Thursday, February 13, 2020

, , ,

Pertamina Enduro untuk Oli Terbaik Motor Matic Idaman



Alhamdulillah setelah sekian lama wara wiri menjadi seorang Blogger yang ditekuni, akhirnya di akhir tahun 2019 impianku untuk memiliki motor matic sendiri Allah kabulkan. Mungkin impian yang kecil bagi sebagian orang, tapi bagiku dengan mempunyai motor sendiri kegiatan Blogger atau ada acara apapun jadi lebih mudah untuk beraksi. Maklum motor di rumah meski ada dua tapi harus gantian pakai dengan orang tua dan adik-adik.

Dorongan tanggung jawab ketika kita punya barang sendiri itu beda ya, entah kenapa aku jadi sangat telaten mengenai segala keperluan dan perawatan motor matic yang baik. Mulai dari mencuci motor, aku mulai anti mencuci di luar karena kapok bukan tambah bersih malah tambah goresan. Sama halnya dengan urusan ganti oli pun aku harus pastikan oli tersebut cocok untuk motorku.

Ayahku tak pernah bosan mengingatkanku cara menjaga mesin motor matic agar tetap bagus, terutama ganti oli kalau bisa sebulan sekali karena aku senang main ke kebun Ayah yang kontur jalannya berbukit. “Motormu kan sering di pake ke Bukit, perhatiin olinya ya teh, jangan pakai oli asal-asalan.” Bulan ini sudah masuk service yang ke berapa aku lupa, yang pasti aku tak pernah lupa memakai oli asli dari Pertamina sesuai yang Ayah sarankan.

Berikut tips agar motor matic idaman tetap bagus:

Panaskan Motor Sebelum Dipakai

Usahakan jangan malas untuk memanaskan motor metic di pagi hari sebelum melakukan perjalanan. Panaskan selama lima sampai sepuluh menit, lalu gunakan kick starter saja untuk menghemat batrai aki motor metic agar tak mudah soak.

Jangan Sering Kehabisan Bensin

Selalu periksa apakah bensin motor matic yang akan kita gunakan cukup atau tidak. Terkadang sebagian orang menyepelekan beli bensin jika belum mogok sempurna di tengah jalan. Untungnya aku bukan tipe pemalas isi bensin, bahkan indikator bensin hilang satu garis saja aku sudah gelisah hehe.

Perawatan Aki yang Baik

Bete gak sih kalo AKI tiba-tiba mati disaat kita berkendara. Butuh akses cepat buat starter motor tapi malah gak bisa atau lampu motor yang redup bahkan ikutan mati padahal kondisi jalan gelap. Oleh karena itu sebaiknya ganti AKI motor matic kita setiap tujuh sampai delapan bulan sekali.

Stabilkan Kecepatan Gas Motor

Biasanya kaum hawa nih yang agak labil kalo mainin gas, termasuk aku pas awal-awal pakai motor matic. Nah ternyata kalau kita gak stabil dalam mainin gas, dapat berdampak buruk bagi mesin. Selain dapat merusak mesin, ternyata kecepatan gas motor yang gak stabil bisa merusak vanbelt motor matic kalian loh.

Jangan Sering Matikan Motor Matic Lewat Standar

Beberapa kali aku diingatkan orang agar tidak mematikan motor hanya dengan menurunkan standar. Memang enak sih, otomatis banget matiinnya. Tapi ternyata hal ini jika dilakukan dalam jangka waktu lama, maka motor metic bisa cepat hancur.

Cuci Motormu Sendiri

Seperti pernyataanku di awal artikel ini yang mengatakan aku trauma untuk cuci motor di luar. Ya itu tadi niat awal ingin motorku bersih tapi pulang-pulang malah penuh goresan. Alhasil jadi PR buatku supaya motorku terlihat bagus lagi karena memang ini motor baru. Jadi buat kalian sempatkan waktu buat cuci motor sendiri. Selain hasilnya memuaskan, kita juga lumayan bisa menghemat pengeluaran untuk sekedar cuci motor.

Servis Motor Secara Berkala ke Bengkel

Tips yang ini cocok banget buat kita-kita yang gak begitu mengerti mesin dan gak mau pusing. Yups tinggal bawa motor metic kesayangan ke Bengkel secara rutin untuk servis, Insyaallah motor metic kita bisa awet umurnya.

Tak Boleh Asal Pilih Oli Jika Ingin Motormu Awet

Dari ketidaktahuan akhirnya aku beralih menggunakan oli yang bagus original. Karena memang gak bohong kalau oli asal-asalan itu bikin motor cepat panas, berat dan lama kelamaan tragisnya menjadi rusak. Alhasil Ayahku menyarankan untuk menggunakan oli motor terbaik dari Pertamina Enduro Matic 10W-30.
Awalnya aku bingung saat mengetahui ada dua golongan produk oli yang dikeluarkan oleh Pertamina Lubricants, yakni ada Pertamina Fastron dan Pertamina Enduro. Tapi ternyata untuk oli motor biasanya yang digunakan adalah Pertamina Enduro.

Melihat rekam jejaknya Pertamina Enduro ini pernah mendapatkan penghargaan berupa Superbrands Award 2017 katagori Automitive Lubricants untuk pelumas unggulan roda dua. Gimana keren banget kan? Terbukti bahwa Enduro oli bisa menjadi andalan semua kalangan untuk mesin kendaraan yang lebih awet.
Harga dan kualitas oli motor terbaik di Indonesia
Sumber gambar: Grab.com

Kenapa harus menggunakan oli Pertamina Enduro Matic 10W-30 untuk motor matic kalian?
  • Karena cocok digunakan untuk segala jenis motor matic.
  • Harga oli motor yang terjangkau dengan kualitas original.
  • Salah satu kualitas oli terbaik di Indonesia dengan adanya aditif anti slip kopling, sehingga mampun meredam gesekan di bagian dalam ruang mesin. 
  • Memiliki kekentalan yang pas untuk mesin motor kita.
  • Kerja mesin menjadi lebih ringan dan tarikan lebih spontan.
  • Suhu mesin menjadi lebih stabil tidak terlalu panas.
  • Bahkan bisa lebih hemat dalam pemakaian BBM

Selain oli Pertamina Enduro, PT Pertamina Lubricants juga mengeluarkan produk-produk oli motor Pertamina Enduro lainnya yang tak kalah bagus. Diantaranya:

oli motor metic terbaik di indonesia

  •  Enduro Matic SAE 10W-30 yang 0,8 dan 1 liter
  • Enduro Matic G SAE 20W-40
  • Enduro Gear
  • Enduro 2T SAE 20
  • Enduro 4T Sport SAE 5W-30
  • Enduro 4T Racing SAE 10W-40
  • Enduro 4T SAE 20W-50

Nah, gimana dengan kalian? Apakah sudah menentukan oli motor masa kini terbaik untuk kendaraanmu? Ingat, jangan sampai salah pilih oli ya karena nasib mesin motor kalian ada di tangan kalian sendiri.


********
Web referensi artikel dan mentahan foto:

- otomotifer.com
- tokopedia
- web pertamina
- foto pribadi

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak, Teman. Gunakan bahasa yang baik agar silahturahmi dan diskusi kita menyenangkan. Saya pun akan berkunjung balik ke Blog kalian. Tolong untuk tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima Kasih :-)

Untuk kerja sama berupa content placement, review produk dan lain-lain bisa email ke septiakhoirunnisa24@gmail.com