Navigasi

Wednesday, August 22, 2018

Profesi Asik; Blogger Sekedar Gengsi atau Niat berbagi?




Assalamualaikum. Udah bahagia belum hari ini? Bersyukur dulu geh biar Allah SWT kasih kita bahagia. Kali ini entah kenapa lagi kepengen bahas tentang berkarya di dunia internet. Yups, terkusus mereka yang bekerja santai, nyaman, bermanfaat dan bonusnya menghasilkan pundi-pundi rupiah. Contohnya Blogger dan Youtuber. Menurutku kedua profesi ini sama-sama asik. Asik dalam artian kita belajar untuk berkarya dengan persaingan sehat. Tentunya dibutuhkan lebih banyak kreativitas dari kedua profesi tersebut.

Menurut pengamatanku tapi maaf kalau salah, untuk kaum muda lebih banyak yang terjun di dunia Youtuber ketimbang Blogger. Entah kenapa gitu rasanya orang-orang lebih banyak tahu Youtuber terkenal ketimbang Blogger. Entah karena kami ini kalem dalam berkarya atau factor lainnya. Yang pasti banyak juga lho Blogger yang karyanya benar-benar gurih. Contohnya Bang Raditya Dika dan Mba Trinity  (Film: The Naked Traveler), mereka awalnya ngeblog. Lama-kelamaan karena kegigihannya dalam berkarya itulah menjadikan mereka terkenal dan terkenang dalam sebuah karya besar.

Aku sebagai generasi setangah muda dan setengah dewasa sudah pasti kepo dengan kedua profesi ini. Pelan tapi pasti aku selalu berusaha update  ilmu sehingga nantinya bisa ngeblog dan ngeyoutube dengan materi-materi baik. Karena karya-karya kita di media online ini bisa jadi amal jariyah atau dosa jariyah yang akan dibawa mati. Iya dong, untuk apa berkarya dengan income berlimpah tapi malah mengajak orang lain berbuat keburukan. Konten adalah raja, rajanya pahala atau dosa.

Eh lagi gak buat materi dakwah, tapi gak apa-apa lah sedikit diselipin urusan akhirat buat pengingat. Balik lagi ke Blogger dan Youtuber, keduanya ini sangat berperan lho di dunia informasi. Informasi yang bersifat politik, agama, iklan, branding diri atau hal-hal yang berbau tranding topic lainnya. Maka dari itu aku bersyukur bisa kecanduan dunia mereka yang pastinya menyediakan konten-konten kreatif dengan cara baik. Santai tapi asik dan yang pasti tidak menimbulkan konflik.

Aku mulai merasa asik saat ngeblog itu ketika ada yang komen tulisanku, itu tuh rasanya gurih banget, kaya bumbu mie instan atau bisa juga micin. Kaya nanti tulisan ini berakhir pun bakal berasa indah kalau banyak yang komen (merayu ceritanya haha). Eh tapi serius, semakin banyak dikomentari seorang Blogger itu bakal semakin semangat nulis dan makin baik tulisannya. Jadi jangan ragu kasih masukan ke kami ya.

Balik lagi ke bahasan profesi asik, sebenarnya semua profesi itu bakalan menyenangkan kalau kita suka melakukannya. Nah yang udah pasti tuh kita bakal senang berkerja itu kalau ternyata perkerjaan kita adalah hobi yang dibayar. Bayangin deh kamu punya hobi gak dibayar aja bakal kamu lakuin terus, apalagi kalau dibayar. Tapi, ada tapinya juga, jangan jadikan uang sebagai patokan kita dalam berkarya yang sesuai hobi kita. Karena takutnya yang ada hanya kecewa kalau gak ada benefit berupa materi  yang kita dapat.

Jadi seorang Youtuber atau Blogger kaya kami itu banyak pahalanya selama konten kita positif. Selain dapat banyak pahala karena konten, kita juga belajar buat sabar. Sabar saat orang sibuk bertanya apa pekerjaan kita, sabar ketika kamu tetap dicap pengangguran, sabar saat dituduh pesugihan atau bisnis jelek lainnya. Ih serius, ada ceritanya nih jadi temannya temanku ini seorang Blogger yang udah Pro banget lah, trafik blognya aja mungkin udah bisa bikin puyeng yang ngitung. Logikanya, berapa dolar yang masuk dari iklan google adsensennya kalau trafiknya aja udah aduhai. Menurut cerita, doi ini udah stay cool setiap bulannya sekitar sepuluh jutaan buat nyumbang ke pesantren dari hasil adsensennya. Sepuluh juta sebulan buat disumbang, berarti berapa dah tuh kira-kira penghasilannya.

Nah ada tantangannya, karena si Doi ini seorang Blogger yang benar-benar mengandalkan SEO di setiap postingan tulisannya, otomatis dia lebih banyak lesehan di depan layar komputer di rumahnya. Ya, dia jarang keluar kalau gak ada hal yang penting-penting banget. Alhasil, doi dikira pesugihan sama tetangganya karena keluar buat kerja aja engga, tapi banyak duitnya. Haha, menurutku ini sih pe-er juga buat para Blogger yang sepenuhnya duit udah ngalir otomatis dari hasil ngoprek SEO, tetap kudu gabung sesekali ikut acara Blogger misal atau kegiatan lain yang kelihatan kita keluar rumah.

Tapi kalau ada yang mentalnya kuat dan gak terlalu ambil pusing apa kata orang sih ya gak masalah. Toh kita ada di dunia ini pun gak selalu harus memuaskan ambisi orang lain, kita yang menjalankan, kita tahu pekerjaan kita halal dan argument lainnya yang menguatkan bahwa apa yang kita lakukan itu positif. It’s no problem.

Aku selalu iri dengan orang-orang yang teguh pendiriannya, bekerja bukan karena hanya untuk gaya tapi bekerja dengan hati dan sesuai passion. Awalnya aku juga ragu ketika memutuskan untuk serius di dunia Blog. Sekedar informasi aku memang senang menulis sejak SD dan mulai berkarya di fiksi sejak kuliah. Selepas kuliah aku mulai melirik dunia blogger, lalu mulai serius-seriusnya baru setahun lebih. Tepatnya setelah aku mendapatkan benefit dari hasil ngeblog yakni jala-jalan gratis ke Pulau Derawan, Kalimantan Timur.

Baca Juga: Perjalanan Seru Berau-Pulau Derawan

Mungkin sebagian orang akan menganggap hadiah liburan itu biasa, toh bisa liburan bareng dengan keluarga misalnya. Tapi bagiku, bersyukur banget bisa jalan-jalan yang cukup jauh dan pastinya gak sedikit dana yang keluar dan itu gak nyusahin minta dari orang tua atau pacar. That’s a point, aku bersyukur dan gak lagi sombong, serius.

Jadi udah banyak duit dong sekarang, Cha? Pertanyaan seram setelah ditanya kapan nikah, hahaha. Banyak atau sedikitnya duit itu relatif, karena aku gak tahu bisa dibilang banyak tuh berapa jumlahnya di mata orang lain? bagiku bisa beli es krim di M** saja udah banyak lho, jadi aku yakin definisi banyak duit di mata setiap orang pasti berbeda. Buat nyatuinnya balik lagi kita ke rasa syukur, sering-sering bilang Alhamduillah biar Allah tambah nikmat hidup di dunia dan akhirat.

Apa yang udah kamu dapet dari ngeblog, Cha? Ini aku pernah curhat nih sama Lala, teman Blogger baruku saat trip ke Pahawang. Yang pasti, aku dapat banyak pengalaman setelah serius ngeblog. Pengalaman dapat ilmu dari berbagai acara Blogger, banyak dapat teman baru, makin dewasa dalam bersikap dan menilai orang baru, bertambah semangat dalam berkarya, bonus bisa jalan-jalan gratis, benefit berupa uang yang cukup buat beli es krim dan yang paling penting nikmat syukur yang semakin bertambah. Lah beli es krim doang? Iya, es krim yang murah meriah itu dan Alhamdulillah udah bikin happy.

Baca juga: Trip Asik ke Pahawang Bareng ASDP Indonesia Ferry

Oh ya, kalau misal kamu tertarik buat ngeblog, hal pertama yang harus kalian niatkan adalah untuk berbagi. Tentunya berbagi ilmu atau pengalaman melalui tulisan, jangan belum apa-apa yang kita incar hanya uang semata. Karena biasanya yang ngeblog dengan harapan seperti itu akan berhenti di tengah jalan karena tidak sejalan dengan harapan. Blogger-blogger hebat lahir dari mereka yang awalnya senang berbagi, biarkan benefit berupa pundi-pundi rupiah sebagai bonus . Pasti deh rasanya gembira banget, karena kita menjalani setiap prosesnya.

So, menjadi seorang Blogger menurut kalian hanya sekedar gengsi atau niat berbagi? Bagiku ngeblog itu asik, karena bisa berbagi di media sendiri. Apa saja yang mau kita share, selama itu hal baik dengan adanya blog pribadi kita tak perlu lama menunggu antrian buat diterbitkan seperti saat kita mengirimkan artikel ke media-media besar. Ambil positifnya yakni berkarya dan berbagi hal baik bisa kapan saja dan punya wadah sendiri. Apa gak asik tuh?

Yuk sharing di kolom komentar apa sih yang memotivasi kalian untuk menjadi seorang Blogger, siapa tahu motivasi kalian bisa jadi motivasi buat yang lain juga.

3 comments:

  1. Wah judule menarik ni sep, mampir ah dah lama ga main ke sini
    Klo aku pribadi ga pd ke konten video, soale ga futugenic, jd lebih milih nulis ketimbang ngevlog...huhu

    Niat aku ngeblog biar nulis apa yg biasanya orang cari si, basicnya berdasarkan klo aku lg nyari sesuatu di internet, mw tau kali aja ada orang punya based experience yg sm kyk aku n aku butuh referensi cerita dari sisi mereka, cari temen lahya istilahnya, jg buat hiburan sih....soale baca2 blog secara random trus ndilalah pas ketemu tulisan yg eye catchy ato yg sama kyk yg aku pikirin itu tu berasa aku ada temen hehe

    Klo dpt duit, aku blom nih, maklum masih pemula, blogku aja gratisan...

    ReplyDelete
  2. Setuju deh sama tulisan diatas, awal ngeblog adalah untuk membalas kebaikan semesta dan rezeki insya allah ngikutin btw semoga blogger lebih banyak amal jariyah nya yaaa aamiin

    ReplyDelete
  3. Kalau saya tujuannya dua mba : mengabadikan kenangan dan menebar manfaat. Kalau lagi down (sepi job) ingat tujuan itu jadi semangat lagi.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak, Teman. Gunakan bahasa yang baik agar silahturahmi dan diskusi kita menyenangkan. Saya pun akan berkunjung balik ke Blog kalian. Tolong untuk tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima Kasih :-)

Untuk kerja sama berupa content placement, review produk dan lain-lain bisa email ke septiakhoirunnisa24@gmail.com