Navigasi

Wednesday, November 4, 2020

Kelebihan E-filing yang Belum Banyak Diketahui

 E-filing pajak adalah kata lain yang biasa digunakan untuk pelaporan pajak yang dilakukan secara online. Sistem online memberikan banyak perubahan kegiatan dalam melakukan sesuatu, termasuk dalam pelaporan pajak yang sudah bisa dilakukan hanya dengan berada di rumah.

.Sumber foto: bukukas(dot)co(dot)id

Perubahan kegiatan yang dilakukan secara online sangat memudahkan para Wajib Pajak untuk bisa melaporkan pajak dengan E-Filing dan tidak takut terlambat. Mengapa bisa demikian? Berikut ini akan dijelaskan tentang apa saja kelebihan dari e-Filing yang belum banyak diketahui.

Pengisian E filing Lebih Praktis

Pengisian formulir e filing dengan pelaporan pajak manual sebenarnya sama, hanya saya yang membedakan adalah bentuknya. Jika ketika pengisian manual Anda mendapatkan lembaran kertas sebagai formulirnya, dengan e filing formulir resmi dari DJP tersebut sudah muncul pada layar handphone atau komputer Anda.

Semua kolom bisa Anda isi dengan mengetiknya, tidak perlu menulis dengan risiko terkadang petugas sulit dalam membaca tulisan tangan yang kurang rapi. Dengan seperti ini juga, Anda dapat lebih mempersingkat waktu saat pengisian, terutama ketika banyak detail untuk dijelaskan.

Hemat Waktu

E filing pajak memiliki sistem yang lebih praktis sehingga mudah untuk diakses dan juga bisa lebih hemat waktu. Anda tidak perlu pergi ke kantor pelayanan pajak dan mengantre di sana untuk pelaporan pajak yang memakan banyak waktu Anda.

Anda juga tidak perlu meninggalkan pekerjaan Anda hanya untuk pelaporan pajak, Anda bisa mengisinya di waktu senggang atau di sela-sela kesibukan Anda bekerja dengan tidak perlu pergi ke mana-mana. Waktu yang biasanya Anda gunakan untuk pergi ke KPP, sekarang bisa Anda manfaatkan untuk mengerjakan sesuatu yang lain.

Konfirmasi Data Mudah

Semua data yang sudah Anda upload dapat dengan mudah diterima oleh Dirjen Pajak. Hal ini juga sangat meringankan beban administrasi Dirjen Pajak sendiri. Seluruh rangkaian pelaporan yang harus dilakukan dapat dengan mudah dan cepat diisi, tidak perlu saling menunggu lagi.

Risiko Kesalahan Perhitungan rendah

Dengan sistem komputerisasi yang memiliki teknologi terbaik, perhitungan yang Anda lakukan dalam pelaporan pajak bisa dengan mudah terdeteksi. Anda tidak perlu lagi pusing menghitung berapa harta atau apapun yang Anda pilih dan berapa pajak yang harus dilaporkan, Anda hanya tinggal mengisi apa yang diminta saja dan fitur hitung otomatis yang akan menghitungnya. Hal ini mengurangi risiko dalam perhitungan pajak.

E Filing pajak benar-benar membantu Wajib Pajak yang memiliki kegiatan atau jam kerja yang padat. Tidak hanya pengusaha besar yang bisa melakukan e filing, tetapi Anda yang memiliki usaha kecil pun dapat dengan mudah mengaksesnya. Lebih mudah lagi ketika Anda sudah mencatat arus kas harian Anda dengan rapi dan terstruktur. Ada sebuah aplikasi yang bisa membantu Anda dalam pencatatan keuangan harian usaha Anda, yaitu BukuKas. Aplikasi ini bisa Anda download di handphone lalu semua transaksi yang Anda lakukan langsung Anda catat di sini, tidak perlu membuka buku atau membawa buku kemana-mana, cukup dengan handphone saja. Pencatatan Anda juga semakin mudah dengan adanya berbagai fitur menarik yang akan membantu Anda dalam pengaturan keuangan usaha Anda dan juga lebih mudah dalam memantau keuntungan dan kerugian dari usaha yang Anda jalankan.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak, Teman. Gunakan bahasa yang baik agar silahturahmi dan diskusi kita menyenangkan. Saya pun akan berkunjung balik ke Blog kalian. Tolong untuk tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima Kasih :-)

Untuk kerja sama berupa content placement, review produk dan lain-lain bisa email ke septiakhoirunnisa24@gmail.com