Thursday, April 4, 2019

, , ,

7 Program Penghargaan Karyawan yang Menambah Produktivitas


Perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang bisa menyejahterakan karyawan dalam rangka meningkatkan keuntungan. Semakin tinggi semangat kerja karyawan, berarti akan semakin tinggi produktivitas.
Jadi, sangat penting bagi perusahaan untuk merancang cara untuk menunjukkan penghargaan kepada karyawan dan mengenali prestasi mereka. Ada banyak jenis program penghargaan yang dapat Anda terapkan, berikut ini beberapa cara paling efektif untuk memberikan pujian dan membuat karyawan puas.
1.    Pengakuan peer-to-peer

Cara lama untuk menerima pengakuan dari atasan atau atasan lainnya belum tentu merupakan cara yang paling efektif. Yang lebih berarti bagi karyawan adalah menerima pujian dari rekan-rekan mereka. Ini karena rekan-rekan mereka tahu apa yang mereka lakukan setiap hari dan dapat memberikan umpan balik yang lebih bertarget pada kinerja mereka. Perusahaan harus memupuk cara bagi karyawan untuk sering mengenali kerja bagus masing-masing.

2.    Shout-out buletin

Mengikuti saran dari atas, shout-out buletin yang dikirimkan melalui email ke seluruh perusahaan adalah cara yang bagus bagi karyawan untuk saling memuji. Sangat penting bahwa karyawan memiliki cara mudah untuk menawarkan umpan balik dan pengakuan satu sama lain, sehingga menerapkan buletin di mana karyawan dapat berteriak kepada rekan kerja mereka untuk pekerjaan yang baik adalah cara yang bagus untuk membuat semua orang terlibat dalam menyebarkan pujian.

3.    Kalender perayaan

Kalender perayaan adalah cara untuk mengenali tonggak penting dalam kehidupan karyawan Anda. Itu bisa termasuk ulang tahun, ulang tahun kerja, kelulusan, pengumuman bayi dan banyak lagi. Dengan cara ini, semua orang mendapat kesempatan untuk memiliki acara penting di kalender, dan itu membantu karyawan dan manajer untuk saling mengenal di tingkat yang lebih pribadi. Ini juga cara yang baik untuk merayakan karyawan secara teratur.

4.    Retret perusahaan

Dapatkan semua karyawan Anda, tidak hanya SDM, yang terlibat dalam perencanaan retret dan acara perusahaan. Dengan cara ini, semua orang mendapatkan pendapat mereka tentang ke mana perusahaan harus pergi. Retret juga merupakan cara yang bagus untuk membangun hubungan di luar kantor. Sarankan hal-hal seperti makan bersama, tur ke wisata alam, atau kegiatan lokal dan menyenangkan lainnya.


5.    Penghargaan layanan jangka panjang

Penghargaan layanan lama menghormati karyawan yang telah ada di sana selama beberapa tahun. Penghargaan ini mengakui dedikasi dan kerja keras mereka untuk perusahaan. Beberapa pengusaha memberikan hadiah seperti plak, tetapi itu tidak perlu.

Yang lebih penting adalah Anda lebih sering memberikan penghargaan ini. Anda bisa mendapatkan penghargaan layanan bahkan untuk tahun pertama karyawan bekerja di perusahaan. Tidak harus pergi hanya ke orang-orang yang telah berada di sana selama 10 tahun atau lebih.

6.    Bonus spot

Bonus spot adalah bonus kecil yang digunakan untuk memberi penghargaan kepada karyawan karena sudah bekerja dengan luar biasa. Karyawan diberi bonus kejutan akan berpacu dan termotivasi dalam mengerjakan proyek atau tugas tertentu.

Perusahaan bisa diberikan sebagai bonus tahunan atau triwulanan dengan periode yang tidak teratur sehingga mengarah pada bonus “kejutan” yang tiba – tiba. Hal ini dimaksudkan agar memberikan penghargaan kepada karyawan.

7.    Penghargaan berdasarkan prestasi tertentu

Cara ini merupakan salah satu metode efektif untuk mengenali talenta karyawan atas kerja keras mereka terhadap proyek tertentu. Berikan penghargaan atas prestasi mereka yang unik bagi setiap karyawan.

Dengan cara ini, karyawan akan lebih terpacu semangat dengan mengasah keterampilan skill mereka yang unik dan bekerja lebih efektif.

Itulah beberapa cara memberikan penghargaan karyawan yang menambah produktivitas yang dapat Anda terapkan pada perusahaan Anda. Dengan adanya penghargaan karyawan, diharapkan karyawan dapat berlomba-lomba dalam meningkatkan produktivitas masing-masing. Siap meningkatkan produktivitas karyawan?

Manfaatkan aplikasi HR, LinovHR untuk mengelola data karyawan dan sistem penggajian yang lebih otomatis. Kontak kami sekarang juga untuk mendapatkan akun trial aplikasi LinovHR gratis.

1 comment:

  1. di kantor sha gak ada nih penghargaan macem gini, jadi berasa flat :D

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak, Teman. Gunakan bahasa yang baik agar silahturahmi dan diskusi kita menyenangkan. Saya pun akan berkunjung balik ke Blog kalian. Tolong untuk tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima Kasih :-)

Untuk kerja sama berupa content placement, review produk dan lain-lain bisa email ke septiakhoirunnisa24@gmail.com