Navigasi

Thursday, July 19, 2018

Empat Tempat Wisata di Sumba yang Wajib Dikunjungi




Ada hal yang menurutku terasa sangat nikmat selain nikmat harta, yakni nikmat kesempatan. Kalau mau diurai lagi nikmat kesempatan ini bisa dari kesempatan hidup, kesempatan jalan-jalan, kesempatan melihat indahnya alam dan kesempatan-kesempatan lain yang seharusnya mengantarkan kita pada rasa syukur yang paling tinggi.



Bicara tentang keindahan alam, aku selalu merasa semangat untuk membahasnya. Setiap tempat indah yang orang lain pernah kunjungi menjadi bahan referensiku untuk menjadikannya sebagai target impian. Impian loh, bukan sekedar mimpi. Gak tahu gimana caranya pokoknya aku yakin bakal bisa dateng ke tempat itu juga.

Baca juga: Asiknya Merajut Asa dan Silahturahmi Bersama ASDP Indonesia Ferry

Berbekal dari rumus kita semua punya kesempatan yang sama untuk menikmati setiap panorama indah dunia, maka aku akan memulainya dari sebuah tulisan. Tulis dulu tentang tempat itu, jelajahi secara maya, ambil foto tempat yang pengen banget kita kunjungi, doa dan salawatin, selanjutnya usaha cari jalan keluar biar bisa pergi ke sana.

Seperti impianku saat ini adalah ingin jalan-jalan ke Sumba, NTT. Apa mungkin bisa ke Pulau Sumba? Yakin aja dulu bahwa Allah SWT akan membukakan jalannya. Kenapa sih harus ke Sumba? Ya karena aku jatuh cinta dengan pesona alamnya. Bisa dibayangkan, padahal untuk sekarang aku hanya menikmati Sumba lewat foto-foto orang liburan. Aslinya bikin jengkel, kaya di otakku itu ada tulisan “Dia aja bisa ke sana, masa kamu enggak? Payah!”



Well, sumba berhasil menarik perhatianku saat pertama kali melihat padang savana dan milky way di sebuah akun Instagram. Berikut empat tempat indah di Sumba yang ingin kukunjungi:

·      Bukit Wairinding

Ini lho bukit yang menurutku kece banget, perubahan warna di bukit ini sangat kontras. Yang tadinya berwarna hijau menyegarkan, lambat laun seiring berubahnya musim maka akan menjadi kecokelatan di musim kemarau. Foto di padang savana kaya gini bisa bikin kamu tambah tampan or cantik beberapa centi meter.

Bukit Waringin Sumba NTT
Bukit Wairinding yang masih terlihat hijau (Sumber Gambar: medcom.id)

Bukit Wairinding yang mulai berwarna cokelat
Padang savana di Bukit Wairinding yang mulai berwarna cokelat (Sumber Gambar: Ridwanizers)

·      Bukit Persaudaraan dan Pantai Mbawana

Seperti yang kujelaskan sebelumnya, aku jatuh cinta dengan malamnya Sumba karena milky way yang terlihat di sana sangat cantik. Bahkan menurut berbagai cerita orang, milky way di Sumba itu bisa dilihat langsung dengan mata telanjang. Karena memang polusi cahaya di sana tak semengerikan polusi cahaya di kota-kota besar. Sure, aku tuh jatuh cinta banget dengan fenomena alam milky way.

Milky Way di Sumba NTT
Milky way di Bukit Persaudaraan (Pict. By: Deka @photomorphosis.ls)

Milky way di Sumba NTT
Indahnya Milky Way di Pantai Mbawana (Sumber Gambar: IG @shendra7652)

Nah di antara sekian banyak tempat untuk menikmati momen indah Milky way yang ada di Sumba, kita bisa pergi ke dua tempat ini yakni Bukit Persaudaraan dan Pantai Mbawana.

·      Pantai Walakiri

Aroma pantai selalu membuatku candu. Salah satu pesona alam di Sumba yang ingin kukunjungi selanjutnya adalah Pantai Walakiri. Berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya, menurutku Pantai Walakiri ini artistik banget. Apalagi ditambah dengan siluet pohon mangrove yang meliuk-liuk menjelang senja.

Baca Juga: Perjalanan Seru Berau-Pulau Derawan

Senja di Pantai Walakiri Sumba NTT
Indahnya Pantai Walakiri menjelang gelap (Sumber gambar: IndonesiaKaya.com)

Mumpung masih muda, ayo keliling Indonesia bareng AmabelTravel. Kenapa pakai jasa Amabel Travel? Yang pasti biar lebih mudah dan terarah aja buat menuju spot-spot cantik untuk foto di Sumba, Nusa Tenggara Timur.

Berikut video pesona Sumba dari Bang Arief Muhammad:




16 comments:

  1. itu bukit nya kayak bukit di film teletubies ya..
    pengen juga ke pantai walakiri di Sumba, fotonya exotis bgt.

    ReplyDelete
  2. Ngelihat vlog dan instagram orang-orang ke Sumba memang bagus banget ya mba. Makanya harus kerja bagai qhuda biar bisa sering jalan-jalan, hehe.

    ReplyDelete
  3. Wih ini beneran bisa lihat langit penuh bintang gitu. Udah kayak luar negeri aja nih suasananya.

    ReplyDelete
  4. Saya mupeng pengen ke bukit Warinding, indah kayaknya disana bisa foto2 buat feed instagram hihi

    ReplyDelete
  5. Aku sering jalan-jalan ke pantai, jadi pingin coba ke bukit, pemandangannya pasti cakep ya mbaa

    ReplyDelete
  6. Kekayaan alam yg blm pernah terekspos ini sangat indah. Semoga kita bisa menjaga dan kelestariannya ya. Jangan sampai anak cucu cuma tahu dari gambarnya saja.

    ReplyDelete
  7. Wah mantaps nih pengen juga jalan-jalan ke Sumbawa suatu saat nanti, Selama ini jarang terdengar dan belum tau banyak soal Sumba :)

    ReplyDelete
  8. Ya ampun... aku mupeng banget sama milkywaynya. Pasti bagus banget nih kalau bisa dapet. Aku jarang banget bisa berhasil ngedapetinnya padahal udah usaha banget. suka ngga beruntung

    ReplyDelete
  9. banyak yang bilang Sumba salah satu surganya Indonesia. Semoga bisa berkesempatan ke sana

    ReplyDelete
  10. Wow milky waaayyy...keren banget. Kalau kemping di area terbuka di tanah sumba kebayang bahagianya Ya Allah... Moga2 nyampai ke sana suatu waktu nanti aamiin

    ReplyDelete
  11. Wuih, keren banget ya prmanpemandang. Aku pengen main ke bukit-bukit itu. :)

    ReplyDelete
  12. NTT mupeeeng cuma sampe kupang aja aku mba kesana

    ReplyDelete
  13. penasaran banget sama penampakan langsung Milky Way-nya, semoga bisa segera berkunjung kesana, amiin

    ReplyDelete
  14. Aku pengen mengunjungi pantai walau dirinya sebagai pencinta pantai apalagi ditambahi dengan adanya pohon mangrove Pasti lebih cantik dan tentu memberikan kenangan tersendiri di pantai tersebut

    ReplyDelete
  15. uwaaa, milky way sama pantai walakirinya kereeeen

    ReplyDelete
  16. Unik juga ya mbak nama bukitnya bukit Persaudaraan. Pasti menyimpan banyak sejarah.
    Keren2 banget ya bukitnya, kapan2 mau dong mbak diajak kesana ��

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak, Teman. Gunakan bahasa yang baik agar silahturahmi dan diskusi kita menyenangkan. Saya pun akan berkunjung balik ke Blog kalian. Tolong untuk tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima Kasih :-)

Untuk kerja sama berupa content placement, review produk dan lain-lain bisa email ke septiakhoirunnisa24@gmail.com