Navigasi

Wednesday, October 28, 2020

Lima Kerjaninan Tangan Dari Bahan Plastik

Kita kerap kali membeli makanan atau minuman yang menggunakan bahan plastic sebagai bungkusnya. Tak dapat dipungkiri kalau dengan adanya wadah-wadah plastik ini dapat menimbulkan masalah bagi lingkungan, karena pada dasarnya sampah plastic itu sangat sulit untuk diurai. Oleh karena itu untuk mengurangi dampak buruk dari pembuangan limbah plastik kita bisa berkontribusi untuk membuat kerajinan dari bahan plastik sehingga plastik-plastik bekas tersebut dapat bermanfaat.

Dulu waktu SD sekolahku sering sekali guru seni rupanya memberi tugas pada siswanya untuk membuat kerajinan tangan dari botol plastik bekas atau sejenisnya. Disamping untuk mengajarkan kepada anak-anak untuk cinta lingkungan, dengan adanya kreativitas seperti ini bisa menumbuhkan rasa kekeluargaan pula karena orang tua juga ikut andil dalam pembuatan prakarya tersebut.

Zaman semakin canggih seperti sekarang ini pun tidak memudarkan orang-orang kreatif untuk membuat berbagai barang yang berguna dari plastik bekas. Berikut barang-barang lucu yang didapat dari daur ulang plastik bekas:

  • Pot Tanaman Lucu

 

Sumber gambar: liputan6(dot)com

Buat kalian yang hobi bercocoktanam menurutku ide ini sangat brilian. Pasalnya kalian pasti menggunakan pot untuk menanam tanaman dan pot tersebut bisa kalian buat sendiri menggunakan botol plastik bekas dan digambar atau diwarnai sesuai keinginan. Kalian bisa mendaur ulang botol minuman bekas ukuran 1 liter menjadi pot duduk atau pot gantung yang lucu. Caranya tinggal potong bagian atasnya, lalu kalian beri warna atau gambar, selanjutnya terserah mau kalian kasih tali atau tidak sebagai gantungan, baru deh isi tanah dan tanaman yang ingin kalian tanam.

  • Celengan Anan-anak


Kebiasaan menabung usahakan sejak dini dikenalkan kepada anak-anak, nah salah satu caranya agar anak-anak tertarik atau bahkan semangat menabung adalah membuat celengan sendiri yang lucu dengan melibatkan anak-anak dalam proses pembuatannya. Selain celengan jenis ini sangat mudah dibuat, celengan dari plastik bekas ini harganya sangat murah. Coba deh ajak anak-anak untuk membuatnya, aku yakin mereka akan senang.

Sumber Gambar: BP Guide
 

  • Dompet dan Tas Unik dari Plastik


Meski selera fashion anak muda semakin berkembang namun hal-hal unik dari krativitas anak bangsa mempunyai daya tarik tersendiri sehingga menyebabkan harga jual dari barang fashion tersebut bisa bersaing di pasaran. Contohnya saja dompet dan tas dari bahan plastik bekas, jujur aku pernah lihat kerjaninan tangan ini dan aku suka. Karena menurutku unik karena memberdayakan sampah plastic bekas. Selain terdapat nilai guna dan ekonomi, tas dan dompet dari plastik bekas ini mempunyai nilai estetik yang tinggi.

Sumber gambar: medium(dot)com

  • Bunga Hias

Tadi kan kita sudah bahas mengenai pot dari plastic bekas, nah sekarang kita bisa membuat bunga hiasnya sendiri dari limbah botol palstik. Kita bisa membuat rangkaian bunga yang cantik dengan berbagai warna. Bahannya cukup sederhana yakni hanya butuh botol bekas, cat untuk mewarnai bunganya dan jangan lupa tambahkan daun dan tangkai. Selesai deh pembuatan bunga hias unik dari plastik bekasnya.

 

Sumber gambar: Pinterest

  • Perahu besar dari Plastik


Nah kalo kerajinan tangan yang satu ini butuh sedikit imajinasi yang lebih nih Sob! Pasalnya kita akan membuat perahu yang bisa ditumpangi manusia. Ide ini menurutku ide keren, kebayang pasti sangat menyenangkan menggunakan perahu dari hasil buatan sendiri. Inspirasi membuat perahu dari botol bekas ini sebenarnya sudah banyak yang mencobanya dan salah satunya terinspirasi dari seorang warga Selandia Baru.

 

Sumber gambar: Indonesiaproud

Warga selandia baru terbut menyebutkan telah menggunakan botol plastik bekas sebanyak 600 botol untuk membuat perahu kesayangannya. Wow niat banget yah, untuk kalian yang berniat untuk mebuat perahu unik ini, kalian bisa cari tutorialnya di Mbah Google atau Yuotube ya.


Nah itu tadi lima kerajinan tangan yang bisa kalian buat dari botol palstik bekas, kalau kalian sudah pernah mencoba buat yang mana? Kalau udah pernah membuat kerajinan tangan dari plastik bekas bisa komen di kolom komentar ya biar bisa berbagi pengalamam buat teman-teman yang mungkinsekarang butuh ide cemerlang untuk memanfaatkan botol bekas.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak, Teman. Gunakan bahasa yang baik agar silahturahmi dan diskusi kita menyenangkan. Saya pun akan berkunjung balik ke Blog kalian. Tolong untuk tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima Kasih :-)

Untuk kerja sama berupa content placement, review produk dan lain-lain bisa email ke septiakhoirunnisa24@gmail.com