudah lama tertanam di hati sejak lama. Punya teman kuliah asal Papua sampai dengan kisah seorang teman yang akhirnya berhasil mewujudkan mimpinya menginjakkan kaki di Puncak Jaya Papua.

Pertama, mempunyai teman di Manokwari Papua aku sangat bersyukur, karena menurutku itu salah satu investasi traveling. Iya dong, mana tahu Allah SWT kasih aku kesempatan buat main ke sana, jadi kan gak bingung karena punya kenalan di sana. Sure! Bukan berarti otakku udah terancang gratisan ya, nanti temanku baca ilfeel pula hahaha!

Kedua, temanku yang berprofesi sebagai penulis telah berhasil menjejaki tanah Puncak Jaya Papua. Awalnya aku bingung, kenapa dia begitu antusias untuk pergi ke sana. Karena kebanyakan orang kalau traveling cukup sampai Raja Ampat saja.

“Aku gak nyesel sama sekali Allah kasih kesempatan ke Puncak Jaya, Teh. Pemandangannya indah banget.” Kisahnya kepadaku.

Oke aku iri sama dia, ditambah lagi foto-foto hijau dan sejuknya Puncak Jaya yang dia perlihatkan baik itu di sosmed maupun di artikel blog pribadinya. Masyaallah, ini di Indonesia loh. Hamparan pegunungan hijau gak kalah sama New zeland.

Papua Merupakan Destinasi Wisata Hijau


Papua yang berada di ujung timur wilayah Indonesia ini memiliki luas sekitar 316.553,07 km2, sedangkan untuk luas hutannya sendiri bisa mencapai kurang lebih 71% persen dari total keseluruhan wilayahnya.

Itu artinya tanah Papua adalah tanah hijau yang menjadi aset berharga dalam hal pentingnya peran paru-paru dunia. Sure! Aku merinding baca informasi terkait hijaunya tanah Papua. Pasti bangga dan sangat perlu dijaga toh oleh kita semua agar aset negara ini tetap terjaga.

Masalahnya dari data yang ada dikatakan bahwa seiring berjalannya waktu, hutan papua semakin punah, oleh sebab itu ada sebuah yayasan yang bernama Econusa ambil peran untuk mengembangkan pengelolaan sumber daya alam yang ada di papua secara berkelanjutan melalui kegiatan nyata bersama masyarakat lokal.

Menurutku dengan adanya yayasan atau orang-orang yang sangat peduli dengan wilayah timur Indonesia adalah angin segar untuk melestarikan hutan dan yang paling penting kita bisa ikut andil dalam menjaga kelestarian hutan tersebut.

Selain karena dari segi hutannya, Papua merupakan daerah hijau bisa dilihat dari kekayaan alam dan kekayaan adatnya yang membuat Papua semakin hijau. Kenapa hijau? Artinya banyak potensi yang bisa dihidupkan sehingga dapat menjadi sumber devisa negara serta perbaikan ekonomi rakyat pastinya.

Ciri khas dari Papua seperti alatmusik Tifa, burung cendrawasi, buah merah, koteka, tas tradisional Noken dan masih banyak lagi hal lain yang bisa menjadi lahan hijau memperkenalkan Indonesia yang asri pada dunia.

Kembali lagi ke cerita temanku, dari pengalaman dia inilah yang menjadikan aku semakin cinta Indonesia dan sangat ingin traveling ke Puncak Jaya Papua. Alhasil mimpiku bertambah, tak hanya ingin main sampai Raja Ampat saja tapi aku juga bertekad mencicipi surganya Indonesia yang tersembunyi di tanah Papua ini.

Alasan kenapa aku ingin berkunjung ke Puncak Jaya Papua


Selain aku berhasil dihipnotis sama cerita temanku yang baru pulang dari Papua, aku punya alasan tersendiri bermimpi bisa mengunjungi Puncak Jaya. Meski kutahu untuk pergi ke sana butuh waktu yang cukup lama dari Sumatera, juga butuh mental, stamina dan biaya yang cukup besar. Tapi aku tetap tak gentar mewujudkan impianku.

Kenapa aku ingin banget berkunjung ke Puncak Jaya Papua?

Terdapat Salju Terakhir yang Hampir Punah


Puncak jaya merupakan gunung tertinggi di Indonesia dan merupakan salah satu tujuh puncak dunia. Ketinggiannya bisa mencapai 4884 meter dan terdapat gletser Carstenz yang merupakan glatser tropika di Indonesia. Jangan ditanya dinginnya ya.

Kenapa gak main aja ke negara-negara yang selalu turun salju saja? Bukannya lebih mudah gak harus naik turun gunung dan menguras tenaga? Iya memang bisa pergi ke negara-negara bersalju, tapi kayak ada kepuasan tersendiri aja bisa merasakan salju di ibu pertiwa tercinta. Ya kalaupun tak bisa mendaki hinga ke puncaknya, minimal bisa sampai di kaki gunungnya dan berbaur dengan warga sekitar.

Hijau dan Sejuknya Puncak Jaya Wijaya


Iya aku tahu aku belum pernah ke sana, tapi aku sudah pernah lihat foto-foto indah Puncak Jaya Papua dari temanku. Papua itu Indonesia loh, tapi baru lihat berupa foto saja aku sudah merasa berada di New Zeland yang kita tahu lah negara ini memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Papua itu Indoensia
Sumber foto: www.evariyantylubis.com/
“Udaranya sejuk banget teh! Rasanya oksigen yang tersedia di sana masih benar-benar banyak dan bersih.” Ungkapnya lewat pesan chat. Wajar sih, karena di Puncak Jaya kendaraan bermesin pun belum banyak. Jadi polusi udara masih sangat minim.

Kekayaan Alam dan Adatnya


Buah merah selalu menjadi hal menarik buatku, katanya buah tersebut dapat mengobati penyakit yang tentunya atas izin Allah. selain itu beberapa kerajinan tangan seperti tas Noken, koteka dan lain-lain menjadi daya tarik wisatawan.

Ada pula si burung cendrawasih yang menjadi ciri khas Papua. Lihat beberapa kali indahnya bulu burung tersebut rasanya ingin punya satu piaraan burung cendrawasih. Tapi aku sadar diri kok kalau burung itu dilindungi negara jadi sembarangan untuk keinginan memilikinya.

Papua itu Indonesia
Sumber gambar: kabarpapua.co


Itu baru sebagian kekayaan alam dan adat yang ada di Papua, aku yakin kalau aku berhasilsampai Puncak Jaya, aku bisa lebih tahu kekayaan alam lainnya.

Masyarakatnya yang Ramah


Aku gak bohong loh, temanku sendiri yang bercerita kalau situasi yang digambarkan oleh warga net tentang seramnya Papua itu gak bener loh. Katanya warga Papua asli yang berada di Puncak Jaya itu semuanya ramah dan sangat baik. Para Mama dan tetua di sana sangan welcome terhadap pendatang. Sehingga kita akan merasa seperti saudara yang udah lama gak berjumpa, itu sih yang bikin temanku sangat betah hidup di Puncak Jayawijaya.

Jahat kan ya temanku ini berhasil buat aku terhipnotis sampai aku semakin ingin suatu hari nanti bisa jalan-jalan di sana. Nah buat teman-teman yang sama denganku mau pergi ke Puncak Jaya siapkan uang yang banyak, nyali yang tinggi, serta waktu dan kesempatan untuk bisa sampai di tanah Papua terutama yang berada di Puncak Jaya.

Nah itu tadi alasanku ingin main ke Puncak Jaya, selain alasan di atas, masih sangat banyak poin kebahagian yang akan kamu dapat saat berkunjung ke Puncak Jaya. Yuk tulis di kolom komentar bagi yang sudah pernah ke sana, atau buat yang belum kalian bisa tulisan alasan kamu kenapa harus main sampai ke Puncak Jaya.

Continue reading Papua itu Indoensia, Surga Dunia yang Tersembunyi di Wilayah Timur Indoensia