Wednesday, August 14, 2019

, ,

Beberapa Fakta Menarik Tentang Kidzania Di Jakarta


Di Kidzania Jakarta biarkan si kecil menjelajah dengan bebas dan aman sebuah kota kecil. Ini merupakan salah satu taman bermain untuk anak yang mengusung konsep edutainment pertama di Asia Tenggara. Ini menjadi tempat yang paling tepat untuk mengajak si kecil bermain dan juga belajar dengan cara yang paling menyenangkan dan pastinya si kecil akan sangat suka. 

Kota kecil yang menggemaskan ini memiliki fungsi seperti kota yang sebenarnya. Didalamnya lengkap dengan berbagai profesi yang dapat dipilih si kecil seperti menjadi dokter, pilot, chef, dan masih banyak profesi lainnya. Selain itu juga kota kecil ini dilengkapi dengan sistem ekonomi yang sederhana, sehingga nantinya si kecil dapat belajar tentang bekerja dan gaji. Dan bahkan mereka bisa menggunakan uang gajinya untuk berbelanja di area taman.

Sumber Foto: republika.co.id

Berikut beberapa fakta menarik tentang Kidzania diantaranya yaitu :

  • Yang menjadi pemeran utama di wahana tersebut adalah anak anak. Dimana mereka mengambil alih peran peran yang dilakukan orang orang dewasa melalui profesinya. Mereka bisa menjadi seorang dokter, hakim, polisi, pekerja gedung, pemadam kebakaran, pembuat cokelat dan wafer, hingga wartawan. Didalam menjalankan tugas pekerjaannya mereka akan benar benar melakukan simulasi seperti layaknya orang orang dewasa yang sedang bekerja sungguhan. Pada saat melakukan pekerjannnya mereka dilengkapi dengan peralatan dan menggunakan seragam sesuai dengan profesinya masing-masing. Sebagai contohnya pada saat mereka memilih profesi sebagai pemadam kebakaran, maka anak anak tersebut akan diajak berkeliling kota terlebih dahulu dengan menggunakan mobil pemadam. Ketika mereka tiba di tempat kebakaran barulah anak anak tersebut langsung menyemprotkan air menggunakan selang selang air yang memang telah disediakan di lokasi yang telah diset sebagai tempat kebakaran.
  • Tidak hanya profesi saja yang mereka miliki tetapi mereka juga akan mendapatkan gaji seperti pekerja sungguhan setelah mereka selesai mengerjakan pekerjaannya. Upah yang mereka terima akan berbeda beda bergantung kepada jenis profesi yang dipilihnya. Mereka dibayar menggunakan mata uang khusus di wahana tersebut yaitu KidZos.
  • Sebelum mereka masuk ke wahana permainan, mereka akan diberi modal terlebih dahulu untuk bisa “hidup” di kota kecil tersebut. Setelah mereka mendapatkan uang, maka anak anak tersebut seperti dihadapkan untuk menentukan sebuah keputusan tentang uang yang telah diterimanya. Apakah uang tersebut akan mereka belanjakan atau mereka akan mengumpulkan uang terlebih dahulu dengan bekerja lalu menabungnya di Bank. Dihadirkannya Bank di kota tersebut yang memang khusus untuk melayani anak anak. Mereka mendapatkan kartu ATM khusus untuk bisa melakukan transaksi selama berada didalam kota kecil tersebut. Dibeberapa sudut kotanya pun akan ditemukan mesin mesin ATM.
  • Kota kecil ini juga memiliki pemerintahan yang disebut dengan Kidzania Congress, ini merupakan parlemen kota, ada wakil rakyat, dan juga adanya presiden yang memimpin. Pemerintahan yang ada di kota kecil tersebut dipilih dari pengunjung Kidzania yang memang mencalonkan dirinya untuk menjadi anggota pemerintahan. Dimana setiap setahun sekali, pemerintah tersebut melakukan rapat tahunan dan juga meninjau keadaan kota. Rapat tersebut biasanya akan diadakan pada masa liburan sekolah karena memang anggota kepemerintahan di kota tersebut para pelajar. 

Memang Kidzania ini dihadirkan khusus sebagai wahana bermain untuk anak anak, tetapi bukan berarti orang dewasa tidak boleh ada didalamnya. Untuk para orang dewasa atau orang tua telah disediakannya lobi atau orang dewasa.








    0 komentar:

    Post a Comment

    Silahkan tinggalkan jejak, Teman. Gunakan bahasa yang baik agar silahturahmi dan diskusi kita menyenangkan. Saya pun akan berkunjung balik ke Blog kalian. Tolong untuk tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima Kasih :-)

    Untuk kerja sama berupa content placement, review produk dan lain-lain bisa email ke septiakhoirunnisa24@gmail.com